Sunday, 17 February 2013

My Fish :) ~ Ikan Sapu-Sapu



Hai, kali ini aku ingin posting tulisan mengenai penghuni bak mandiku sekarang. Hayo? Bukan pocong, apalagi kuntil anak yang sedang mandi lho ya, mau tahu? Mau?





Taraaaaa......! Tahu tidak ini ikan apa? Ya! Pinter banget. Inilah penghuni bak mandiku sejak satu bulan lalu. IKAN SAPU-SAPU :). Sedikit cerita awal mulanya ikan sapu-sapu itu bisa nangkring di bak mandiku ya?

Siang itu aku pulang darai kampus nyempetin buat mampir ke pasar ikan yang berada tak jauh dari Pasar Bitingan (Belakang Matahari Kudus). Ikan ini aku beli dengan harga Rp 5.000. Kata penjualnya sih ya, harga segitu termasuk mahal. Tapi bukan Icha namanya kalau nggak ngotot buat tetap beli itu ikan. "Ya, 5.000 nggak papa tapi kasih yang agak besar ya Pak?" pintaku pada penjual ikan yang sebenarnya masih pantas dipanggil Mas. Hihihihihi :) jahatnya aku ya? Maaf *sambil nyengir



Sebenarnya, aku sudah lama ingin membeli ikan sapu-sapu. Tapi baru kesampaian sekarang. Apalagi didukung dengan keluhan ibu yang keseringan menguras bak mandi yang banyak jentik nyamuknya. Masak baru dua hari air bak mandi udah keruh? Capek nguras deh!

Dan memang benar saja, setelah aku membeli ikan sapu-sapu ini jadwal menguras bak mandi agak molor (he, cari alasan untuk malas menguras bak mandi). Seminggu sekali.

Ikan sapu-sapu ini memang bisa membersihkan bak mandi. Ajaib kan? Bukan dengan cara mengepel lho ya? Tapi dengan cara memakan lumut-lumut yang nempel di dinding bak mandi dan pastinya jentik nyamuk yang selama ini jadi trending topic ibu :).

Kenapa ikan sapu-sapu bisa seperti itu? Yuk akan aku ulas sedikit dari hasil browsing sana-sana. Dan akan aku kuak beberapa rahasia yang disandang oleh ikan yang asli dari Amerika ini.
  • Nama ikan sapu-sapu sendiri adalah nama pemberian khas orang Indonesia. Berbeda dengan Malaysia yang menyebutnya sebagai ikan "ikan bandaraya" karena fungsinya seperti petugas pembersih kota ("bandar"). Di Indonesia, analogi yang sama juga dipakai tetapi alatnya yang dipakai sebagai nama (sapu). (http://id.wikipedia.org/wiki/Sapu-sapu)
  • Ikan sapu-sapu memiliki nama ilmiah Hypostomus Plecostomus (http://menjadibijak.blogspot.com/2013/02/mengenal-ikan-sapu-sapu-yang-unik.html)
  •  Ikan sapu-sapu dikenal sebagai ikan yang memakan semua jenis makanan atau omnivora (http://zonaikan.wordpress.com/2012/08/09/ikan-sapu-sapu-si-pembersih/)
  • Ikan sapu-sapu itu tahan banting, hehehehe kalau yang ini pengalaman pribadi. Pernah beberapa hari lalu ibuku lupa kalau di dalam bak ada ikan sapu-sapu maka ibu langsung menguras habis bak mandi dan membiarkan bak kosong beberapa waktu. Untung saja aku ke kamar mandi. Sempat shock! Takut kalau ikan ku itu mati karena lama tidak terkena air. Tapi ternyata ketika aku beri air lagi, ikan itu tetap berenang dan hidup. Alhamdulillah :)
  • Ikan sapu-sapu memiliki dua alat pernapasan berupa insang dan labirin. Ini membuktikan bahwa ikan sapu-sapu bisa hidup di air dan lumpur. (http://zonaikan.wordpress.com/2012/08/09/ikan-sapu-sapu-si-pembersih/)
  • Ikan sapu-sapu memiliki banyak jenis, untuk lebih jelasnya kamu bisa cek di http://zonaikan.wordpress.com/2012/08/09/ikan-sapu-sapu-si-pembersih/ 
  • ikan sapu-sapu bisa hidup di dalam akuarium bersama dengan ikan apapun.

Nah,setelah tahu beberapa hal unik dari ikan sapu-sapu, apakah kalian berminat untuk memeliharanya? Atau menggunakannya sebagai ikan pembersih bak mandi sepertiku? Tidak masalah kan?

No comments:

Post a Comment

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!