Thursday, 7 March 2013

Kenapa Kotoran Cicak Seperti "Nama Acara TV"


Cicak - cicak di dinding
Diam - diam merayap
Datang seekor nyamuk
Hap - hap langsung di tangkap



Begitulah lirik lagu favorit anak-anak TK. Tokoh utamanya adalah si cicak. Tahu kan cicak itu seperti apa? Ini deh aku kasih fotonya?

Sumber gambar: google.com



Ada yang jijik kah? Aku juga jijik. Hihihihi.......


Kalau yang ini bagaimana?
Sumber gambar: google.com
Masih jijik kah? Tidaklah yaa? Lucu gini kok :)
Dan ada juga lho, orang yang kreatif banget. Bagaimana ceritanya? Ada yang mau menggunakan hewan menjijikkan (bagiku) ini sebagai salah satu souvenir berupa gantungan kunci.

Sumber gambar: google.com



Lucuuu yaa? Aku sih mau kalau ini. Apalagi kalau gratisan :)
Eits, tapi kali aku bukan mau pamer tentang gantungan kunci lho. Tapi tentang kotoran cicak. Lah? Lebih menjijikkan dong? Anggap aja ini adalah sebuah ilmu. Ok?

Berawal dari cerita les privat tadi sore di tempatnya Mas Nicho. Meja belajar yang kami gunakan biasanya itu ada kotoran cicak yang dengan santainya bertengger di meja (Nah lho.....?). Spontan saja, aku memberikan pertanyaan kepada Mas Nicho, "Mas, kiea-kira kenapa hayooo kotoran cicak ini warnanya hitam dan putih?" Eh, Mas Nicho malah tertawa. Oke, akhirnya aku malah yang penasaran. Browsing deh...

Kotoran cicak-google.com

Setelah browsing sana-sini, dapat deh jawabannya. Begini nih yaaa :)


Dua warna pada kotoran cicak berasal dari proses yg berbeda, yaitu:

Hitam = hasil defekasi (Buang air besar (biasanya disingkat menjadi BAB) atau defekasi adalah suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaan mahkluk hidup-wikipedia) berupa feses

Putih = Hasil sisa amonia dari urine.

Karena saluran pencernaan dan saluran ekskresi ditambah saluran reproduksi bermuara di 1 tempat yang disebut kloaka, jadilah kotoran cicak memiliki 2 warna. Bagaimana? Sudah terjawabkah?
Semoga bermanfaat yaa?

1 comment:

  1. hehehehehehe dedy kobuser pantesan palanya mirip bokeran cicak baju item pala mengkilap

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!