Tuesday, 5 March 2013

MODEMKU: NO NETWORK ACCESS

Kebutuhan internet untuk saat ini memang sudah menjamur dimana-mana. Tidak pandang bulu. Kaya, miskin, tua, muda semua butuh internet. Sering kali aku mendapati anak-anak kecil berkeliaran di warnet. Tujuannya apalagi kalau tidak untuk bermain game online. Hoho! Bapak ibunya paham tidak ya bagaimana main game online sedangkan anaknya saja sudah ajib benar mainnya. Abang tukang siomay aja sekarang terima pesenan lewat online, buktinya di keranjang siomaynya ada tulisan, terima pesenan di www.siomayenak.tenan. Hahahaha, gokil!

Tapi postinganku kali ini tidak akan membahas tentang anak-anak yang gila game online atau kegantengan tukang siomay depan kampus, tapi tentang gilanya aku, galaunya aku karena modem mati mendadak. Ups....bukan mati tapi pingsan mendadak. Modemku itu Huawei E352.

Sebenarnya kejadian ini cukup mengherankan bagiku, karena awalnya modem baru saja ku pakai, kemudian aku matikan tapi masih tertancap itu modem di netbookku. Eh, giliran aku hidupin lagi tiba-tiba galauku mulai datang. Panik deh. Jadal onlineku akan tersita. Aku bakalan kangen. Tapi yang aku pikirkan saat itu adalah, kenapa penuh masalah? Kemarin printer yang bermasalah, giliran sudah bisa eh malah gantian modem. Hiks #nangis (sekarang printer mampus lagi!)
begini nih ceritanya, ketika modem sudah aku colokkan, kemudian aku konekkan. Berhasil konek, tapi icon bintang yang di bawah itu muncul segitiga kuning lengkap dengan tanda pentungnya.

Kayak gini nih tampilannya.


Bukan Icha namanya kalau ada masalah diam saja. Berusaha mencari cara untuk mengetahui apa sih yang membuat eror modemku ini? Cari info di internet, aku coba berkali-kali, GAGAL. Kirim pesan ke teman, katanya suruh disconnect dulu baru diconect-in lagi, GAGAL.  Aku coba unable, sama aja. Telpon teman yang katanya ahli IT di kelas, hasilnya GAGAL lagi, "mungkin kartunya yang minta ganti." Tidak berhasil juga :(

Semakin nggak bisa tidur nih ntar, pikirku saat itu.

Huh! Sekedar info saja, aku menggunakan kartu Telkomsel (Simpati).

Akhirnya selama tiga hari aku puasa berselancar di dunia keinternetan, hehehe. Yaa, mumpung sedang puasa online aku gunain waktuku untuk baca e-book yang ku simpan selama ini. Tapi dalam hatiku rasanya penasaran. SANGAT! Nih kenapa sih modemku?????

Akhirnya, siang bolong aku pergi ke tempat service dekat-dekat rumah sini. Ke tempat yang pertama, yang dengan PDnya dari rumah aku percaya kalau ini tukang service bakalan bisa mecahin gunungan es pada modemku, ternyata..... e e e e orangnya nggak ada. Alias NIHIL. Pulang, lemes deh.

Lanjut, pulang, aku melewati tempat service kedua. Sebenarnya aku sudah ragu mampir di situ. Karena aku tahu bagaimana kompetensi teknisinya (ho, maaf yeee :( aku harus jujur) dan hasilnya memang NOL BESAR.

Sampai akhirnya di hari yang bahagia itu, aku bersama adikku yang paling tampan sedunia (ini juga karena dia mau jadi Rossi gratis buatku :) semoga aja kamu nggak baca ini yaa?) si Abdurrahman Wahid, pergi ke tempat aku beli modem tersebut. Ya kan masih baru, ada garansi enam bulan. Lumayan kan?


Setibanya di sana (dotcom Kudus), dengan agak takut juga nih ya, jangan-jangan ntar suruh bayar lagi atau mungkin modemku rusak trus pihak toko nggak mau tahu, atau mungkin harus tukar tambah. Huh! Yang ada dalam pikiranku serba jelek semua (jangan ditiru!).


"Mbak, modemku kok eror ya mbak?" kataku pada mbak penjaga. Lupa nggak kenalan sih, jadi nggak tahu namanya.


Tiba-tiba mbaknya ke belakang. Muncul laki-laki keturunan Cina deh yang membuntuti mbak itu. Ho! Semoga tak bermasalah yang berat-berat deh ini modem. Begitu doaku.


Laki-laki Cina itu memintaku menghidupkan netbookku, kebetulan aku memang membawa netbookku, karena takutnya mungkin netbookku yang bermasalah.


Sejenak nunggu booting. Aku lihat dia mengotak-atik sesuatu. He, aku nggak paham. Tak lihatin aja. Tiba-tiba dia berkata, "Hoo....ini cuma settingannya kok mbak." Aku menjawab, "Hoooooooooo, jadi masih bisa."

LEGAAAAAAAAAA banget! Mak PLOONG.

"Apanya itu?" tanyaku sok ngerti.

Laki-laki itu mencoba menerangkan. Sekarang aku tularin ya ke kamu. Mungkin saja kamu juga menemui musibah kecil sepertiku yang jadi gedhe banget. Begini nih ternyata solusinya.
1. Kamu buka dulu kotak dialog modem kamu.
2. Pilih menu Tools,



3. Pilihlah Options, maka akan muncul kotak dialog seperti ini.




4. Pilih Profile Management, dan akan muncul kotak dialog seperti di atas.

5. Klik New, pada Profil Name, ketiklah nama sesuai keinginanmu. Dan yang PENTING adalah pada kotak APN, pilihlah Static, YANG PERLU DIINGAT untuk setiap operator kode APN-nya berbeda. Berikut aku berikan contekannya :)

untuk Telkomsel Prabayar, APN= flash

untuk Telkomsel Unlimited, APN=internet
untuk IM3/Mentari (Durasi dan Volume), APN=indosatgprs
untuk XL, APN= www.xlgprs.net
untuk AXIS, APN=axis
untuk Three (3), APN=3gprs

6. Setelah mengisi APN, klik OK. Apabila akan kamu gunakan untuk terus menerus(tidak ganti operator) maka klik Default. Klik OK.

7. Kembali ke Connection dan cobalah untuk mengkonekkan. Bagaimana?

Nah, itu ilmu yang bisa aku bagi dengan kalian. Sampai sekarang, Alhamdulillah modemku sudah tidak rewel lagi. Paling rewel kalau pas sinyal ngacir aja (hehehehe...).

Semoga bermanfaat yaa?

4 comments:

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!