Thursday, 11 April 2013

Mengenal Lebih Dekat dengan Pertamina Dex


“Mbak, Pertamina Dex itu apa?” tanya Wahid.
“Apa ya? Mbak juga nggak paham. Nanti tanya Mbah Google.” jawabku.

Percakapan itu muncul ketika aku dan adikku (Abdurrahman WahidàGusdur) yang sering diakui sebagai Mika Angelo oleh teman-temannya, katanya sih, sedang berada di SPBU daerah Wonoketingal  Demak (semoga nggak salah nama) pada Senin, 8 April 2013.
Nah, kali ini aku akan menjawab pertanyaan dari adikku itu. Tapi, yang perlu digaris bawahi dari postingnku kali ini adalah aku tidak bermaksud untuk promosi, apalagi promosiin Pertamina. Aku hanya ingin kita tahu tentang sesuatu yang sering kita temukan tapi kita acuh tentang hal tersebut. Dan pada kesempatan kali ini aku akan berbagi info tentang apa itu Pertamina Dex.
Sering kan kalian mampir ke SPBU? Ya, SPBU mana saja. Eits, tapi tidak semua SPBU menyediakan Pertamina Dex. Kenapa? Cekidot!

Foto aku ambil dari Mbah Google

Kita kenalan dulu dengan Pertamina Dex ya?
Pertamina Dex adalah bahan bakar mesin diesel modern yang telah memenuhi dan mencapai standar emisi gas buang EURO 3. Pertamina Dex memiliki angka performa tinggi dengan cetane number min.53, Pertamina Dex juga memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm. Dan wikipedia.org memberikan pengertian bahwa Pertamina Dex adalah salah satu jenis BBM produksi Pertamina yang dipergunakan kendaraaan bermotor dengan mesin diesel.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Pertamina Dex adalah salah satu bahan bakar yang diproduksi oleh Pertamina yang sesuai dengan standard mutu dari Dirjen Migas untuk kendaraan bermotor dengan mesin diesel dan harganya MAHAL.
Selain itu, yang perlu kita tahu Pertamina Dex direkomendasikan untuk mesin diesel teknologi terbaru (Diesel Common Rail System). Mau tahu contoh mobil-mobil yang memakai mesin diesel ini? Coba dilirik yuk....

 
Mobil BMW


Mobil Fiat


Yang ini tahu kan mobil apa? Jaguar :)



Apakah salah satu diantara mobil di atas adalah mobil kamu? Atau mobil di atas menjadi salah satu mobil yang masuk dalam list mimpi-mimpimu? Ya sudahlah ya, nanti ada yang ngeces malah. Kita tinggalkan mobil-mobil mewah itu dan kita lanjutkan kenalan dengan Pertamina Dex.
Oke, perlu kalian tahu kalau Pertamina Dex adalah salah satu BBM nonsubsidi selain Pertamax dan Pertamax Plus. Namun, yang membedakan dengan kedua BBM tersebut adalah harga jualnya. Karena Pertamina Dex memiliki harga jual yang termahal di bandingkan keduanya dan dari semua jenis BBM yang ada di SPBU Pertamina.
Terus-terus, kabar terakhir yang aku lansir dari Metronews.com banyak sekali SPBU yang tidak memasukkan Pertamina Dex dalam list dagangannya. Kenapa?
1.    Untuk memiliki fasilitas penampungan BBM sejenis solar yang diperkenalkan kepada publik sejak tahun lalu itu, jelasnya, dibutuhkan biaya sekitar Rp1 miliar.
2.    Untuk menjual BBM nonsubsidi ini tingkat kerugiannya tinggi dan keuntungannya juga sedikit.
3.    Untuk mendapatkan Pertamina Dex, SPBU harus memesan ke Pertamina dengan sistem pembayaran di muka.
Sekarang, apakah kamu sudah sedikit paham tentang Pertamin Dex? Baiklah, aku tambah info lanjutan.
Dilansir dari Bali Post, ternyata di daerah Bali tepatnya daerah Tabanan, hanya ada satu SPBU yang melayani BBM nonsubsidi ini, Pertamina Dex. Mengenai harganya sekitar Rp 11.500 per liter. Itu kalau di Bali. Kalau di Jawa harganya pasti beda.
Namun, bagaimanapun keadaannya ternyata saat ini Pertamina optimis kalau tahun ini, diperkirakan kebutuhan Pertamina Dex akan terus meningkat penggunaannya seiiring naiknya penjualan kendaraan niaga di tahun 2012.
Selain itu, Pertamina akan menambah kilang yang menyediakan Pertamina Dex, yaitu di Dumai. Sekarang ini, kilang produksi baru ada di Balongan (sumber dari http://the-marketeers.com/archives/pertamina-akan-tambah-spbu-pertamina-dex.html)
Bagaimana? Cukup tahu apa itu Pertamina Dex kan? Semoga cepat bisa beli mobil baru dan bisa pake Pertamina Dex ini. Kalau sudah punya mobil dan sudah pake semoga rejekinya lancar ya? Hehehe. Agak nggak nyambung, tapi ini doa. Untukku, kamu dan kita. Semoga bermanfaat ya?

5 comments:

  1. terima kasih atas informasinya. Bermawi ( 02199768854 )

    ReplyDelete
  2. terima kasih mbak postingannya sangat membantu, Blognya sudah saya follow mbak, kalau tidak keberatan followback di www.cronyoz.net ya . :)

    ReplyDelete
  3. makasih bngt kak untuk infonya

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!