Sunday, 28 July 2013

Bintik Putih pada Kuku

Kuku adalah salah satu bagian terpenting pada tubuh kita. Bahkan ada yang bilang kalau kepribadian seseorang bisa dibaca dari kerapian kukunya. Apakah benar? Ah, itu hanya mitos. Sama halnya dengan mitos yang berkembang pada masyarakat kita bahwa bintik putih yang ada pada kuku kita menandakan adanya orang yang benci dan naksir pada kita. Apabila bintiknya pada kuku tangan sebelah kanan maka menunjukkan bahwa ada orang yang naksir pada kita, sedangkan bintik pada kuku tangan sebelah kiri menandakan bahwa ada orang yang benci kepada kita. Banyaknya bintik pada kuku juga jadi pertanda jumlah orang yang naksir atau benci pada kita. Mulai dari sekarang buang jauh-jauh mitos tersebut.
Bintik putih pada kuku sering disebut juga leukonychia. Apakah Anda tahu sebenarnya apa yang menyebabkan munculnya bintik putih pada kuku kita? Bintik putih tersebut muncul karena adanya luka ringan pada lapisan bawah kuku. Luka ringan itu bisa dikarenakan alergi dengan cat kuku, terlalu sering menggunakan cat kuku, atau terbentur benda keras.
Kuku kita tersusun dari protein kuat yang sering disebut dengan keratin. Selain kuku, anggota tubuh kita lainnya ada juga yang mengandung keratin, yaitu rambut kita.
Bintik putih tersebut akan hilang bersamaan dengan semakin panjangnya kuku. Namun, untuk mencegah timbulnya bintik-bintik putih itu kita bisa mulai dengan menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, C, kalsium, protein, dan zat besi bisa jadi pilihan.
Setelah saran dilakukan namun bintik putih semakin sering dan banyak muncul di kuku, maka segeralah pergi ke dokter.

15 comments:

  1. Dulu waktu aku SD-SMP, ngehits banget tuh mitos kayak gitu. Sampe-sampe temen-temenku pada sengaja kukunya diteken-teken gitu biar muncul putih-putihnya, terus mereka pamer-pamer kalo banyak yang naksir. Konyol.

    -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, sama aja. Aku dulu juga gitu Mbak. Haahaha, agak norak ya. Tapi lagi-lagi ini mitos.

      Delete
    2. hehe..kebiasaan pas waktu sd nie...pernah juga pake gunting saya

      Delete
    3. Lah kok malah mengerikan banget pake gunting :(

      Delete
  2. benci dan naksir...kok bisa ya..padahal benci dan naksir itu berlawanan banget.....terimakasih sudah berbagi ilmu sobat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di kiri benci (kiri identik dengan yang jelek2) sebaliknya deh.
      Sama-sama.

      Delete
  3. Dulu pas aku SD - SMP juga sering kukunya gitu *hix* akhirnya tau kalo kekurangan fosfor kalsium. Karena emang males minum susu sih, tapi skr uda jarang hampir ga pernah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah, hehehehe. Ini kebanyakan yang punya bintik-bintik putih pas masih kecil ya.
      Syukurlah, mari hidup sehat!

      Delete
  4. inget dulu waktu kecil, tapi sekarang" ini gue gak ada bintik putih di kuku pantes jomblo terus ya hiks

    ReplyDelete
  5. jadi merhatiin kuku nih sekarang... hehe makasi mbak...emang penyakitnya apa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi jantung dan macem-macem mbak.

      Delete
  6. Ya ampun itu jaman SD banget yaa mainan kuku kayak gitu. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang juga masih ada deh yg mainan gitu. Haahahaha

      Delete
  7. Zaman SD suka sedih karwna di kuku nggak pernah muncul bintik putih. Sekalinya muncul satu girang banget soalnya katanya diam-diam ada yang naksir, haha.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!