Wednesday, 17 July 2013

Obat Batuk Tradisional


Puasa gini paling enak pas buka itu minum es ya? Siapa yang setuju? Ya meskipun sesekali hujan mengguyur, tapi es masih tetap jadi salah satu menu andalan. Apapun jenisnya, yang pasti yang serba dingin. Biar mak ceesss di tenggorokan J
Eits..! Tunggu dulu. Setelah seharian (13-14 jam) menahan lapar dan haus ada kalanya konsumsi es jangan terlalu over deh ya. Bisa-bisa malah tubuh yang kaget dan akhirnya malah kena batuk.
Batuk? Untuk saya sendiri batuk termasuk penyakit ringan yang menyebalkan. Apalagi kalau batuknya berdahak. Berkali-kali minum obat yang dijual di warung-warung dan apotek namun tetap saja tidak ada hasilnya.
Nah, beruntung sekali Anda menemukan postingan ini. Saya akan menawarkan obat batuk tradisional andalan keluarga saya. Ada yang mau tahu? Tenang saja, bahan dan alatnya sangat mudah lho.
Sumber gambar di sini
Bahan
1.     Madu
2.   Bawang merah (2-3 siung)

Alat
1.     Sendok makan
2.   Sendok teh
3.    Parut
4.   Daun pisang/plastik
5.    Kain penyaring
6.    Pisau
Cara pembuatannya adalah:
1.     Cuci dan kupas bawang merah sampai bersih, kemudian parutlah (parut sudah diberi alas daun pisang atau plastik).
2.   Masukkan hasil parutan bawang merah ke dalam kain saringan, peras dan ambil airnya sebanyak satu sendok teh.
3.    Campurkan air bawang merah itu dengan satu sendok madu. Aduk hingga rata.
4.   Obat batuk tradisional pun jadi dan siap diminum.
Obat ini bisa diminum 3 x 1 hari, kalau puasa gini? Ya, bisa diatur pas buka dan sahur. Agak repot memang, asalkan kesembuhan didapatkan tak ada masalah bukan? Selamat mencoba J

15 comments:

  1. semoga anak2ku mau ... kemarin sang kakak dibuatinnya kencur plus madu..tapi makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mau biar lekas sembuh ya Bun.
      Dulu saya juga pake kencur kalo nggak itu jeruk nipis dan kecap, tapi karena batuk saya berdahak, eh nendang banget kalo pake ramuan ini.

      Delete
  2. infonya bermanfaat bgt mak, utk batuk berdahak karna alergi bisa ngga ya mak? jadi pengen nyoba deh..

    jazakillah mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mak.
      Insyaallah bisa Mak asalkan telaten :)

      Sama-sama Mak :)

      Delete
  3. waa br tau.. saya taunya cmn jeruk nipis + kecap atau jeruk nipis + madu..
    makasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bunda. Iya selama ini yang laris manis itu jeruk nipis ya? bawang merah lebih mantap. Harganya juga mantap!

      Delete
  4. Wowww keren banget mba, baru kali ini mendenger resep yang so simpleee tapi nendang banget yach efeknyaaa....siiip deh, Maturnuwun sanget ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu mbak, baru rasakan tendangannya. Hihihihi :)
      Sami-sami nggeh :)

      Delete
  5. Waktu kecil,kalau aku panas, sama simbahku almarhumah dikompres pake bawang merah yang dicampur minyak klentik (minyak sayur bekas) heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dapat info baru ini Mbak, terimakasih :)
      Kalau keponakan saya pas masuk angin dikerokinnya pake bawang merah :)

      Delete
  6. dicoba ntar kalau batuk. saya sering batuk mak, secara udara di sini dah tercemar asap pabrik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa membantu mbak, yang penting harus telaten.
      Jangan berharap sekali minum langsung sembuh, dokter saja tidak bisa mastiin obatnya sekali langsung bisa nyembuhin pasien.
      Yang pasti telaten.

      Delete
  7. Mau coba juga ahh....biasanya cuma pake madu aja, ehh..ternyata biar tokcerrr pakai bawang merah juga....hehehe...thanks mbak... :-)

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!