Tuesday, 1 October 2013

Berkunjung Ke TMII


Liburan sekolah telah tiba, Rino dan adiknya yang bernama Tiara mengisi liburan dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. TMII berada di DKI Jakarta yang letaknya tidak jauh dari rumah mereka. Rino dan Tiara sangat gembira ketika sampai di TMII. Di sana  mereka dapat melihat berbagai macam budaya yang ada di Indonesia terdiri dari miniatur rumah adat, museum, pakaian adat, senjata tradisional, suku-suku yang ada di masing-masing provinsi di Indonesia, dan masih banyak lagi.
Ketika sampai di depan Anjungan Jawa Tengah, Rino ingin melihat rumah adat Jawa Tengah yang biasa dikenal dengan rumah adat  Joglo. Mereka berfoto-foto bersama. Rino dan Tiara sangat senang karena sewaktu masuk ke dalam rumah adat Jawa Tengah mereka teringat nenek dan kakeknya yang rumahnya Joglo seperti yang ada di TMII.
Setelah itu mereka menuju ke anjungan DKI Jakarta. Tiara berlari ke arah Ondel-ondel yang memang khas sekali pada suku Betawi ini. Beruntung sekali di sana tepat ada semacam pertunjukkan tarian khas Betawi. Tiara langsung mengambil posisi paling depan untuk menyaksikan perempuan Betawi yang melenggak-lenggok dengan indah.
Di sela menyaksikan tarian khas Betawi ayah berkata “Yuk, kita lihat anjungan yang lain!”. “Sebentar Yah, indah sekali tariannya.” jawab Tiara keheranan. “Benar sekali Ayah, tarian ondel-ondel ini memang sungguh indah.” tambah ibu mereka.
Setelah pertunjukkan selesai mereka bergegas menuju anjungan Bali yang disambut dengan megahnya “Bali Pavilion Gate”, di sana terasa sekali nuansa Balinya. Ketika mulai berjalan meninggalkan halaman “Pavilion Gate”, petugas memberitahu jika malam nanti akan ada pertunjukkan Tari Kecak Bali. Namun, ibu terlihat sudah capek. Jadi tidak mungkin kami di TMII sampai malam nanti.

Dari anjungan Bali, kami menuju ke anjungan Sumatera Barat. Benar sungguh indah rumah Gadang rumah adat masyarakat Minangkabau ini. “Tiara mengamati dari kejauhan, “Iya benar Kak Rino.”jawab Tiara.
Kemudian mereka menuju ke anjungan Jambi yang sepi pengunjung di sana. Ibu terlihat capek, maka kami pun sejenak istirahat di sana. Tiara dan Rino berkeliling melihat rumah adat Jambi yang pada umumnya menjadi tempat tinggal Suku Melayu di Jambi.

Mereka melanjutkan perjalanan menuju ke anjungan Sulawesi Selatan yakni melihat Rumah Panggung (rumah adat Suku Toraja, Sulawesi selatan). Di Samping Suku Toraja, Suku Bugis juga menempati rumah panggung sebagi tempat tinggal keluarganya. 

Sejenak berkeliling mereka terakhir mengunjungi anjungan Papua yang disambut Rumah Honai sebagai rumah adat Papua yang sungguh indah. Di sana dilengkapi sejarah suku Asmat, suku Dani yang tinggal di Papua.
Pada kesempatan  terakhir di TMII ini, mereka berkunjung lama di Rumah Honai sambil bercerita dan menikmati nuansa papua bersama kak Rino, ayah dan ibu tentang keragaman suku dan budaya di Indonesia yang sungguh banyak sekali. Maka sebagai warga yang baik harus menjaga dan menghargainya serta melestarikan keragam suku dan budaya Indonesia ini. Setelah petang  mereka pun pulang kerumah.



No comments:

Post a Comment

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!