Saturday, 9 November 2013

Usir Nyamuk dengan Kelambu

Usir nyamuk dengan kelambu. Musim hujan mulai datang. Siang panas malamnya hujan. Awalnya terik tiba-tiba turun hujan. Nah, imbasnya ke kita nih. Kegiatan yang dilakukan di outdoor jadi kurang optimal. Badan jadi nggak karuan. Tapi, ada juga lho yang sangat happy ketika musim hujan turun. Nyamuk.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, nyamuk adalah serangga kecil bersayap, yang betina memiliki sepasang sungut yang dipakai sebagai pengisap darah (manusia dan binatang) bertelur di air yang tergenang. Sedangkan menurut wikipedia.org, nyamuk serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Dari kedua pengertian di atas, yang kita tahu bahwa nyamuk itu menghisap darah dan menimbulkan bunyi yang sangat mengganggu. Nyamuk akan semakin hobi berkembangbiak ketika cuaca seperti sekarang ini. Lebih berbahayanya lagi nyamuk bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti demam berdarah, cikunguya, dll.

Mau tidur tidak bisa karena gangguan nyamuk? Mau mengusir nyamuk? Bagaimana caranya? Kita ketahui mengusir nyamuk bisa dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk bakar, mengoleskan lotion anti nyamuk, menyemprotkan obat anti nyamuk, menggunakan raket listrik, dsb. Apakah tetap saja nyamuk mengganggu waktu tidur kamu?

Jawabannya adalah usir nyamuk dengan kelambu. Kelambu adalah tirai (tempat tidur dsb) dari kain kasa untuk mencegah nyamuk. Secara umum ada dua jenis kelambu:
  1. Kelambu gantung adalah kelambu yang digantungkan di atas tempat tidur;
  2. Kelambu punjut adalah kelambu yang digantungkan pada satu tali; 

Berikut penampakannya.




Dari gambar di atas tampak bentuk kelambu masa kini telah beragam, coba saja search di Mbah Google, akan banyak contoh gambar. Banyak juga toko online yang menawarkan kelambu dengan harga miring. Yang pasti kelambu ini nggak bikin ribet. Tertarik untuk membeli? Silahkan cari di toko terdekat (Loh jadi promosi?). Tidur nyenyak, selamat mimpi indah.

Sumber gambar: di sini, di sini, dan di sini.

5 comments:

  1. Saya jadi ingat,
    kalau tidak salah waktu saya TK mama saya pernah pasang kelambu spt itu di kamar.
    enak sih, gak perlu pasang obat nyamuk yg baunya nyegrak tapi dah bisa terbebas dari nyamuk :D
    cuma nggak enaknya cepet kotor dan berdebu hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak memang cepet bgt kotor dan berdebu. Makanya harus pintar2 menjaga. Kalau perlu selesai dipakai langsung digulung.

      Delete
  2. lucu ya kelambu kesini-kesini makin beraneka ragam, tapi eh itu gimana kalo nyamuknya terperangkap di dalem? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar nggakterperangakp selesai dipakai memang harus digulung lagi. Kalau memang masih terperangkap ya harus berburu di dalam kelambu.

      Delete
  3. keren topik tentang kelambunya mba @ichaituika jadi inget masa kecil saya sampai umur 8 tahun masih merasakan tidur di temenin si kelambu, tapi makin gede malah ribet dan males make kelambu mendingan tidur ditemenin kipas angin buat usir2 nyamuknya d-:

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!