Tuesday, 31 December 2013

Cara Transfer Uang Lewat ATM


“Dik, tante minta kiriman uang. Tolong adik yang transfer ya, ini ATM ibu.” perintah ibu setelah beberapa saat mendapat SMS dari tante.

Pagi tadi sebelum ke kampus saya mampir ke mesin ATM BRI yang ada di SPBU daerah Demak. Memasukkan ATM, pijit tuts sesuai password, dan klik transfer. Tampak pilihan yang aku artikan sesama bank dan bank lain. Sempat bingung juga, bank apa ya milik tante? Oh iya, bank Danamon. Aku pilih bank lain dan aku masukkan nomor rekening tujuan. Klik sana klik sini setelah memijit jumlah uang tiba-tiba ada tulisan kode bank salah. Waduh, apa-apaan ini?

Kondisi saat itu aku sedang buru-buru, di luar pun sedang turun hujan. Keluarlah aku dari mesin ATM dan menghubungi ibu kalau transfer gagal karena tidak ada kode bank-nya. Aku hubungi pula tante yang aku prediksi saat itu beliau sedang bekerja sehingga tidak bisa membalas SMS ku.

Sesampainya di kampus, aku masih penasaran akan kejadian tersebut. Maksudnya apa ya kok harus memasukkan kode bank. Aku searching aja di google. Ku temukan jawabannya, untuk transfer uang lewat ATM yang berbeda bank ternyata memang harus menggunakan kode bank. Kode bank biasanya diletakkan di depan nomor rekening. Misalnya saja kode bank Danamon itu 011 dan nomor rekeningnya itu 012345678910. Maka pada kotak ”masukkan kode bank dan nomor rekening” langsung pijit tuts 011012345678910. Setelah itu akan muncul pemberitahuan berkaitan dengan bank tujuan, nama penerima, jumlah pengiriman.

Dari mana kamu bisa dapatkan kode bank tujuan? Di mesin ATM ada pilihan "Kode Bank Lainnya", klik saja maka akan muncul banyak kode berbagai bank. Salah satunya bank yang kamu tuju.

No comments:

Post a Comment

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!