Senin, 10 Februari 2014

Si Bungsuku Tumbuh Juga

Belum menikah kok bilang si bungsuku tumbuh juga? Ah, ini bukan baby ko, ini tentang gigi. Ya, gigi bungsu. Ada yang belum tahu gigi bungsu itu gigi apa?

Gigi bungsu itu adalah gigi geraham ketiga atas dan bawah. Jadi, ada empat gigi bungsu yang kita miliki. Disebut gigi bungsu karena tumbuhnya paling terakhir dan biasanya tumbuh pada usia sekitar 17-25 tahun.

Sumber gambar di sini
Nah, sudah hampir seminggu ini gigi bungsuku tumbuh. Kok lama banget? Iya, dulu waktu gigi bungsuku yang sebelah kiri bagian bawah tumbuh juga lama. Sakitnya juga sama. Sakit? Iya, selain sakit selama gigi bungsuku tumbuh, ada juga efek sampingnya, seperti:
  1. Pusing ringan
  2. Badan seperti masuk angin, meriang gitu
  3. Gusi sakit
  4. Tumbuh sariawan
  5. Nafsu makan berkurang
  6. Bau mulut kurang sedap
  7. Saat pagi hari, susah membuka mulut

Kalau sudah seperti itu mau ngapa-ngapain jadi males, tapi aku nggak mau jadi manusia yang merugi. Harus tetap beraktivitas dan produktif.

Setelah aku searching, ternyata rasa sakit yang aku alami itu dikarenakan posisi gigi bungsu mendesak gigi yang sebelumnya. Ngeri banget apabila letak gigi bungsu ini sampai mengganggu gigi geraham yang sebelumnya, karena mau nggak mau dianjurkan untuk dicabut. Hi, sudah ngeri aku. Semoga saja tidak.

Nah, dalam seminggu ini untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, aku hanya berusaha menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan rajin-rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Rasa sakitnya memang tidak hilang, akan tetapi agak mendingan. Hal itu aku lakukan juga agar tidak ada kotoran yang menumpuk pada gigi bungsuku. Nanti malah ada ulatnya jadi infeksi deh. Bisa-bisa jadi sariawan dan nggak nafsu makan. Tidak!

Ada yang gigi bungsunya belum tumbuh? Selamat menanti ya?

10 komentar:

  1. Rasanya aduhai...jd lupakan lagu yg katanya lebih baik sakit gigi drpd sakit hati...kyknya lbh baik sakit hati sj lah msh bs ngapain2...tp klo sakit gigi duh duh duh....hanya bs menangis tanpa bs berbuat apa2..krn jln satu2nya ya dicabut...oh Noooo...

    BalasHapus
  2. sakitnya nggak ketulungan ya mbk^^

    BalasHapus
  3. hahaha...sya pernah mengalamin ini 8 thn lalu..sakitnya ruaar biasa cetar badai bikin nangis guling2 mcm anak kecil...akhirnya ke dokter dan dikasi obat lumayan bisa hentikan rasa sakit itu hiks

    BalasHapus
  4. udah pernah ngerasain, saya malah gigi bungsu itu tumbuh sejak kuliah, klo gak salah sekitaran 2007, lamaaa banget dan sakiit klo sakitnya kumat, hiikks.
    ternyata pas dicek posisinya gak benar, terpaksa harus dicabut, ada 2 pula..

    semoga gigi Mbak baik2 saja yah nantinya ;)

    BalasHapus
  5. mendesak gigi yang sebelumnya
    _____________

    ini juga yg saya alami beberapa waktu lalu. dpt saran juga utk dicabut, tp males krn akan ada efeknya (salah satunya, gigi yg lain akan miring krn ada kosong di bag belakang).

    Paling2 saya minum obat pereda nyeri gigi... dan sampai skg -alhamdulillah- ndak kumat lagi.

    BalasHapus
  6. Tentang Gigi alhamdulilah saya gak pernah ngalamin dan Ndak mau deh
    Karena saya selalu berusaha sehat menjaga kebersihan gigi Mbak Ika

    BalasHapus
  7. serem ya, gigi bungsuku belum tumbuh sih, tapi kerasa ada benjolan gitu di gusi paling ujung.. moga aja nggak sakit yah.. ^__^

    BalasHapus
  8. serem ya, gigi bungsuku belum tumbuh sih, tapi kerasa ada benjolan gitu di gusi paling ujung.. moga aja nggak sakit yah.. ^__^

    BalasHapus
  9. Saya sudah tumbuh, alhamdulillah. Syafakillah mba, semoga sakit yang dikarenakan gigi bungsu itu disemuhkan oleh-Nya... Dan menjadikan penyakit yang diderita sebagai peluntur dosa. Allahumma aamiin...

    BalasHapus