Friday, 21 March 2014

Buah Hati Membantah

Jika Sang Buah Hati membantah, Bunda Hebat akan 3T (Tersenyum, Tolong, dan Terimakasih)

Seringkali saat buah hati membantah, Bunda akan terpancing untuk marah, eits jangan! Justru saat-saat seperti itu Bunda harus mampu memunculkan banyolan-banyolan yang bisa memecah suasana. Misalnya, “Oh, adik ndak mau dimandiin ibu? Bagaimana kalau dimandiin sama boneka adik saja?”

Setelah suasana mencair, hilangkan sikap bossy Bunda. Ubah kalimat yang keluar dalam mulut kita dengan kata tolong...Misalnya, “Dik, bisa tolongin ibu ambil sendok di dapur?” Beda rasanya kalau dengan kalimat berikut, “Ambilin sendok di dapur, Dik!”

Dua tips di atas sudah dipraktikkan dan buah hati jadi berkurang sikap membantahnya, jangan lupa ucapkan terimakasih. Setiap si buah hati selesai melakukan sesuatu dan sukses, sebagai Bunda Hebat tidak akan lupa untuk mengucapkan terimakasih sebagai reward. Betul? Reward tak perlu yang mahal-mahal, meskipun terimakasih juga termasuk reward, reward berupa minuman sehat dengan berbagai rasa semacam Cap Kaki Tiga Anak juga sangat disarankan.


2 comments:

  1. Tipsnya sdh benar. Tp sekedar tambahan saja, anak membantah bisa berarti anak tsb kritis.

    "Kenapa harus begini?", "Kenapa aku disuruh begitu?", pertnyaan ini jika tdk terjawab, jdlah anak membantah.

    Krn itu orgtua seharusnya juga memberikan pemahaman yg logis dan sesuai dg nalar anak-anak.

    Salam.

    ReplyDelete
  2. Iya bener mba olah kata dalam percakapan juga mempengaruhi. Sukses ga nya

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!