Tuesday, 18 March 2014

Motor Matic VS Motor Bebek

Tanpa mengurangi rasa syukur atas berkah Allah saya buat postingan ini. Halah, kok sudah serius amat nih! He, sesuai judul saya adalah pengguna motor bebek. Tahu motor bebek? Motor bebek itu adalah motor yang punya gigi/perseneling.
Motor bebek saya :)

Motor bebek ini sudah jadi teman perjalanan saya sejak tahun 2008, saya masih SMA. Motor ini seperti soulmate saya, ke mana-mana berdua. Bersamanya saya sering kesasar, pernah ketangkap polisi, tepatnya ditilang. Saya juga pernah jatuh bersamanya sampai kaki saya manja dan nggak mau diajak berjalan.

Banyak suka dan duka yang saya lewati bersamanya. Sempat terpikir oleh saya untuk menggeser dia dari hati saya. Tahu sendiri semakin hari berbagai macam model motor bermunculan, salah satunya motor matic.

Tiap kali disalip motor matic, ah kalau motor saya seperti itu pasti lebih enak ya. Bisa bawa barang lebih banyak (diletakkan di tempat kaki), nyaman, kalau pas hujan nggak harus rempong-rempong menggunakan sandal terlebih dahulu. Kan kaki dan sepatu jadi lebih aman dan nggak harus belepotan kena lumpur jalanan. Berbagai alasan muncul dalam hati saya.

Kalau saya pakai motor bebek ini mau bawa barang banyak saja sudah repot. Harus jepit sana-jepit sini. Eh, saya pernah lihat pengguna motor matic kalau sedang berkendara kakinya bisa jigang, hihihi...Kayak di warung saja. 

Eh, motor matic kan boros ya? Kalau seandainya saya tiap hari pulang pergi kampus pakai motor matic dompet bisa tekor. Mending motor bebek saya ini deh ya. Ada yang tahu nggak kenapa motor matic kok bisa lebih boros dibandingkan dengan motor bebek?
Motor bebek masa kini

Saya ambil dari sumber sini, ternyata motor matic lebih boros karena motor matic itu punya gear yang lebih banyak. Nah, ketika hendak berjalan, gear tersebut secara otomatis akan berganti/berjalan dalam cvt sedangkan untuk motor bebek harus memasukan perseneling terlebih dahulu sebelum berjalan. Selain itu, untuk dapat melaju, motor matic haruslah mencapai RPM (Rotasi Per Menit) sedangkan motor bebek dapat mengatur ritme RPM dengan cara menurunkan perseneling/gigi pada motor bebek tersebut. Sehingga penggunaan peseneling/gigi itulah yang mengurangi penggunaan daya bahan bakar dibandingkan dengan motor matic.

Ah, enakan motor bebek deh.

Nah, kalau Anda sendiri lebih memilih motor matic atau motor bebek?

17 comments:

  1. Mbak ika, dulu awal-awal ingin banget punya motor, motor diatas itu yang aku kepengenin, revo merah. Serius mbak. Sampai akhirnya bisa beli eh diobong obongin sana sini, ambilnya revo hitam. Hehehe motor bebek pertama yang aku punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, manteb yang merah ya, Mbak :)
      Ah, sama saja , Mbak sebenarnya. Masalah warna saja ya.

      Delete
  2. saya belum punya dan belum bisa naik dua2nya, mak.. heuheu..
    tapi kalo boleh milih, saya mau yg matic aja deh.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau belum bisa naik cara praktisnya memang matic saja. Tapi kalau bisa naik yang bebek pasti bisa naik yang matic, tapi kalau sebaliknya belum tentu.

      Delete
  3. motor mio... yang pake gas ditangan.. termasuk bebek apa bukan ya hehe moci moci - motor cina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau semua gas kan di tangan ya, Mbak kalau di motor?

      Delete
  4. motor bebek emang awet ke BBM,,tapi dari segi simple kalau bawa barang banyak,,motor matic juga diandalkan..lalu seperti saya yang suka pake rok panjang, motor matic lebih nyaman,,,tapi hmmm tapi,,,saya tetap sama motor bebek aja ya,,,lebih hemat cin,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uya iya...buat yang pake rok atau dress memang cocok kalau naik motor matic :)

      Delete
  5. Semuanya ada plus dan minusnya ya Maak, ini ceritaku tentang matic atau non matic..kalau di aku bergigi atau tidak bergigi *hihii

    http://astinastanti.blogspot.com/2013/02/pilihan-motor-gigi-atau-tidak-bergigi.html

    ReplyDelete
  6. Karena matic lebih memudahkan dan nyaman, sekarang sih mending matic aja ya, mak. :D

    ReplyDelete
  7. sebenernya cinta sama motor bebek dari dulu, tapi roman2nya sekarang mw pindah ke laen hati gegara booming motor matic...hehehe #catatan=samasekalibelompunyaMotorMatic#

    ReplyDelete
  8. Motor pertama saya bebek mak.. sekarang pake matic gara-gara pas mau beli, pilihan motor bebek kok ga eye catchy.. hihi :D
    Karena motor saya cuma dipake di jalanan datar, ya ga terasa borosnya.. ;)

    ReplyDelete
  9. aku apa ajalah mak, yang penting ada yang mboncengke hehehe

    ReplyDelete
  10. Kalo gue pake Matic dong. Pake motor bebek ribet. Telat ngasi makan aja ngambek, gak mau bertelor. :)

    ReplyDelete
  11. Kalau saya sih.. Motor matic aja. Lebih enak. Tempat duduknya luas, dan lebih gimana gitu.. :)

    ReplyDelete
  12. haha kalo aku sih pake apa aja yg penting bisa buat kendaraan mbak :))
    kalo matic boros itu mah matik yg dulu mbak, khususnya matik yamaha sebelum kena fuel injection, jadinya boros.. tapi kalo mio gt yg iklan jeketi48 kan udah fuel injection jadi hemat bahan bakar.. belum lagi honda vario jg hemat mbak :))
    tapi ya emang sih masih kalah sama motor bebek B)

    Salam kenal mbak :D http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. Udah beberapa kali ganti motor, dan sekarang motornya pake yg revo merah di atas. Samaan ya. :D

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!