Friday, 14 March 2014

Waktu Efektif untuk Nge-Blog

Bagi seorang blogger, nge-blog adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Lah iyalah, kalau nggak nge-blog ya bukan blogger. Saya sering melongo setiap kali melihat ibu-ibu rumah tangga yang selalu aktif nge-blog. Ini kapan ya nge-blognya?

Sebagai ibu rumah tangga, saya tahu-lah pekerjaannya kayak apa. Mulai dari membuka mata sampai menutup mata itu pekerjaan nggak habis-habis. Kalau saya boleh bilang pekerjaan ibu rumah tangga itu tidak terlalu mencolok tapi sangat melelahkan. Saya saja dulu waktu ditinggal sakit ibu selama tiga hari dan harus menggantikan semua kegiatan ibu rumah tangga, eh tahu-tahu saya ikutan ambruk. Inilah bukti kalau pekerjaan ibu rumah tangga itu cukup melelahkan.

Saya yang masih sendiri saja seringkali kuwalahan mengatur waktu untuk nge-blog. Nah ini ibu rumah tangga? Contoh lainnya seperti dosen saya, kegiatannya sangat padat, baik di dalam maupun luar kampus, di rumah juga jadi perangkat kampung, aktif mengisi khutbah di masjid, ngurus sekolah yang dipimpin, eh kok ya masih bisa berkarya. Semua tergantung komitmen ya? Kapan ya biasanya mereka menulis?

Jujur, pas ide lagi bermunculan tapi modem lagi nggak bersahabat ujung-ujungnya saya tulis di buku catatan baru kemudian saya ketik. Karena saat ini saya langganan paket modem midnight, jadi modem hanya bisa digunakan setiap pukul 00.00-09.00 WIB. He, kelelawar banget ya? Jadi ya, jam segitulah waktu efektif saya nge-blog.

Seringkali ketika modem on saya mencari banyak info, baik yang berhubungan dengan postingan, lomba, atau untuk bahan kuliah kemudian saya salin ke Ms.Word dan save. Tak lupa sumbernya saya copy di setiap akhir artikel yang saya copas. Momen tersebut juga saya gunakan untuk blogwalking ke blog teman-teman.

Nah, sekarang kalau saya bertanya, “Kapan waktu efektif nge-blog, Anda?”

12 comments:

  1. Kl saya biasanya pas anak sekolah, lanjut lagi malam pas anak saya tidur hehe. Salam kenall ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, saya salut banget dengan ibu rumah tangga seperti Mbak, salam kenal balik.

      Delete
  2. aku biasanya pas pagi tapi sebelumnya nulis dulu di word, baru dipublish. biar ga ilang kalo koneksi lagi eror

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung di word ya Mbak, saya dicatatan dulu biar alur tulisannya jelas.

      Delete
  3. saya komitmennya kurang kuat, ngeblog suka sesuka hati hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenarnya juga seperti itu, Bunda. Ini latihan terus biar konsisten

      Delete
  4. Memilih waktu yang tepat untuk ngeblog memang berbeda dari satu penulis blog (blogger) dengan blogger yang lainnya, Artikel ini awesome. Ini sudah mewakili apa yang ada di benak saya selama ini. Bagaimana menyiasati sang waktu agar aktifitas NGEBLOG tetap konsisten. Bukan perkara mudah bagi yang super sibuk. Namun SIBUK juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab atau menghambat aktifitas menulis di blog. Banyak orang yang JAUH lebih sibuk dari kita yang nyantai aja bisa menyisihkan waktu menulis di blognya. Saya akan belajar banyak dari mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak orang yang JAUH lebih sibuk dari kita yang nyantai aja bisa menyisihkan waktu menulis di blognya...
      Ini sangat setujuuuu saya.

      Delete
  5. kalau saya ngusahain tiap hari kudu ada postingan baru, semales2nya paling bikin celoteh atau puisi, heuheu.. yang penting blog terisi dan bisa bewe, :)

    oya, mak, ikutan GA saya, yuk -- http://damai.malhikdua.com/2014/03/13/giveaway-berbagi-ide-untuk-pesantren

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya waktu ngeblog gak terjadwal Mak, masih sepinginnya aja, hehe
    Tapi aku pernah bikin challenge buat motivasi sendiri, dan lumayan lho jadi tiap hari ada post.. harus dimotivasi lagi *selfnoted

    ReplyDelete
  7. kalau aku sih disiasati pakai schedule. jadi giliran lagi banyak ide,, dibuat post itu utk beberapa hari ke depan. giliran males ngeblog,, jadi blognya nggak kosong atau dianggap hiatus.

    tapi kerjaan saya sbg internet marketer mau ga mau harus update blog tiap hari, hehe

    *salam kenal ya*

    Brillie,
    http://antie.info

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!