Thursday, 15 May 2014

Fokus Anda Hari Ini Apa?


Alhamdulillah, pagi ini setelah pekerjaan rumah sudah hampir selesai saya menyalakan TV untuk lihat acara Mamah & Aa Beraksi. Tema hari ini adalah Sedih-Bukan Solusi. Dari berbagai ulasan materi dan pertanyaan dari penonton ada satu pertanyaan dari penelepon yang nyantol di hati saya.

“Mamah, saya ini sudah melaksanakan sholat 5 waktu, ngaji, berdzikir, tapi kenapa saya masih merasa takut ya, Mah?” tanya penelepon “hamba Allah”.

“Takut-nya karena apa, Bu?” tanya Aa.

“Takut menjalani kehidupan ini.” jawabnya lagi.

Dengan tegas Mamah langsung menjawab, “Fokuskan diri Anda untuk hari ini. Jangan besok! Tadi pagi saya bisa memakai baju ini sendiri, apakah nanti pasti saya bisa melepas baju saya sendiri? Belum tentu. Siapa tahu baju ini akan dilepas oleh mereka yang memandikan jenazah.” Kira-kira seperti itulah yang disampaikan oleh Mamah.

Mamah juga menerangkan kita bisa mem-fokuskan diri kita hari ini dengan banyak hal, misalnya sholat 5 waktu, beramal, berguna bagi orang lain, dan menanamkan mindset bahwa kita tak pernah tahu kapan akan kembali kepada-Nya. Maka jangan pernah menunda kebaikan-kebaikan yang ingin kita lakukan.

Surat Luqman

034. Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Hem, saya menghela napas panjang. Selama 22 tahun saya hidup, diberikan kesempatan oleh Allah, tak banyak yang saya isi dengan hal-hal kebaikan. Fokus, fokus, dan fokus untuk hari ini.
Fokus saya hari ini apa ya?

  1. Sholat 5 waktu tepat waktu.
  2. Sholat dhuha.
  3. Download video kartun tata cara sholat.
  4. Menukarkan voucher belanja.
  5. Menyelesaikan revisi skripsi
  6. Kondangan
Enam fokus saya hari ini. Berharap semua bisa terealisasikan. Kalau Anda? Apa fokus Anda hari ini? Semoga juga bisa terealisasikan ya? Aamiin.

5 comments:

  1. kalau saya,bantuin nenek bikin bakso hehe....maksih mbk ika sharingnya,

    ReplyDelete
  2. Waaah, apa ya? Ibu2 banyak improvisasi, urusannya banyak banget diluar urusan diri sendiri heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya punya target mungkin Mak :D

      Delete
  3. Fokus saya beres rumah. Abis pindahan berantakan banget say

    ReplyDelete
  4. iya kalo punya target asyik ngerjainnya ya, mba. jadi seharian ada yang memang harus dikerjain.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!