Tuesday, 1 July 2014

Cara Menghadapi Kegagalan

Tak ada manusia di dunia ini yang ingin gagal. Semua pasti ingin sukses. Tapi apakah semua akan terjadi sesuai dengan apa yang kita inginkan? Jawabnya, TIDAK.

Seringkali kita dengar, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Hal itu tak selamanya benar. Karena banyak sekali orang yang gagal dan akhirnya stres berkepanjangan dan frustasi. Tuh di jalan banyak yang bersliweran. Apakah mereka sukses?


Nah, sebagai makhluk Tuhan yang memiliki akal pikiran, kegagalan itu bisa kita siasati menjadi motivasi diri yang sangat kuat. Bagaimana caranya?
  • Jangan terpuruk

Saat kegagalan itu datang, janganlah terpuruk. Jangan terlalu lama menangisi apa yang telah terjadi. Berdiam diri di kamar hanya akan membuat diri kita semakin terpuruk. Pergi keluar untuk menghirup udara segar. Tak harus ke mall, kita bisa jalan-jalan di sekitar kompleks, ke toko buku (tak harus beli), atau pergi ke rumah teman.
  • Belajar dari kegagalan

Kegagalan itu bisa kita pelajari, kuliti, sampai pada sisi apa yang sebenarnya menjadi penyebab kegagalan ini? Kita bisa mengingat-ingat, introspeksi diri agar tahu penyebab dari kegagalan tersebut. Kalau perlu ceritakan kegagalan tersebut kepada orang terpercaya agar kita lebih mudah untuk mengenali penyebab kegagalan tersebut.
  • Tetap semangat

Life must go on. Kalau kita hanya berdiam diri menikmati kegagalan, siapa yang akan melanjutkan hidup kita? Jalan satu tertutup jalan lain akan terbuka. Memang, jika sesuatu yang kita idam-idamkan tidak dapat tercapai, rasanya begitu menyakitkan, tapi bukankan Tuhan lebih tahu apa yang kita butuhkan? Yakinlah, ke depan akan ada kesuksesan yang lebih besar untuk kita. Saat ini Tuhan hanya menguji kita sebesar apa mental kita untuk menjadi sukses. Agar nantinya kita lebih siap untuk sukses.
  • Berdoa dan mencoba lagi

Berdoa. Kita memiliki Tuhan, maka kita tak boleh lupa ataupun melupakan kekuatan berdoa. Curahkan segala keluh kesah dalam dada, selesai, plong? Yuk, mencoba lagi! Sesungguhnya setelah mengalami kegagalan, greget kita untuk meraih kesuksesan itu akan naik satu level. Jadi, yuk raih kesuksesan kita!
Kunci kesuksesan kita ya kita sendiri. Kita harus pintar-pintar mengendalikan diri kita. Karena musuh terbesar kita bukanlah orang lain, melainkan diri kita sendiri. Betul? Apakah Anda mempunyai cara lain untuk menghadapi kegagalan? Share yuk!

No comments:

Post a Comment

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!