Sunday, 15 February 2015

Enzim, Pasta Gigi Ramah untuk Bumil

Alhamdulillah, jalan 10 minggu kehamilan saya, baru sekali saya muntah. Itu pun karena kesusu alias terburu-buru makan dan minum susu sampai keluar semua. Takut telat ke sekolah.

Banyak sekali cerita dari tetangga dan teman yang katanya selama hamil sering muntah-muntah. Bau makanan muntah. Bau susu muntah. Cuaca dingin tahu-tahu muntah. Mau gosok gigi muntah.

Saya? Alhamdulillah, makan apapun masuk tanpa ada muntah-muntahan. Semoga sampai lahiran nanti lancar, adik dalam perut tidak aneh-aneh.

Soal gosok gigi, sebenarnya diawal-awal kehamilan saya sering merasakan pengen muntah ketika hendak gosok gigi. Tapi, sebelum hamil pun kalau selesai makan kemudian hendak gosok gigi pasti pengen muntah. Untung saja, pas pertama kali periksa ke bidan desa, saya menyampaikan keluhan saya tersebut.

“Saran saya, coba beli pasta gigi enzim, Mbak. Itu kan tidak ada rasanya, jadi mengurangi rasa mual.” Saran bu bidan.


Sorenya, langsung deh saya membeli pasta gigi enzim yang dimaksud bu bidan. Pasta gigi ini ternyata ada di toko dekat rumah. Harganya? Dengan uang Rp 10.000 saya mendapatkan pasta gigi enzim dengan ukuran 50ml. Cukup mahal kalau dibandingkan dengan pasta gigi lainnya dengan ukuran yang sama. Tak apalah yang penting sehat.

Hal lain yang saya suka dari pasta gigi enzim selain tidak menimbulkan rasa mual, adalah pasta gigi ini bisa digunakan dengan cara kering. Artinya, saya bisa menggunakannya tanpa berkumur. Setelah menggosok gigi selama 2 menit baru deh berkumur. Rasanya semriwing.

Muntah hilang, gigi bersih, mulut sehat karena enzim, pasta gigi yang ramah untuk bumil. Nah, kalau Anda punya pengalaman apa selama hamil? Apakah punya pasta gigi khusus juga untuk mengurangi rasa mual? Atau bahkan tidak muntah sama sekali?

7 comments:

  1. Wah, ilmu baru nih Mbak. Semoga kehamilannya sehat selalu ya mbakku :))

    ReplyDelete
  2. Wah info baru ini mbak. Bekal kalau nanti insya Allah hamil lagi. Tfs mak

    ReplyDelete
  3. Aku yang penting ada rasa mint nya gitu deh pasta giginya.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau Kalo pasta Gigi enzim bisa bikin ga mual. Makasih infonya, Mak

    Aku juga 2x hamil jarang muntah. Alhamdulillah ya. Yg bikin morning sick pas puasa Aja, Jadina ga pernah puasa, hehe.

    Semoga ibu & debay selalu diberikan Kesehatan. Semoga persalinan nanti dimudahkan dan dilancarkan ya, Mak

    ReplyDelete
  5. selamat atas kehamilannya ya mbak ika :)

    ReplyDelete
  6. saya jg memakai enzim dari awal kehamilan tp tetap mual dan muntah saat menggosok gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bawaan bayi bisa tuh Mbak. Saran saya, setelah makan jangan langsung gosok gigi. Tunggulah 10-20 menit baru gosok gigi.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!