Monday, 16 March 2015

Belajar dari Pemenang

Sebagai seorang blogger, pernahkah Anda mengikuti suatu lomba atau giveaway dan Anda menjadi salah satu pemenangnya? Rasanya pasti sangat menyenangkan ya kalau ada nama kita di antara deretan nama pemenang yang dipilih oleh penyelenggara lomba atau giveaway.

Berbeda kalau sudah ikut lomba berkali-kali tapi nama kita tak nyantol sekalipun. Kesal? Pasrah? Tak mau nyerah begitu saja? Berbagai ekspresi. Kalau saya?

sumber DI SINI
Semalam, saya menunggu pengumuman suatu lomba. Kebetulan lomba tersebut diselenggarakan oleh teman blogger yang disponsori oleh salah satu website ternama. Eh, tahunya saya gagal lagi jadi pemenang. Agak sedih sih. Tapi rasa sedih itu muncul berbarengan dengan rasa penasaran dalam diri saya.

“Artikel yang jadi pemenangnya seperti apa ya?”

Saya pun mencari link pemenang lomba tersebut. Pemenang 1 jadi sasaran utama. Saya baca postingan tersebut sampai selesai. Mencari keistimewaannya. Jelas saja, ternyata dari jajaran nama pemenangnya, hampir semua isi postingannya menyinggung website yang mensponsori pelaksanaan lomba tersebut meskipun penyelenggara tidak memasukkan syarat haru mengulas website tersebut.

Sekilas, saya mengingat lomba pada pertengahan bulan Februari lalu. Karena penasaran pula kenapa saya tidak jadi salah satu pemenangnya *kepedean*, saya pun mencarri tahu link pemenangnya. Dan sama. Pemenangnya adalah mereka yang mengulas salah satu brand yang menjadi sponsor lomba tersebut meskipun penyelenggara tidak memasukkan itu pada syaratnya.

Pelajaran penting bagi saya. Tepatnya belajar dari pemenang. Lain kali kalau ada lomba yang serupa saya sudah tahu triknya. Tentunya dengan catatan jangan pernah menyerah dan mau belajar lagi dan lagi.

Kalau dipikir-pikir hal itu masuk akal, kita yang jadi pemenang bisa mendapat hadiah, mereka penyelenggara juga dapat keuntungan. Yaitu, dipromosikan. Baiklah, yuk berlomba lagi. Semangat!!

7 comments:

  1. Replies
    1. Hai Mbak Susan, lama tak jumpa. Apa kabar?

      Delete
  2. Jarang pisan menang lomba blog hihihi...ngga ku ku nulis panjang lebar...iya, harus dipelajari yaa tipe-tipe tulisan yang sering menang...

    ReplyDelete
  3. Yagitu suka dukanya kalo ikut lomba blog. Namanya perlombaan, pasti ada yang menang dan yang kalah. Semua disyukuri aja. Ketika menang kita dapat menjadi pembelajaran untuk yang kalah, sedangkan kita yang kalah dapat belajar dari yang menang. Saling melengkapi.

    ReplyDelete
  4. Jangan mau kalah dan percaya pada hati yang sudah berjuang dengan sungguh :)

    ReplyDelete
  5. Aku jarang ikut, Mbak.. Banyak malesnya :P

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!