Kamis, 05 Maret 2015

Mau Job Review? Modal Dikit Dong!

Siapa yang pernah dapat job review? Ngacung ah! Bagaimana rasanya? Sudah berapa kali? Berkali-kali? Saya mah baru sekali, tapi senangnya berkali-kali. Beneran deh.

Kini, bagi saya bukan perkara berapa kali mendapatkan job review. Tapi pelajaran apa yang saya dapatkan setelah mendapat job review itulah yang lebih penting. Saya termasuk blogger yang masih belajar untuk konsisten nge-blog. Jadi, sangat bangga bisa merasakan apa itu yang namanya job review.

“Mau dapat tambahan uang dapur kok ya rekoso men (susah banget)!”

Bagaikan jalan di daerah pegunungan, untuk merasakan buah manis job review itu saya harus melalui pembelajaran yang berkelok-kelok lho. Mulai dari email ke pemberi job review masuk spam dan baru ketahuan beberapa jam sebelum DL, salah tema, sampai paketan modem yang tiba-tiba habis di detik-detik terakhir dan keadaan dompet yang sedang sekarat.

Pengalaman itulah yang membuat saya sadar, bahwa kalau kita mau job review, maka kita harus mau modal. Modal apaan? Modal tenaga, waktu, sudah pasti iya. Nah ada yang lebih penting lagi bagi saya, yaitu merelakan uang untuk membeli kebutuhan keluarga demi yang namanya paketan modem.

Kalau saat itu saya menyerah, bisa jadi sampai sekarang saya tidak bisa merasakan apa itu yang namanya job review. Untung saja langkah saya tepat. Saya merelakan 1 untuk mendapatkan 6, tak ada ruginya lah ya.

“Kalau kita ingin sesuatu yang lebih besar, maka kita harus mau mengeluarkan sesuatu terlebih dahulu sebagai pancingan.”

Lagi-lagi saya ingin mengatakan, “Mau job review? Modal dikit dong!” Kalimat tersebut tidak untuk orang lain, melainkan untuk diri saya sendiri. Sindiran.

Akhir-akhir ini, saya sering sekali menemukan ada teman sesama blogger yang mencari blogger dengan blog-nya yang berdomain alias bukan blog gratisan macam punya saya ini. Apalagi kalau bukan untuk mendapatkan penawaran job review.

Idiiih, saya jadi pengen nyakar-nyakar bantal. Menyesal. Seandainya saja saya mau modal dari dulu untuk membeli domain, bisa jadi saya dapat tawaran job review tersebut. Yah, paling tidak masuk syarat administrasi lah dengan blog berdomain. Nah, ini? Dilirik aja tidak.

Lagi, saya belajar, “Kalau kita ingin sesuatu yang lebih besar, maka kita harus mau mengeluarkan sesuatu terlebih dahulu sebagai pancingan.”

Ya, sudahlah ya, belum rezeki. Kejadian tersebut membuat saya semangat untuk mengumpulkan uang untuk membeli domain. Semoga saja nanti ada jalan. Biar bisa dapat job review untuk tambahan membeli perlengkapan rumah.

Kemudian kalau belum pernah dapat job review ngapain dong? Tetap saja konsisten nge-blog. Ingat, rezeki sudah ada yang ngatur. Atau kita bisa latihan me-review suatu produk yang kita gunakan secara gratis alias tak dibayar tak apa-apalah. Itung-itung latihan. Siapa tahu nanti ada pemberi job review yang tertarik dengan tulisan kita. Atau mungkin ada rezeki lain, misalnya kita dapat undian berhadiah perlengkapan rumah, salah satu macamnya alat elektronik seperti kulkas, mesin cuci, rice cooker, dll.

Pesan saya, kalau mau job review? Modal dikit dong! Dan yuk konsisten nge-blog. *nyindir diri sendiri*

58 komentar:

  1. Suka quote-nya Maak. Betul, intinya kalo ingin sesuatu harus berkorban dulu ya. Sy newbie bingits jd blm pernah dpt job review. Tapi kebayang senengnya minta ampun ya waktu dpt pertama kali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Mbak, semoga suatu hari bisa merasakan job review Mbak dan kecipratan rezekinya :))

      Hapus
  2. Gratisan atau berbayar dalam pandangan saya tidak ada masalah. Walaupun advertiser lebih senang dengan web atau blog dengan Top Level Domain. Bagi saya tidak selalu. Saya pernah dapat job review dari blog gratisan Karena yang diliat advertiser tidak hanya domainnya Gratisan atau berbayar , tetapi DM nya berapa score, Alexa nya ranking berapa, dan lain sebagainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk sharingnya Pak. Saya pas dapat job review juga blog ini pak alias gratisan. Akan tetapi saya lebih banyak menemukan banyak tawaran bagi mereka yang berdomain.

      Hapus
  3. bener sekali mbak ika, kalau mau job review se-enggaknya kita juga ngeluarin modal..tapi dikit kok..dan hasilnya ntr pasti banyak...karena sudah saya rasakan sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, Mbak dwi nih yang sudah ganti berbayar domainnya. Selamat ya Mbak, semoga saya segera ketularan biar rezekinya juga nambah. Aamiin.

      Hapus
  4. nggak semuanya kayaknya tapi lebih banyak emang yang dicari berdoamain. q dulu belum berdoamain juga lumayan sering dapat,tapi tenagn aja mbak,rezeki nggak akan kemana. jadi inget jargonnya makpuh, blogging with heart,money will follow...^^
    happy blogging mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sama quotenya mba "Blogging with heart, money will follow"
      Keren

      Hapus
    2. Iya Mbak HM...saya juga masih belajar tentang hal itu Mbak. Yuk ah ngeblo-ngeblo-ngeblog dan tidak lupa BW :)) Terima kasih untuk sharingnya Mbak.

      Hapus
  5. Wah, asiknya dapat job review ya. Saya malah belum pernah. Tapi makasih bgt nih infonya, bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga segera dapat tawaran ya?

      Hapus
  6. say apernah dapet job review eh...hanya nampilin logo aja di posting mbak. Kelihatanya sih mudah tapi ngelu juga bikin artikel yg sesuai hihi...tapi lumayanlah hasilnya ...mereknya Zalora mbak eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh Zalora yaa....lumayan dong Mas. Sip sip. Job review memang bonus untuk blogger.

      Hapus
  7. Bersusah susah dulu menuai emas kemudian :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul Bunda. Yang demikian itu lebih bermakna.

      Hapus
  8. Asyik ya klo ngerasakan gmna dapat job review.
    Belum pernah ni maj, ngeblognya aja masih moody

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbak tingkatin lagi nge-blognya. Jangan mau kalah sama moody.

      Hapus
  9. Nge-job review itu paling enak pas dapet bayarannya, yang sulit mikir buat artikelnya... Tetap smangat nge-blog, kenikmatan sesungguhnya adalah nulis, nulis dan tetap nulis.

    BalasHapus
  10. Asyiiik banget penyampaiannya Ika, good luck yaaa ngeblognya, semoga makin banyak job review yang mampir ;)

    BalasHapus
  11. Saya pernah ngereview suatu perjalanan wisata dan ternyata fee nya sangat jauh dari harapan :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya belum ada negoisasi ya Mbak? Biasanya kan ada penawarannya di awal ya?

      Hapus
  12. Saya pernah ngereview suatu perjalanan wisata dan ternyata fee nya sangat jauh dari harapan :|

    BalasHapus
  13. Belum pernah dapat job review.. tapi pengen beli domain..gak buat demi dapat job review sih..pengen aja biar seperti teman2 *noraknya dirikuuh..hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung norak belum dilarang Mbak. Yuk norak! Hahaha

      Hapus
  14. Belum pernah dapat job review.. tapi pengen beli domain..gak buat demi dapat job review sih..pengen aja biar seperti teman2 *noraknya dirikuuh..hihi..

    BalasHapus
  15. saya justru dapet job review ketika blog saya masih gratisan, dan skrg ketika sudah berbayar, malah blm dpt job review hehehee......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dapat job review juga dari blog gratisan ini Mbak. Rezeki orang emang jalannya sendiri-sendiri ya. Hihihi. Yang penting tetap semangat nge-blog!

      Hapus
  16. Rejeki gak akan kmana dek ika...
    aku pun juga dpt job ga sesering bloger2 lain..ttpi ya alhamdulillah....
    semangat ya

    BalasHapus
  17. Ayo konsisten ngeblog biar dpt job review 😊😊
    Gutlak ya mak lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu! Konsisten ngeblog dan hadapi moody.
      Terima kasih Mak :)

      Hapus
  18. Ayo konsisten ngeblog biar dpt job review 😊😊
    Gutlak ya mak lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan mak Irma. Konsisten nulis :)

      Hapus
  19. Yg penting konsisten aja nulis.

    BalasHapus
  20. TFS..mari terus menulis..
    salam..

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah saya udah dapet malahan ada orang asing yang mengajukan permintaan beli artikel ke saya, selain dari indo.

    Ya terpenting reputasi dan popularitas blognya aja yang perlu ditingkatkan terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren sekali Pak.
      Saya harus mencontek Pak Muh nih ya. Semangat nge-blog, membaca dan BW. Biar populer blog saya.

      Hapus
  22. Gak selalu kok. Dulu waktu masih gratisan juga dapat job review. Cuma emang setelah berbayar jadi memudahkan. Rejeki gak ketuker kok insya Allah

    BalasHapus
  23. Rejeki gak akan kmana dek ika...
    aku pun juga dpt job ga sesering bloger2 lain..ttpi ya alhamdulillah....
    semangat ya

    BalasHapus
  24. pengen dapat job review tp modal dikit krn ga ada duit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, Mbak Dwi nih nggak ada duit tapi rezeki mengalir gitu. Aamiin ya Allah.

      Hapus
  25. judulnya jleb banget mba...hehe kebanyakan yg dapat job review itu yg udah punya domain sendiri ya...saya belum :)

    BalasHapus
  26. Saya udah 2 tahu pakai domain berbayar (dibeliin suami) tapi malah belum pernah nge-review produk, Mbak... Masih ngeblog buat suka2. Pengen dapat duit, tapi jalan buat job review belum terbuka. Jd dinikmati sajalah. Mudah2n ntar dapet, hi hi hi

    Rejeki nggak bakal ketukar. Modal banyak juga kalau belum rejeki ya nggak bakalan dapet, Mbak.. *sisi lain dari pesan moral "rejeki takkan tertukar".. :D ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mbak, yang penting itu tadi, ngeblog dari hati. Dan selalu berharap tulisan kita berguna bagi orang lain.

      Hapus
  27. Nabung aja dulu dikit demi sedikit mba, saya juga waktu awal beli domain nabung beberapa bulan, maklum waktu itu masih mahasiswa yang lagi kos-kosan jadi banyak kebutuhan yang lebih penting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh betul banget. Kalau dah niat pasti bisa beli domain kok ya. Sip. Terima kasih sarannya ya.

      Hapus
  28. kadang job review itu bonus dari konsistensi ngeblog,
    Salam kenal :)

    BalasHapus
  29. Bener. Semuanya harus balance :D

    BalasHapus
  30. Hihi, blog saya juga masih yang gratisan mak :p

    BalasHapus
  31. Keseimbangan memang diperlukan, tapi diusahakan motivasinya ngeblog harus lebih untuk berbagi dibandingkan untuk dapat job review :)

    BalasHapus