Thursday, 18 June 2015

7 Tips Aman Berpuasa Saat Sedang Hamil

Assalamualaikum.

Dapat ilmu dari facebook Prenagen World nih. Daripada nanti hilang dimakan timeline yang sangat padat, saya share saja di sini.

Ibu hamil ternyata aman untuk berpuasa lho, Bu. Selama Ibu hamil dinyatakan sehat dan telah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Berikut tips aman berpuasa saat sedang hamil. Silahkan disimak Bu:
  1. Saat sahur pilihlah makanan yang mengandung protein, lemak, dan vitamin C dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.
  2. Hindari konsumsi makanan yang manis saat sahur karena akan menyebabkan tubuh Ibu lemas dan cepat merasa lapar saat berpuasa.
  3. Saat sahur usahakan minum banyak air putih agar tidak cepat kehilangan cairan tubuh. Ibu juga dapat konsumsi susu hamil saat sahur.
  4. Usahakan saat berpuasa Ibu cukup beristirahat dan tidak melakukan aktivitas terlalu berat atau aktivitas yang banyak mengeluarkan energi.
  5. Ketika tiba saatnya berbuka awali dengan minuman hangat dan manis untuk meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang hilang saat berpuasa. Perlu diingat konsumsi makanan atau minuman manis harus tetap dibatasi.
  6. Hindari konsumsi makanan atau minuman dingin saat berbuka karena dapat menurunkan kinerja lambung bagi Ibu hamil.
  7. Makanlah dengan porsi yang cukup dan tetap pilih makanan dengan nutrisi lengkap.
Itulah 7 Tips Aman Berpuasa Saat Sedang Hamil. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. sayangnya dulu pas hamil, puasa itu dtg saat kandunganku 8 bln.. trs aku msh kerjakantoran jg :D.. Jd dipikir2, aku ga sanggub... makanya ga puasa pas hamil, dan kmudian aku ganti pas udh melahirkan dan lewat masa maternity :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak yg penting kita kuat apa tidak. Jangan memaksakan kehendak kita tapi si baby di dalam malah tidak sehat.

      Delete
  2. kalau untuk yang baru hamil di trimester pertama katanya dianjurkan untuk tidak puasa dulu ya, mba. moga puasanya lancar, mba Ika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu ada pertanyaan serupa dilive chat boleh puasa mbak asalkan kuat Dan tidak ada gangguan apapun misalnya perut kencang, mual, pusing, lemas, dll. Kalau sehat2 biaa puasa. Yg penting konsul sama bidan atau dokter kita.

      Aamiin makasih ya mbak Ila.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!