Saturday, 13 June 2015

Bolehkah Bumil Makan Pedas?

Assalamualaikum.

Banyak orang yang mengatakan kalau bumil itu pantangannya atau larangannya itu bejibun. Nggak boleh ini dan itu. Terkesan ribet dan kuno. Salah satunya adalah larangan makan makanan pedas.

Sekarang saya sedang hamil. Perlukah saya mengurangi kecintaan akan makanan pedas? Ah, mana bisa. Nah terus, bolehkah bumil makan pedas?

Saat ini kehamilan usia 6 bulan, hampir setiap satu minggu sekali saya makan rujak. Bahkan pernah lho satu minggu 4 kali makan rujak. Tentu sambalnya bikin keringat di atas bibir bermunculan segede biji jagung. Kalau nggak pedas kurang manteb. Apakah saya mengalami masalah?

sumber gambar di SINI
Alhamdulillah tidak. Semua baik-baik saja. Akan tetapi, pernah juga saya mencret atau diare. Nah, kalau secara medis dan menurut ahli bagaimana? Bolehkah bumil makan pedas?

Ini dia jawabannya.

“Bumil boleh mengkonsumsi makanan pedas dan tidak akan mengganggu janin. Namun, sebaiknya tidak terlalu sering, karena dikhawatirkan bumil mengalami gangguan sistem pencernaan seperti mencret atau diare.”- sumber FB Mama Care


Saya juga sempat tanya ke bidan langganan saya dan jawabannya juga sama, tidak masalah kalau tidak terlalu sering. Nah, kalau saat ini bumil mau mengkonsumsi makanan pedas jangan khawatir. Monggo. Asalkan jarang terlalu sering dan terlalu banyak. Tahu lah ya kalau yang berlebihan itu tidak baik.

Kalau Anda punya pengalaman apa selama hamil dan makanan pedas?

15 comments:

  1. Kalo gue makan gak pakai sambal seperti ada yang kurang. Beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya nih. Kalau ke luar negeri kudu bawa terasi sama cabe dari rumah. Hihihi.

      Delete
  2. Hmm... pertanyaan yang sama dulu tentang menyusui mak. Katanya ASI-nya jadi pedes, trus anaknya bisa kena diare.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak. Ada juga ketakutan akan hal ini. Apa bener ASI jadi pedeas ya rasanya? Seperti minum es juga tuh katanya juga bisa bikin anak pilek.

      Delete
  3. saya suka bgt makan pedes. Waktu hamil jg ga ada masalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weehh sip nih mbak. Jadi apa aja masuk ya ke mulut dan perut.

      Delete
  4. kalo makan nggak ada sambel atau pedes, rasanya kurang nendang....hihi
    waktu hamil bahkan setelah melahirkan, makannya tetep sama, nggak ada pantang2an..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata orang tua itu maruki yo mbak. Apa aja doyan.

      Delete
  5. senengnya yang bisa makan rujak,hakuh tersiksa,di Siak g ada apa2,mana lebaran g bisa mudik,blm boleh naik pesawat,mau ke batam juga g boleh naik kapal....huhuhu *curhat dulu*

    pernah makan pedas,mencret...g enak aja rasanya tapi masih makan pedes tapi g pedes2 banget...alhamdulillah aman,sehat2 ya bugulu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siniiii mbak buah untuk rujakan selalu ada. Hihihi.

      Wah kalau yg satu ini ternyata sensitif ya sama sambel. Tapi sambel itu emang nggak bisa ketinggalan ya.

      Sehat2 juga buatmu Mbak.

      Delete
  6. selamat atas kehamilannya mak, semoga lancar ya...hati2 kah makan pedas saat hamil, kalau ibunya sampai sakit perut repot heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa boleh ya makan pedas asal tahu aturannya. Jangan kalap lihat cabe!

      Delete
  7. Aku pas hamil jg di blg dokter obgyn ku bgni.. dan mmg kejadian sih mules2 krn diare. Tp ya udah gt gak kapok2.. untungnya jarang jg ngerujak nya entah knp ga terlalu pgn rujak. Justru pad ga hamil itu maniak bgt sm rujak yg bikin keringatan

    ReplyDelete
  8. Oh gitu ya... Thanks for sharing Mbak... jadi ngerti ^^

    ReplyDelete
  9. saya jg ngga pantang sm makanan mba.. bahkan saat menyusui pun sy tetap makan pedas, hehe.. ikan-ikanan juga.. pdhl kata tetangga2 sy makan yg pedes2, yg amis2, bisa bikin bayi mencret. alhamdulillah bayi sy kuat.. :)

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!