Friday, 19 June 2015

Halo, Password!

Assalamualaikum.

Tiba-tiba saya mendapat notifikasi dari akun facebook. Setelah saya cek kok malah saya ditandai sebuah video ‘aneh’ dari teman kuliah. Yang ditandai ada lho sampai 40 orang. Ini beneran? Bukankah teman yang satu itu agamanya kuat ya. Nggak pakai lama saya langsung mengontaknya. Dan apa jawabannya? Dia malah tidak tahu.

Kejadian itu saya alami bukan hanya sekali, ada deh kalau tiga kali dengan ‘korban’ yang berbeda-beda. Kira-kira penyebabnya apa? Salah satunya password. Akun sosial media apa sih yang tidak menggunakan password? Berapa akun sosial media yang Anda miliki? Saking banyaknya akun sosial media yang kita miliki, seringkali kita lalai tentang password.

Lalai? Misalnya, mentang-mentang laptop/netbook/PC digunakan sendiri alias tidak digunakan orang lain (seperti di warnet) kita sering tidak me-log out akun kita. Alasannya? Kan beda-beda nanti kalau lupa bagaimana?

Bagaimana dengan saya? Hihihi...saya pun seperti di atas. Karena netbook yang menggunakan hanya saya dan suami jadi tidak pernah me-log out-nya. Jadi, kalau pas menggunakan salah satu akun eh tahu-tahu harus log in saya pasti mengklik tulisan “Lupa Password” kemudian nanti tidak di-log out lagi. Hihihi...Parah! Kalau Anda? Atau jangan-jangan ada yang beberapa akun passwordnya sama semua? Hihihi...ini juga nggak aman nih, kalau nggak ketahuan orang sih nggak papa.

Password itu sepele, tapi kalau nggak diperhatikan juga bisa jadi masalah bagi kita. Misalnya seperti kasus teman saya di atas. Karena password nama baik kita bisa tercemar. Mau? No!

Nah, bagaimana agar password kita tetap aman terkendali? Berikut saya bagi tips yang saya dapatkan dari ahli ‘ke-password-an’.
  1. Buatlah password berbeda-beda untuk tiap akun.
  2. Catat password di kertas atau note dan simpan di tempat tersembunyi. Tentu saja yang tahu hanya kita. Hihihi.
  3. Jangan malas me-log out akun kita.
  4. Jangan kunjungi situs yang aneh-aneh dan berbahaya. Nanti kalau bawa virus, tidak hanya netbook/laptop/PC kita saja yang ‘sakit’, akun kita juga bisa lho.

Tips ini juga berlaku untuk smartphone kita lho? Jangan malas me-log out akun yang kita buka di smartphone. Meskipun di beberapa smartphone ada aplikasi tertentu yang bisa menghandle akun kita. Yuk, amankan password kita!

12 comments:

  1. punyaku beda2... email sama medsos jelas beda, tapiiii... masalahnya saya pelupa banget, belum 2 jam ganti password udah harus ganti baru lagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi berarti sama mbak. Saya juga gitu. Hihihi. Jalan satu2nya cateeeeettttt.

      Delete
  2. itu garagara ga log out akun ngetag video aneh gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Bisa jadi kan dihack orang kemudian ya ngetag2 nggak jelas gitu.

      Delete
  3. saya juga males log out. duh bahaya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi....kurangi rasa malasnya yuk demi keamanaaaannn.

      Delete
  4. Aku paswordnya sama semua mbak, tp tulisane acak huruf dan angka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...tips baru lagi nih. Makasih Mbak :D

      Delete
  5. paswordku beda2..dan biasanya aku catat...khawatir lupa...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan jangan malas mencatat ya Mbak :D

      Delete
  6. Pasword beda2 terutama untuk yang sering transaksi. Biar aman ya, mba.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!