Friday, 26 June 2015

Wow, ASI Bocor?

Assalamualaikum.

Memangnya ban motor, kok bisa bocor? Apa itu ASI bocor? Kenapa bisa bocor?

Sejak usia kehamilan 5 bulan, saat tidak mengenakan (maaf) bra kok ada yang beda ya pada payudara (sebelah kanan) saya. Setelah (sekarang) usia kehamilan 6 bulan kok malah dua-duanya. Kayak basah-basah sedikit lengket di baju. Apaan ini? Pas saya cek kok ada bekas air di baju. Ah, mungkin tadi ketumpahan air, pikir saya. Tak selang lama kok bekas airnya di baju semakin lebar.
Laporan deh sama ibu. Apa tanggapan ibu? Ibu malah heboh sendiri ini dan itu. Saya malah jadi takut. Ya, saya maklum juga sih, mungkin dulu ibu tidak mengalaminya. Jadi, reaksinya sangat heboh.

Ibu hamil itu harus banyak belajar. Tak melulu hanya tanya pada bidan dan dokter. Ya, kalau pas bidan atau dokternya nggak sibuk, bisa di SMS atau telepon. Klaau nggak? Solusinya ya cari info di buku, majalah, atau internet kan bisa.

Cuss deh saya googling. Yang pasti perasaan takut kalau kolostrum yang harusnya dikonsumsi si dekbay nanti pas lahir malah sudah keluar duluan-lah yang memenuhi pikiran ini. Bagaimana dengan dekbay? *tutupmuka*

Baca artikel sana-sini di beberapa web kesehatan dan parenting akhirnya saya mendapat beberapa jawaban.
  1. Ya, betul yang keluar itu adalah ASI. Seringkali disebut dengan ASI bocor.
  2. ASI bocor saat hamil adalah cairan kolostrum, warnanya bisa kekuningan atau bening, cenderung lengket.
  3. Tidak ada hubungannya kelancaran produksi ASI setelah melahirkan dengan keluarnya ASI saat hamil. Tapi kalau menurut cerita teman-teman atau keluarga yang sudah saya wawancarai *ceileh* kelancaraan setelah dan sebelum lahiran itu berhubungan. Jadi, kalau selama hamil sudah keluar, insyaAllah nanti pas lahiran juga akan cepat keluar. Benarkah?
  4. Kelenjar ASI sudah mulai bekerja sejak memasuki umur kandungan antara 14-26 minggu. Pantas saja ya?
  5. Kolostrum yang keluar tidak akan habis, itu artinya si dekbay akan tetap mendapatkan asupan kolostrum.
  6. Bersihkan payudara yang keluar ASI-nya dengan cotton bud yang dicelupkan ke air hangat agar ASI yang keluar tidak menyumbat lubang keluarnya ASI.
    sumber gambar di SINI
    Bentuk payudara (dari kiri) sebelum hamil,
    selama hamil, dan setelah melahirkan/menyusui.

Itu lah beberpa info yang saya dapatkan dari googling dan bertanya ke beberapa ahli kandungan secara online. Kalau Anda pernahkah mengalami hal yang sama seperti saya? Share yuk!

Sumber:
bayikusehat.com
@infohamil
FP: Mama Care
m.wyethnutrition.co.id
FP: Prenagen World

20 comments:

  1. bocor ngak apa2 asal bisa di simpen di botol sayang kalau keserep di breats pad ya mak heheehhe

    ReplyDelete
  2. waaah mudah2an nanti makin lancar saat dekbaynya nanti lahir yaa

    ReplyDelete
  3. Gak ngalami sampe bocor sih, cuma klo dipencet keluar
    Semoga kelak ASI-nya bancar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Ini saya nggak kepencet Mbak cuma ya itu tadi kalau nggak pake bra eh malah keluar.

      Delete
  4. Wah info baru nih soal ASI bocor.
    Semogasehat selalu ya Mbak Ika dan debay-nya ^_^

    ReplyDelete
  5. semoga nyaman dengan kehamilan dan lancar ngasinya nanti ya mbak

    ReplyDelete
  6. Belum pernah, malah baru keluar ASI pada hari ke-2 setelah melahirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda cerita lagi ya?
      Berharapnya ASI saya bisa lancar sampai nanti lahiran.

      Delete
  7. kalo pas hamil belum pernah asi keluar duluan, keluarnya pas lahiran.. semangat ngASI dah pokoknya, aku juga sempet menyusui saat hamil mak.. rasanya itu ga bisa terlupakan.. indah..

    ReplyDelete
  8. Wah, ternyata ada juga ya Mbak istilah asi bocor. Belajar hal baru nih dari tulisannya Mbak Ika.

    ReplyDelete
  9. Maaak ikaaa, masih inget aku? selamat yaaa, baru tau loh mak ika sudah hamil, ikut seneng. Semoga lancar dan sehat selalu yaa saat sekarang sampai lahiran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo....ih kemana saja? Jarang main-main sini ya. Hihihi.
      Hooh alhamdulillah, ini sudah mau 7 bulan. Makasih untuk doa Revi ya.

      Delete
  10. Ilmu baru nih mbak. Baru tau ada ASI bocor.
    Itu kira2 bisa "ditambal" biar ga bocor ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha....ban motor itu mah kalau ditambal.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!