Wednesday, 24 June 2015

Yeay, Kopdar Perdana!

Assalamualaikum.

Situ blogger? Sudah pernah kopdar atau kopi darat? Ih, blogger kalau belum pernah kopi darat dengan blogger lainnya kok rasanya kurang greng gitu ya. *kibas kerudung* Memangnya saya sudah pernah? Kebanyakan gaya nih.

Kopdar adalah sebuah istilah yang mengacu kepada ajang pertemuan antar sesama pengguna yang umumnya sudah saling kenal lewat internet atau komunikasi radio. –wikipedia

Jadi, kopdar itu bisa diartikan ‘ajang’ pertemuan dengan teman yang sering kita jumpai di dunia maya. Kalau biasanya berkomunikasi lewat chatting atau komentar di sosial media, nah di kopdar inilah akan bertemu dan ngobrol dengan teman secara langsung.

Berdasarkan pengakuan banyak orang yang sudah pernah kopdar nih ya, kopdar itu bisa jadi momen di mana kita tahu teman kita yang ‘sebenarnya’. Sebenarnya? Ya kalau misalnya ada teman yang asyik diajak komunikasi lewat sosmed, eh tahunya kalau pas kopdar malah justru diem aja, atau sebaliknya. Dan masih banyak lagi.

Berfoto bersama teman-teman blogger Gandjel Rel
Beruntungnya diri ini saat mendapat kesempatan kopdar bareng teman-teman blogger Gandjel Rel pada Minggu, 7 Juni 2015 lalu. Bisa dibilang kopdar itu disponsori oleh acara seminar yang diadakan oleh Dancow. Jujur, saya senang banget. Karena itulah kopdar pertama saya selama saya kenal blog.

Dulu ke mana saja? Keinginan kopdar pasti ada. Akan tetapi, karena jarak rumah, kesibukan kuliah, dll *banyak alasan* dengan jadwal kopdar serta lokasi kopdar selalu jadi alasan. Maklum saya tinggal di pinggiran kota Semarang.

Untuk kopdar perdana kemarin, saya juga harus berterima kasih kepada suami nih. Kenapa? Kalau dulu banyak sekali teman-teman yang meracuni saya, “eh nanti kalau sudah nikah itu nggak bisa pergi ke sana- ke mari lho”. Racun itu palsu. Justru setelah punya suami saya malah bisa pergi ke mana-mana. Perginya berdua lagi, seperti saat kopdar perdana, kemarin.
Selain bahagia, apa yang saya rasakan saat kopdar perdana?

Satu hal yang pasti, ternyata teman-teman saya itu cantik-cantik dan ramah banget. Mereka welcome. Saya malah yang canggung jadi kebanyakan diem dan mendengarkan mereka saja. Ah, bukankah saya memang seperti itu orangnya ya? Sekali diem, kalau dah berkali-kali kelihatan gilanya. Hihihi. Selain itu, banyak hal yang belum saya ketahui tentang bahasan mereka. Daripada salah ngomong, mendingan saya diem dan mendengarkan bukan. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari mereka.

Tips kopdar perdana itu...

Berikut tips kopdar perdana sekalian ikut seminar atau acara lainnya yang bisa saya bagikan untuk Anda.
  1. Pastikan dulu kalau pas hari H tidak ada acara penting lainnya. *ya iyalah*
  2. Cari tahu lokasi kopdar. Kalau letaknya jauh dan belum terlalu paham, tidak ada salahnya untuk googling atau tanya ke teman.
  3. Siapkan kostum atau dreescode, misalnya ada aturannya sih. Alhamdulillah kemarin pas kopdar perdana tidak ada aturan dresscode. Kalau ada? Hihihi..saya harus cari baju hamil. Baju saya sudah mulai tidak muat semuaaa. Hiks!
  4. Siapkan alat-alat liputan. Seperti, notebook, bolpoin, kamera (bisa menggunakan kamera digital atau HP). Sebagai saran, kalau bisa menggunakan smartphone dan kamera digital. Pengalaman, kalau pas acara banyak info yang harus ditulis kan tinggal difoto saja. Nulis gempor tangannya. Dan apa gunanya smartphone? *pastikan dulu signal oke ya?* Kan biasanya ada tuh live tweet, jangan sampai karena nggak bawa smartphone jadi melewatkan momen penting.
  5. Kalau bawa smartphone, jangan lupa bawa charger atau powerbank ya. Kalau baterai habis di tengah acara tuh rasanya gemesiiiinnn.
  6. Datang tepat waktu. Perkirakan kemungkinan terburuk, misalnya macet atau ban bocor.
  7. Hubungi teman (simpan nomor HP teman yang juga ikutan kopdar) agar saat sampai lokasi tidak linglung.
  8. Pasang senyum teramah, menyapa dan enjoy dengan kopdar perdana Anda.
  9. Pas acara, jangan pernah malu untuk ikut nimbrung difoto atau mengambil gambar ya. Bakalan rugi. Apalagi kalau mau buat liputan acara kopdar perdana itu untuk diposting di blog.

Itulah beberapa tips kopdar perdana ala saya yang baru sekali kopdar. Hihihi. *PD* Yang pasti saya tuman alias ketagihan ingin ketemu lagi sama teman-teman blogger. Semoga lain kali bisa ikutan kopdar lagi. Pesan saya, perasaan minder pasti akan muncul saat kopdar perdana, yang pasti olah rasa minder itu menjadi rasa yang positif. Percayalah, bertemu dengan banyak orang, apalagi orang tersebut lebih berpengalaman dari kita pasti akan banyak ilmu yang kita dapatkan. Masih minder? Buang jauh-jauh-lah!

28 comments:

  1. Itu siapaa sii yg pake gamis twiscone anr kerudung bunga2 .. Cantik bangettt... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...kasih tahu nggak ya? Terima kasih ya Mbak sudah jadi saksi kopdar perdana saya Mbak. Ciiiaahhhh saksi, apaan gitu ya.

      Delete
  2. Tinggal aku nih...yang belum ketemu sama mb Ika n mb Noorma, semoga kita bisa kopdaran yaa..

    ReplyDelete
  3. Huhuuyy...seru ya mba Ika kopdaran ;) Seneng sekali bisa ketemu Mba Ika pas event Dancow itu. Kopdar lagi yuuukkkk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak unieekkkkk ih senengnya bisa ketemu mbak uniek di acara kemarin itu.
      Semoga ada kesempatan ya Mbak.

      Delete
  4. Kalo kopdarnya ibu-ibu gitu suka ngrumpi ga sih? Hehe.
    Saya pernah sekali ikut kopdar. Kopdarnya Kancut Keblenger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa ngrumpi???
      Ngrumpiin apa dulu? Hihihi

      Delete
  5. Kopdaran sm tmn yg sdh lama hanya kenal dr inet emg asik ya, apalagi rame2 dan sekomunitas kayak gandjel rel, moga kpn2 bs ke semarang n kopdaran sm kalian maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuuu....kami tunggu mak kedatangannya di Semarang.

      Delete
  6. kopdar with temen-temen seru yah apalagi sambil makan-makan gituh, hehe

    ReplyDelete
  7. kapaaan yaa aku bisa ikutan, kayak seru bingits :D

    ReplyDelete
  8. senang ketemu mbak ika...sy kerudung abu2...mbak juga kopdar pertama to?

    ReplyDelete
  9. senengnya yg akhirnya bisa kopdar nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihhh mbak wiii habisnya ngiri sama mbak wiii yg sering kopdar sama teman2 blogger

      Delete
  10. Alhamdulillah udah kopdar beberapa dan jadwalnya tidak mengganggu jadwal lain.

    ReplyDelete
  11. Seru kopdarnya disponsori brand. Hehe. Moga kapan2 bisa ketemu mb Ika. Kalo mb Noorma, mba Esti dan mb Lidya udah pernah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ilaaa...saya juga pengen ketemu Mbak ila :)

      Delete
  12. asiknya, saya juga baru sekali itu pun acaranya yg bisa bawa anak, terganjal ijin abang misua juga sih hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mbak ijin suami jadi prioritas utama.

      Delete
  13. Ihihi aku paling sering kopdar sama KEB region Surabaya. Orangnya asik dan seru, jadi selalu nagih buat kumpul-kumpul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pengen bilang kalau kopdar itu bikin nagih ya dek.

      Delete
  14. Saya sudah kopdar dengan beberapa blogger tapi belum pernah rame2 gitu, :)

    ReplyDelete
  15. Seruuuu..Ah jadi pengin kopdar sama Mba Ika.
    Kapan ya?

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!