Wednesday, 2 September 2015

Bolehkah Bumil Minum Minyak Kelapa?

Assalamualaikum.

Setelah kemarin posting tentang Benarkah Wijen Bisa Menyebabkan Keguguran? dan sudah ketahuan jawabannya ya. Sekarang muncul lagi pertanyaan Bolehkah Bumil Minum Minyak Kelapa?

Tradisi. Dulu ibu saya waktu hamil saya minum minyak kelapa. Kalau kata si mbah biar mudah, mak plotroo, keluar bayinya. Makanya, ibu pun memberlakukan tradisi itu pada saya. Pun dengan harapan yang sama. Mulai usia kehamilan 7 bulan lah, setiap hari saya dianjurkan oleh ibu untuk meminum minyak kelapa satu sendok makan/hari.

Minyak kelapa ini dibuat sendiri oleh ibu. Caranya pun mudah:
  1. Pilih kelapa yang sudah tua, parut.
  2. Buat santan dari kelapa yang sudah diparut tadi, santannya yang kental (putih susu) lho ya. Jangan yang putih bening.
  3. Rebus sampai surut dan keluar ampasnya, blondo.
  4. Tunggu sampai minyak kelapa jadi sesuai dengan takaran yang kita butuhkan.

sumber gambar dari pondokibu.com
Sempat saya posting tweet mengenai kebiasaan saya minum minyak kelapa ini. Kemudian ada seorang teman yang me-reply dan mengatakan kalau sebenarnya kalau secara medis tidak ada pengaruhnya apa-apa. Ya, saya tetap saja minum minyak kelapa tersebut dengan alasan menghargai nasihat ibu. Takut kualat lah ya. Dan tentunya men-sugesti diri sendiri kalau pun memang tidak berpengaruh ya semoga tetap bisa lancar dan mudah nanti pas lahiran. Mak plotroo.

Tak disangka, saat menonton acara talk show dr. OZ, ada pertanyaan dari salah satu tamu, Bolehkah Bumil Minum Minyak Kelapa? dr. Irwan, dokter spesialis kandungan yang saat itu menjadi narasumber pun menjawab bahwa sebenarnya minyak kelapa itu justru berbahaya bagi bumil. Apalagi bumil yang usia kandungannya di bawah 38 minggu. Lho kok bisa?

Menurutnya, minyak kelapa sebenarnya berfungsi untuk memperlancar BAB. Nah, bagi beberapa bumil (setiap bumil keadaannya berbeda-beda) yang kandungannya tidak kuat, akan muncul kontraksi yang justru bisa berdampak pada keguguran. Tidak ada waktu yang tepat kapan bumil harus minum minyak kelapa. Akan tetapi, untuk menghargai tradisi atau pun nasihat orang tua alangkah lebih baiknya kalau bumil mau minum minyak kelapa saat usia kehamilan di atas 38 minggu dan mengkonsumsinya tidak berlebihan. Alasannya, apabila usia kehamilan sudah 38 minggu, bayi dalam kandungan tidak akan lahir secara prematur apabila terjadi kontraksi hebat akibat minum minyak kelapa.

Alhamdulillah ya, dasar saya hamilnya hamil kebo apa-apa masuk, selama ini tidak ada keluhan selama minum minyak kelapa. Nah, yang jadi catatan penting di sini adalah bahwa setiap bumil memiliki ketahanan tubuh yang berbeda-beda. Ada yang hamil kebo seperti saya, ada juga yang sedikit 'manja'. Alangkah lebih baiknya, kalau  ada keluhan atau mau melakukan kegiatan apapun dikonsutasikan terlebih dahulu kepada dokter, bidan, ataupun petugas kesehatan yang terpercaya.

Yuk, jadi bumil yang cerdas!

6 comments:

  1. saya pernah baca kalau VCO yg notabene pastinya sama dgn minyak kelapa yg dibahas di sini, hanya VCO cara memasaknya dgn cara menyuling, justru bagus utk ibu hamil. Bisa dicari di google ttg manfaat VCO

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah, saya 3 kali hamil dan melahirkan minum minyak kelapa sehat lancar selamat... tapi minumnya sih memang pas udah hamil tua (> 38 minggu)

    eh, udah masuk minggu 38 juga, dikasih minyak kelapa yang pertama sama yang ketiga masih betah aja di perut sampe minggu 42 :))

    ReplyDelete
  3. aku belum pernah minum minyak kelapa mbak...

    ReplyDelete
  4. Oooh gitu ya. Kalo bukan perempuan hamil minum minyak kelapa bisa kurus gak ya? Kan BAB lancar. :D

    ReplyDelete
  5. wah pas banget nech..minggu depan udah masuk 38 minggu..

    ReplyDelete
  6. aku srgnya minum kelapa ijo mba stlh kandungan di atas 7 bulan ;p..kok kayakya ga ketelan ya kalo disuruh minum minyak kelapa hihihi ;p

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!