Saturday, 31 October 2015

Modal Menikah dan Uang Sumbangan Pernikahan

Assalamualaikum

Kata orang, menikah itu harus punya modal. Modal apa? Modal madul. Hihihi. Bukan-bukan. Dalam suatu pernikahan tak hanya modal mental yang diperlukan, juga butuh modal materi untuk melangsungkan sebuah pernikahan dan kehidupan selanjutnya. Kalau modal itu sudah ada, uang sumbangan pernikahan kan bisa digunakan untuk yang lainnya. Misal untuk modal usaha. Kalau tidak? Apa kabar uang sumbangan pernikahan?


Sunday, 25 October 2015

Hasil Pemeriksaan Mata Pasca Melahirkan

Assalamualaikum.

Alhamdulilah...
Alhamdulilah...
Alhamdulilah...
sumber gambar: pesantrenonline.or.id
Kurang baik apa Allah itu sama saya? Setelah diberikan kemudahan untuk mengembalikan berat badan pasca melahirkan (Baca: Kembali Langsing Pasca Melahirkan? Bisa Kok!), kemarin saat saya cek kesahatan mata saya, dokter malah bilang, “Loh untuk apa diperiksakan, lah ini matanya normal?”

Cara Membuat NPWP

Assalamualaikum.

amplop berisi kartu npwp saya
Sekali dayung, dua pulau terlampaui. Mumpung keluar rumah sekalian deh beberapa urusan dikelarin. Lagian juga kantor BPJS dan kantor pajak wilayah Demak berdekatan.

Pas mendaftarkan Ghifa sebagai anggota BPJS (Baca: Syarat dan Cara Menambahkan Anggota Keluarga Baru untuk Keanggotaan BPJS) sekalian saya juga membuat NPWP. Untuk syaratnya sudah saya siapkan. Yaitu, KK dan KTP (milik saya dan suami). Masing-masing ada kopiannya pula.

Syarat dan Cara Menambahkan Anggota Keluarga Baru untuk Keanggotaan BPJS

Assalamualaikum.

Sejak menikah, pun setelah menjadi anggota BPJS, saya dan suami berkeinginan untuk mendaftarkan seluruh anggota keluarga menjadi anggota BPJS. Makanya, setelah lahir, Ghifa pun segera saya daftarkan menjadi anggota BPJS. Jaga-jaga saja misal sakit. Maunya ya selalu sehat. Rencana Allah siapa yang tahu?

Saturday, 24 October 2015

Kembali Langsing Pasca Melahirkan? Bisa Kok!

Assalamualaikum.

Selama hamil, tepatnya pas hamil tua saya enggan banget foto. Malu. Karena saya terlalu gendut. Sampai-sampai banyak yang bilang kalau saya nggak bakal bisa balik kurus seperti dulu lagi (baca sebelum hamil).

Wajar saja, sebelum hamil berat badan saya 52 kg. Terakhir, sebelum lahiran berat badan saya jadi 78 kg (Baca: 8 Hal yang Harus Dilakukan Bumil Setelah Divonis Memiliki Berat Badan Di Atas Normal). Nggak normal kan? Saya mikirnya yang penting saya sehat pun bayi dalam kandungan saya.

Monday, 19 October 2015

Saat Ibu Menyusui Masuk Angin

Assalamualaikum.
sumber gambar: www.petiteelle.asia
Minum es di siang bolong yang panas itu memang menyegarkan. Bagaikan oase di tengah padang pasir lah. Mengingat tenggorokan yang sensitif, saya kok mikir-mikir lagi. Mending minum air putih ah. Tapi, kalau lagi banyak aktivitas kemudian lupa minum air, jadilah dehidrasi. Kalau parah bisa jadi masuk angin.

Sunday, 18 October 2015

Saat Ibu Menyusui Terkena Diare

Assalamualaikum.

Kata banyak orang, ibu menyusui itu tidak boleh makan pedas. Nanti anaknya malah diare. Lah, ini saya makan pedas kok malah saya yang diare? Ghifa sih stay cool aja.
Ghifa sudah pinter nge-dot
Ceritanya, saya termasuk orang yang termakan mitos larangan makan pedas bagi ibu menyusui. Makanya, selama ini saya makan pedas ya bisa dihitung pakai jari. Itu saja perlu latihan. Latihan? Iya, sedikit-sedikit. Kalau misal makan sambal ya cabenya hanya satu, sayur oseng pun juga seperti itu. Nggak enak banget. Alhasil, selama ini kalau makan ya sama sayur bayam, sop, itu-itu saja. Padahal lidah saya sudah gatal banget pengen makan bebek goreng lalap sambal yang mak nyuuusss...

Wednesday, 7 October 2015

Nafas (Bayi) Ghifa Grok Grok

Assalamualaikum.

Sejak dua hari lalu, nafas (bayi) Ghifa grok grok. Kadang juga batuk-batuk. Sebagai seorang ibu baru tentu saya takut, galau segalau-galaunya, dan heboh kalau ada apa-apa sama Ghifa. Sampai-sampai saya berpikiran, apa Ghifa punya asma ya? *duh pikiran buruk jangan ditiru*

Nafas (Bayi) Ghifa grok grok ini hanya muncul atau terdengar saat Ghifa terjaga. Kalau bubuk tidak terdengar. Bubuknya masih pules banget. Ghifa juga nggak rewel-rewel banget sih. Hanya saja, kalau nenen jadi lamaaa banget.

Tuesday, 6 October 2015

Sebelum dan Sesudah Menikah

Assalamualaiakum.

Sebelum dan Sesudah Menikah. Gara-gara nonton talk show di TV yang dibawain sama Cici Panda, jadilah postingan ini.

“Breeb...brebb...breeeeebb....”

“Ummi atau Ghifa yang kentut?” tanya Abi. Saya hanya cengengesan. Coba saja kalau lagi pacaran mana berani kayak gitu ya? Yang ada kalau mau kentut pura-pura ke belakang dulu atau cari alasan lain. Jaim. Betul? Yang setuju angkat tangan!
sumber gambar dari kartun.co

Saturday, 3 October 2015

Si Tomboy

Assalamualaikum.

Si Tomboy. Kalau ngomongin masa kecil, saya bisa katakan kalau masa kecil saya lebih berwarna dibandingkan pelangi. Saya ingat-ingat dulu ya warna-warni masa kecil saya yang hobi banget:
  1. Tidur siang,
  2. Memancing ikan dan belut di sawah,
  3. Mandi di sungai depan rumah,
  4. Bersepeda hanya berkostum celana dan kaos dalam,
  5. Main betengan dan petak umpet,
  6. Ikutan main bola plus nonton bola,
  7. Punya rambut pendek layaknya anak cowok,
  8. Beli mainan pistol-pistolan yang bisa bunyi dor dor dor dor dor. 

Thursday, 1 October 2015

Cara Allah Melindungiku

Assalamualaikum.

Cara Allah Melindungiku. Apa kata orang kalau perempuan berhijab pulang tengah malam? Bagaimana perasaan Anda jika teman Anda sering dilirik laki-laki sedangkan Anda tidak? Selain kedua hal itu ternyata ada yang Anda dapatkan dan hal itu (mungkin) tidak didapatkan oleh orang lain. Yaitu, perlindungan Allah yang begitu sempurna.

Saya bukan termasuk perempuan yang berhijab syar’i. Bahkan, saya masih mencari jati diri saya dalam berhijab. Bagaimana tidak? Saya masih sering tergoyahkan dengan pendapat orang. Terutama, takut dikatakan tua dan udik. Tapi, saya selalu berusaha istiqomah. Dan kalau bisa berusaha untuk selalu meningkatkan taraf ke-istiqomahan saya.