Thursday, 19 November 2015

Inilah Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Assalamualaikum.

Anak-anak yang tak nafsu makan pasti membuat Anda merasa khawatir. Anda akan takut kalau kebutuhan nutrisi harian anak jadi tak terpenuhi dengan baik. Memaksa anak-anak untuk makan pun tak ada gunanya karena anak justru akan merasa ketakutan dan makin enggan makan.

Sebagai orangtua cerdas di zaman modern, Anda harus lebih mahir menyiasati nafsu makan anak yang menurun. Bila bujukan Anda tidak memberikan hasil yang diharapkan, perhatikanlah beberapa cara kreatif berikut ini :

Mengkreasikan Makanan Favorit Anak
Anak-anak biasanya menyukai makanan bercitarasa gurih yang siap saji seperti nugget, sosis, atau ayam goreng. Jika buah hati Anda menyukai jenis makanan tersebut, siasati dengan membuatnya sendiri di rumah. Nugget atau ayam goreng buatan Anda bisa dikombinasikan dengan bahan yang bergizi seperti potongan sayur-sayuran.
sumber gambar di sini
Cara ini akan membuat buah hati Anda mengkonsumsi makanan bergizi dengan lahap.

Mengajak Anak untuk Membuat Makanannya Sendiri
Buah hati Anda akan menjadi lebih bersemangat jika Anda melibatkan mereka saat membuat makanan. Menyantap kreasi makanan buatan sendiri menjadi suatu kebanggaan bagi anak-anak. Izinkan buah hati membantu Anda memasak sambil memperkenalkan aneka bahan makanan bergizi di dapur Anda.

yuk ajak anak-anak memasak bersama

Buatlah Tampilan Makanan Semenarik Mungkin dengan belanja cetakan makan di toko online www.mataharimall.com. 

Warna makanan yang menarik dengan bentuk lucu membuat buah hati Anda jadi penasaran dan ingin mencicipi rasanya. Kini membuat aneka bento box lucu bukanlah hal sulit jika Anda memiliki peralatan untuk membuatnya. Pengalaman belanja di MatahariMall siap Anda jelajahi. Aneka bahan makanan bergizi dan perlengkapan makan anak bisa Anda dapatkan kapan saja. Referensi resep yang sudah Anda miliki bisa dipraktikkan setelah Anda memiliki perlengkapan dapur dari MatahariMall.

Membuat Suasana Makan Senyaman Mungkin
Suasana makan yang nyaman akan membuat buah hati Anda selalu menantikannya. Berikan perhatian penuh pada si kecil di waktu makan. Ajaklah ia menyantap makanannya dengan santai sambil bergurau mengenai hal-hal seru yang disukainya.

Tak ada alasan untuk menyerah pada kondisi si kecil yang tak nafsu makan. Persiapkan diri Anda menjadi orangtua cerdas yang kreatif bersama bahan makanan dan perlengkapan dapur spesial dari MatahariMall.

15 comments:

  1. Kadang-kadang anak yang punya nafsu makan baik pun mengalami hari-hari sulit makan. Pengen nyobain bikin bento tapi suka gak sabaran sih akunya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak betul banget. Awalnya nafsu makannya ya bagus-bagus saja eh tiba-tiba jadi nggak doyan juga ada. Mungkin badannya lagi nggak enak atau sebab lainnya.
      Hihihi. Buat bento memang susah-susah gampang ya Mbak. Karena ya itu tadi butuh kesabaran ekstra.

      Delete
  2. anak-anak itu mood moodan yaah, kadang cuma pakai tempe mendoan saja, mereka bisa lahap makan sendiri. Giliran pakai ayam goreng karena gorengnya kekerasan enggak mau makan, padahal makanan kesukaannya.

    Yang penting adalah ibunya ya, kudu sahbaaar

    ReplyDelete
  3. anak susah mkn ini memang bikin pusing mba... ankku ampe disuruh ke dokter gizi ama dokter anaknya gara2 berat bdnnya msh kurang -__-.. udh dicoba cara2 yg di atas, tp ttp aja susah.. lgs lahap kalo makanannya dibuat ama neneknya yg masalahnya tinggal di medan ;D.. akupun udh minta resepnya ke mama, tp nth knpa kalo yg masak org lain, anakku sprti tau dan ga mau dimakan..rasanya emg ga seenak mamaku mungkin -__-

    ReplyDelete
  4. Harus kreatif ya Mbak membuat makanan yang unik dari segi tampilannya ^^

    ReplyDelete
  5. membuatkan makanan untuk anak memang menjadi tantangan bagi para ibu yah mbak :)
    bukan hanya enaknya saja, tapi yang paling penting adalah standar gizi yang harus di penuhi :)

    ReplyDelete
  6. Anak saya makannya lahap kalau cuma pakek lauk krupuk atau tempe Aja. Emaknya udah berusaha umpetin lauk lain tapi tetep kerasa terus lauknya dilepeh nasinya yang di telan :(

    ReplyDelete
  7. mi nya lucu deh dijadiin rambut...

    ** orang tua jaman sekarang memang harus kreatif memodifikasi menu makan anak-anak ya mbak... :)

    ReplyDelete
  8. kalo bayi yg mulai mpasi gimana mba? temenku ada yg sampe mumet tanya sana sini anaknya klo makan disembur pas mulai mpasi

    ReplyDelete
  9. Sepupuku umur 7 tahun paling susah makan Mbak. Tapi sayangnya meski udah nyobain 3 tips di atas, dia tetep susah makan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah nyobain ganti makanan dalam bentuk lain nggak mbak? Misalnya membuat puding kan kalau anak-anak banyak yang suka tuh nah bisa tu pudingnya dibuat dari blenderan buah dan sayur.

      Delete
  10. Selalu penasaran pingin nyoba bikin bento yg cantik...tapi gerabak gerubuk di pagi hari bikin gak konsen buat nyetak bentonya.

    ReplyDelete
  11. Jangankan anak anak. Aku aja makannya mood mood an selalu melihat makanan dr sejarahnya. Misalkan makanan belinya ama penjual jahat aku gak kolu mangan hahahhaa ... Makan masakannya orang yang suka ngomel aku juga gak kolu.... Nek ngunu ki piye kwkwkwk

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!