Thursday, 29 December 2016

Tips Berbagi Hadiah dengan Orang Terkasih


[Sponsored Post]


Tahun baru ada acara apa bareng keluarga? Mumpung bersamaan dengan liburan semester, kumpul keluarga jadi alternatif paling murah untuk mengisi malam pergantian tahun baru ya?

Di keluargaku sendiri ada rencana mau bakar-bakaran gitu. Mau bakar apa? Mau bikin bakso bakar, cakar bakar, tempuran bakar, dan masih banyak lagi. 

Wednesday, 28 December 2016

Kamu Punya Ambeien? BAB-mu Berdarah? Begini Cara Mengatasinya



Kamu punya ambeien? Sudahlah nggak usah malu ngakuinnya. Aku juga punya kok. Hahahaha. Kamu tak sendiri kan?

Postingan  Kamu Punya Ambeien? BAB-mu Berdarah? Begini Cara Mengatasinya bisa tayang salah satunya karena postingan ini >> Punya Ambeien Saya Bisa Melahirkan Normal. Karena postingan itu, banyak sekali email yang masuk ke inbox ku. Paling banyak sih menanyakan, apa sih obat tradisional untuk ambeien?

Thursday, 22 December 2016

Toilet Training Kak Ghifa Hari Ke-2




Sekitar jam 1.30 pagi, Kak Ghifa tampak resah. Guling kanan, guling kiri. Mau pipis nih, pikirku. Kuangkatlah dia. Eh, malah nangis.

"Pipis di kamar mandi yuk, Kak."

Eh malah meronta-ronta minta rebahan. Aku rebahin lagi.

"Ayo, sayang kalau pipis di kamar mandi, yuk!"

Wednesday, 21 December 2016

Yogyakarta; Daerah Istimewa yang Selalu Memaksa untuk terus Dikunjungi


[Sponsored Post]


sumber gambar: Id.wikipedia

Libur telah tiba,

Libur telah tiba,

Hatiku gembira.

Liburan semester 1 ini mau ngajakin keluarga ke mana? Mau liburan yang murah tapi tetap menyenangkan? Kenapa nggak ke Yogyakarta aja?

Diberi julukan Daerah Istimewa Yogyakarta, daerah yang satu ini memang benar-benar istimewa dari segala sisinya. Maka tak heran, banyak orang yang ingin mengunjungi daerah kesultanan ini untuk merasakan kekayaan kuliner dan alam yang ditawarkan. Selain karena kuliner dan wisatanya yang sudah terkenal, orang-orang yang datang ke Yogyakarta biasanya memang mencari tempat yang pas untuk liburan murah.

Tuesday, 20 December 2016

Terimakasih telah Mengingatku, Pak


Pohon-pohon di pinggir jalan bergoyang kencang. Jas hujan yang ku kenakan seakan ingin terbang. Butiran air yang jatuh begitu menyakiti kulitku. Ku lirik ke atas, langit hitam pekat.

Ingin rasanya berteduh bersama pengendara lain. Tapi percuma. Tubuhku juga sudah basah kuyup. Terlebih lagi PD ku sudah kencang, pertanda Kak Ghifa harus nenen.

sumber gambar di sini

Sunday, 18 December 2016

Persiapan dan Toilet Training Kak Ghifa Hari ke-1


Berawal karena ada ruam popok di selangkangan Kak Ghifa sebulanan yang lalu, tiap kali kupakaikan diaper dia selalu merengek kemudian nangis di pojokan. Duh, gawat pikirku! Aku nggak siap kalau harus nambah cucian dan rela ganti celana dia di tengah ngantuk yang mendera. Esoknya aku dan suami kan harus bekerja. Bakalan ngantuk nih. Ah, mungkin nanti kalau ruam popoknya sembuh juga mau pakai diaper lagi, pikirku. Tapi apa?

Kelar ruam popoknya, alhamdulillah Kak Ghifa mau dipakaikan diaper lagi. Tapi itu hanya dua hari. Hari ini, hari ketiga setelah ruam popoknya sembuh dia mulai menolak lagi pakai diaper. Mungkinkah ini pertanda kalau Kak Ghifa siap untuk toilet training? Siapkah aku? Karena selama 15 bulan kemarin Kak Ghifa memakai diaper selama 24 jam. Bukankah toilet training itu juga membutuhkan hati ibu yang legowo bin sabarin subur?

Lihat gayanya, duh, lucu banget.
sumber gambar: pixabay.com

Wednesday, 30 November 2016

Saat Uang Begitu Menggoda


"Maaf, Mbak Ika jadwalnya sudah full."

Setelah itu gantian ada SMS masuk, "Bulik Ika, Ais mau ikut les. Punya waktu kosong hari apa?"

Sampai postingan ini ku publish, SMS itu belum aku balas juga.

Sebelumnya, dua bulan lalu, aku juga menolak seorang murid baru. Bukan bermaksud sombong atau lainnya. Aku sebenarnya juga mau banget kalau dapat pemasukan lebih. Terus kenapa?

sumber gambar: pixabay.com

Wednesday, 23 November 2016

Ibuku, Bagaikan Bola Bekel


Suatu ketika saat tarawih di masjid,
"Ini kakak adik ya?" tanya seorang nenek sambil melipat mukena yang mulai pudar warnanya. Aku tak mengenalnya. Bisa jadi ia hamba Allah yang sedang melakukan safari masjid.

Keheranan seorang teman saat aku memosting foto ibu di sosmed,
"Ini ibumu apa kakakmu? Kok masih muda banget?"

Saat belanja ke pasar, pedagang plastik selalu berkata yang sama ketika bertemu kami, "Kakak sama adik yang akur ya?"


Sunday, 20 November 2016

Serangga Kecil Utusan Allah


"Mi...nggak sholat isya dulu?"

"Bentar, nenennya belum lepas." aku masih asyik dengan HPku.

Pulas.

Aku tersadar saat Kak Ghifa terbangun minta nenen. Tenggorokanku tercekat. Haus banget. Ah, seperti habis ngapain aja.

Sumber gambar: pixabay.com

Thursday, 10 November 2016

Jaga Anakmu Baik-baik



Terdengar lirih kabar duka itu dari toa masjid di pojok Selatan desaku. Anak usia 2,5 tahun meninggal tenggelam di sungai. Hatiku ngilu.

Di grup WA IIDN dan Gandjel Rel, Mbak Dedew melempar kabar kalau ada anak 1 tahun ketinggalan di BRT. Mak-nya sudah turun. Lupa atau apa aku tak tahu pasti. Makin ngilu hatiku.

Piye to?
Ke mana ibunya?

Wednesday, 9 November 2016

Perut Kembung Mengganggu Tidur Malam Anakku, Punya Solusi?


Barusan aku BW ke blog teman dan pilih label parenting. Di artikel temanku itu aku ketemu lagi sama kalimat, "Tidur malam yang nyenyak sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang si kecil." Blaik! Aku jadi ingat soal tidur malam Kak Ghifa.

Seringkali kalau malam, Kak Ghifa rewel banget. Nggak sampai bangun sih, tapi mulutnya ihak-ihik dan kelimpungan ke sana-ke mari. Setiap kali aku cek, eh, ternyata perutnya agak keras dan bunyi mbung mbung mbung, kembung.

Kak Ghifa bobik pules yaaa

Monday, 7 November 2016

Anakku (Langganan) Sakit?


Kata mereka, anakku langganan sakit. Dikit-dikit sakit. 2 minggu sehat 2 minggu kemudian sakit lagi. Siapa sih yang mau punya anak 'pesakitan'? Maunya juga sehat terus.

Anakku mulai langgan sakit itu sejak usia 8 bulanan. Ada orangtua yang bilang, "Biasanya nanti kalau sudah umur 1 tahun juga sudah berkurang kok sakitnya."

Ah, nggak juga. Nyatanya anakku sudah usia hampir 14 bulan masih sering sakit. Seperti sekarang ini nih. Awalnya dia pilek, kemudian demam. Sehari setelahnya batuk disertai demam tinggi. Kalau sudah seperti ini pasti ogah makan. Tapi bagusnya, dia tetap ceria, muterin rumah sampai yang ngintili capek sendiri. Dia mana ada capeknya?

Anakku langganan sakit

Saturday, 5 November 2016

Pembiasaan Oh Pembiasaan


Mengajar di kelas 1 itu tantangan tersendiri bagiku. Pola pikir mereka yang sangat sederhana seringkali membuatku jungkir balik mencari cara piye agar mereka paham apa yang aku sampaikan. Ternyata kuncinya hanya satu, pembiasaan.

"M...kaki 3.....n....kaki 2....."

Atau,

"H..kursi terbalik."

Sejauh ini, mereka terbiasa dengan awal pembelajaran dengan mengingatkan pelajaran yang sudah lalu, kemudian menulis hari dan tanggal, kemudian judul materi yang akan dipelajari. Seperti itu. Kalau aku lupa sedikit saja, mereka pasti berteriak mengingatkan.

Friday, 4 November 2016

Karakter Muridku: Santri-Tukang Telat


Aku heran, bagaimana pola pikir orangtua mereka? Kenapa santri yang masuk di sekolah kami, hampir 90℅ nya bermasalah? Misalnya, anaknya nakal, keluarganya broken home, atau orangtuanya tak sanggup lagi mendidik mereka.

Lah kok?

Aku juga orangtua. Seorang ibu pula. Amit-amit jabang bayi misalnya anakku bermasalah. Tapi apa ya nggak malah salah kaprah misalnya memasukkan anaknya di pondok pesantren karena bermasalah? Terus tanggungjawabnya sama Gusti Allah piye?

Sumber gambar di sini

Thursday, 3 November 2016

Sepatu Sepak Bola dan Cita-Citaku di Waktu Kecil

[Sponsored Post]

Jam dinding sudah menunjukkan pukul 07.00. Kok belum pada baris ya? Mau upacara bendera jam berapa?

Aku keluar kelas. Ku dapati parkir motor masih sepi. Pada telat nih.

"Nggak upacara ya, Bu?" tanya muridku.

"Nunggu guru yang lain dulu ya, bu guru kurang tahu. Siap-siap saja, topinya dipakai."

Akhirnya, upacara pun dimulai ditemani dengan kemanyunan atasan karena banyak guru yang telat. Aku berdiri di belakang kepala sekolah sambil sesekali mengawasi muridku. Saat aku menebarkan pandangan, mataku tertarik dengan sesuatu yang mencolok, hijau ngejreng warnanya.

Wednesday, 2 November 2016

Karakter Muridku: Tendangan Maut Miftah


Baru juga selesai berdoa, lah Miftah kok sudah sibuk sama umbulnya.

"Miftah, masukkan umbulmu di dalam tas!"

Dia tak bergeming.

"Miftah..." mak lampir mengeluarkan suara paling manis sejagad raya.

Tuesday, 1 November 2016

Karakter Muridku: Anti, Si Tak Sabar


Dari 36 muridku, ada satu anak yang menurutku pola pikirnya sudah berbeda dari teman-temannya. Namanya Anti.

Pernah suatu hari saat pulang sekolah, aku selalu membiasakan teknik tebak-tebakan membaca tulisan di papan tulis. Siapa yang bisa membaca, angkat tangan, kalau betul, pulang. Nah, saat itu Anti ini angkat tangan pertama kali, betul pula. Bersalamanlah dia ke arahku sesampainya di depan pintu,

Monday, 31 October 2016

7 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Api Abadi Mrapen di Grobogan


Pas zaman masih sekolah, aku itu suka sekali cari sekolah yang beda teman dan letaknya agak jauh dari rumah. Simpel sih alasannya, mau cari suasana baru. Tapi karena letak rumahku yang jauh, wajar saja kalau temanku jarang banget yang ke rumah. Lha rumahku aja mereka nggak tahu. Hihi.

"Rumahmu mana sih?"

"Gampang, kamu tahu Api Abadi Mrapen?"

Thursday, 27 October 2016

Silih Berganti Sampai Tak Ingin Gila


Pernah ada teman blogger yang kirim BBM kira-kira isinya seperti ini.
"Dari tulisanmu, kamu itu orangnya ambisius dan perfeksionis ya? Benar nggak?"
Aku hanya jawab dengan tulisan, "Hahahaha..."

Tawaku itu penuh arti. Ternyata selama ini aku ngeblog sudah berhasil menyampaikan jati diriku yang ambisius dan perfeksionis kepada pembaca. Tapi sesungguhnya bukan itu tujuan utamaku ngeblog.

Sunday, 23 October 2016

Beli Kacamata Secara Online? Bisa Kok!


[Bukan Sponsored Post]

Loh, buat apa beli kacamata lagi? Bukannya mata ini sudah normal kembali setelah melahirkan?


Normal apanya, lha ternyata mataku masih minus kok. Nggak tahu ya, diagnosis dokter yang salah atau apa. Loh?

Aku ngerasa ada yang nggak beres sama mataku itu sekitar 3 bulan terakhir. Setiap kali di depan netbook, megang HP agak lama, atau menempuh perjalanan jauh, ujung-ujungnya kepalaku pasti pusing dan hidung bagian atas jadi kenceng. Kalau sudah seperti itu, mau ngapa-ngapain jadi terganggu.

Beli kacamata secara online? Bisa kok!

Wednesday, 19 October 2016

Kisah Menyakitkan di Hari Pertama Mengajar


Belum juga diwisuda, aku sudah dapat tempat untuk wiyata. Tak ada salahnya kan kalau saat itu aku berbangga diri? Ehm...jangan dibayangin ya betapa sombongnya diriku kala itu. Padahal kalau dipikir-pikir, aku bisa dapat tempat wiyata karena bantuan (dulu-calon) kakak iparku yang kebetulan bekerja di kantin sekolah itu. Hihihi.

Aku masih ingat betul, hari itu hari Rabu. Dengan berpakaian rapi dan bersepatu pantofel, aku datang ke sekolah membawa lamaran kerja. Sayang, hari itu aku tidak mujur. Kepala sekolah baru saja keluar. Alhasil, aku pun pulang dengan tangan kosong.


Keesokan harinya dengan semangat yang menggebu, aku pergi ke sekolah lagi. Alhamdulillah, berjodohlah aku dengan kepala sekolah. Aku ditanya dengan pertanyaan ini dan itu sesuai dengan lamaran kerja yang ku tinggalkan kemarin. Selain aku dan kepala sekolah, ada juga dua guru sepuh yang ikutan nimbrung. Jangan dibayangkan seperti tes wawancara yang menegangkan ya, di sana kami hanya ngobrol-ngobrol ringan. Sampai pada pertanyaanku,

Monday, 17 October 2016

Kebahagiaan Anak-Anak Itu Murah Harganya


Setiap hari bergelut dengan anak-anak, ada-ada saja cerita yang ku dapatkan. Aku sendiri sedikit lupa bagaimana cerita masa sekolahku dulu. Ada sih yang diingat, tapi tak banyak. Pertanyaan ku, apakah aku dulu juga sepolos mereka ya?

Anak-anak itu memang polos dan apa adanya. Bahkan soal arti bahagia. Aku sering melongo mendapati hal-hal yang menurutku-sebagai orang dewasa- kok kayak gitu lucu ya? Cuma seperti itu mereka bisa tertawa?

Ada satu cerita, begini..

Model tas anak-anak
Sumbe gambar di sini

Monday, 10 October 2016

Haruskah Anak-anak Menjadi Korban?

Jangan sampai hanya karena kepentingan satu atau dua orang, anak-anak jadi korbannya. Ini masalah perasaan lho. Kasian kan kalau ada luka di hati mereka *ceileh lebay*

Aku sangat kaget saat ada selentingan kabar soal rolling kelas lagi (versi 3). Apa-apaan ini?

***

Semua berawal di tahun ajaran 2016 ini.

Thursday, 6 October 2016

Sudahkah Bersyukur Hari Ini?


Pernah nggak ngerasa kalau dirimu itu nggak seberuntung orang lain? Kok orang itu bisa beli mobil. Ehm...si A malah rumahnya direnovasi mulu. Pernah? Aku juga. Manusiawi? Iya lah. Asal nggak keblabasan.

Sesekali iri sama orang itu boleh. Asalkan nggak jadi sirik ya. Tetangga punya apa eh besoknya maksa suami buat beli. Ih, dijamin hidupmu nggak bakal lama. Hahaha. Eh ini beneran lho sudah ada realitanya di sekitarku *ups

Thursday, 29 September 2016

#Ngobrolbloggersmg: Mulai dari Hobi Makan sampai Urusan Dompet Digital

Akhirnya ketemu teman lainnya setelah nyasar

“Lho...lho...salah, Bi, jalannya, bukan ke sini, salah jalur, balik lagi, balik lagi.” Teriak saya sambil tangan kanan menepuk punggung suami sedangkan tangan kiri memegang HP dengan GPS yang on.

“Bisa nggak sih baca petunjuknya?”

Wednesday, 28 September 2016

Kok Nggak Sekolah Lagi?


Akhir-akhir ini banyak banget yang nikah ya? Jangan- jangan karena tahun besok tahun duda? Kata orang sih. Hihi.

Ikut senang, karena teman kuliahku juga banyak yang mengikuti jejakku. Nah, otomatis aku juga berkesempatan bertemu lagi dengan teman-teman kuliahku.

Dari sekian banyak teman yang aku temui, hampir semuanya bertanya, "Kok nggak sekolah lagi?"

Sunday, 25 September 2016

Soal Makan Kak Ghifa

Ibu mana yang tidak galau hatinya melihat buah hati susah makan? Pas awal MPASI kan Kak Ghifa mudah banget makannya, lap lep lap lep. Ku kira itu akan berjalan mulus sampai seterusnya. Eh, ternyata aku merasakan betapa galaunya punya anak yang susah makan.

Sempat aku membaca status teman yang mengalami hal sepertiku. Keluhannya sama, anak kami susah makan saat ketemu dengan nasi.

Tuesday, 13 September 2016

7 Alasan Solaris Hotel Kuta Menjadi Pilihan Tempat Menginap Saat Berlibur


Postingan sebelumnya, saya bahas soal pakaian dan gadget yang tidak boleh ketinggalan saat liburan. Nah, kali ini saya ingin membagikan info hotel yang pas banget untuk melengkapi liburan Anda yang berkesan. Hotel apa itu? Ya, Solaris Hotel Kuta.

Penampakan dari depan hotel
Bali, masih menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan luar maupun domestik. Tak terkecuali saya sendiri. Pernah sih sekali ke Bali, pas zaman SMA, dan kini kalau diberi kesempatan ke Bali inginnya bareng keluarga ramai-ramai pasti seru banget. Semoga suatu hari akan terwujud, tolong amiin-kan bersama ya. Hihihi. Terima kasih.

Wednesday, 7 September 2016

Kilatnya Pelayanan Samsat Online Kabupaten Demak

Hari ini saya mangkir dari ngajar. Sebenarnya nggak tega ninggalin anak-anak, mereka pasti kangen saya deh. Dijamin besok pada meluk saya kalau saya datang. Yeay! PD maksimal.

Samsat Online Kabupaten Demak

Daftar Pakaian dan Gadget yang Wajib Dibawa Saat Liburan


Setelah kemarin nulis tetnat tips merencanakan liburan yang berkesan, kali ini mau ngomporin soal liburan lagi nih. Apa itu? Saya share berkaitan dengan pakaian dan gadget yang wajib dibawa saat liburan ya. 

Setiap harinya, orang bekerja untuk mendapatkan uang dan pengalaman yang akan berguna di masa depan. Berangkat kerja di pagi hari dan pulang malam hari, kepanasan dan kehujanan, serta macet selalu menghantui. Di balik kerja keras, sebenarnya ada satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang padahal hal ini sangat penting. Tahu apa yang saya maksud?  Ya, hal itu adalah liburan.

Sumber foto: www.izwie.com

Monday, 5 September 2016

Tips Menyusun Liburan Keluarga yang Berkesan Bersama Sun Life


“Anda suka nyinyir, nggosipin tetangga, dan stalking sosial media mantan? Awas, Anda termasuk golongan manusia-manusia kurang piknik.” Nah lho...


Mendengar kalimat MC, Mbak Mayang Charisma (penyiar radio kondang jaman saya SMA nih) di atas, saya malah cekikikan sendiri. Lah kok saya banget. Kurang pikniknya lho ya.

Monday, 29 August 2016

Resep MPASI: Nasi Gurih


Pas pasang foto ini jadi DP BBM saya, tiba-tiba ada teman yang BBM. “Loh, anakmu masih makan bubur-bubur gitu ya? Apa nggak ini, itu, dan ono...??”

Saya senyumin aja. Heran aja, hari gini masih ada aja yang sok-sok-an paling OK dalam urusan ngasih makan anak ya. Eh.

Monday, 22 August 2016

Memar di Kepala Bayi


Kok bisa memar? Jatuh? Iya Kak Ghifa habis jatuh.

Di mana saya? Inilah pelajaran berharga (lagi) buat saya. Begitu percayanya saya kepada anak usia 4 tahun untuk menjaga Kak Ghifa sedangkan saya malah asyik ngobrol *lemparsandal*.

Beberapa hari yang lalu, saya begitu syok saat mendengar suara, “mak buk”. Kak Ghifa sudah terkapar di lantai dan nangis sekencang-kencangnya. Segera saya angkat dan saya cek kepalanya. Ada memar di kepalanya. Tak berdarah tapi saya yakin itu sangat menyakitkan dan mengagetkan baginya.

Friday, 1 July 2016

3 Alasan Untuk Tampil Memakai Hijab


Dulunya, saya itu tomboy. Hobi banget main basket dan sepak bola. Pede memakai celana pendek sepaha dan merasa puas tiap kali melihat potongan rambut yang pendek. Kalau ditanya kenapa akhirnya saya berhijab? Karena saya mulai merasa risih dengan pandangan liar laki-laki di luar sana. Mungkin inilah hidayah-Nya.

Ngomong-ngomong soal berhijab, berhijab adalah salah satu keputusan yang sulit bagi mereka yang tidak terbiasa. Namun, terasa lebih mudah bagi mereka yang sudah terbiasa. Agama Islam sendiri telah memberikan sebuah aturan khusus bagi umat-Nya untuk menutup aurat dengan pakaian yang sopan dan baik. Apalagi untuk wanita yang hampir seluruh badannya menjadi aurat yang mesti ditutupi.


Thursday, 30 June 2016

Insiden Berdarah


Semenjak menjadi ibu, saya baru tahu kalau apapun yang terjadi pada anak kita, yang disalahkan pertama kali adalah ibu. Betul begitu? Ya, menjadi ibu itu tidak mudah. Berat. Tanggung jawabnya besar.

Awalnya dulu saya mutungan, ngambek tiap kali disalahkan kalau terjadi sesuatu pada Kak Ghifa. Tetapi, makin ke sini keadaan mengubah saya. Meskipun jengkel, saya sering diam saja.

Malam itu, seperti biasa Kak Ghifa merangkak ke sana-sini. Tiap kali ada yang manggil namanya, dia jadi gemas, lalu mendatangi orang tersebut dan memberikan hadiah berupa gigitan.

Wednesday, 29 June 2016

Mau Dapat Kulkas Baru Bergaransi? Ketahui 3 Tips Ini


Kulkas di rumah saya itu termasuk baru. Kira-kira satu tahun yang lalu saya membelinya. Pas beli kulkas tersebut, jujur saya ambil yang harganya paling pas buat kantong saya. Tak ada pertimbangan lain. Karena asal itulah, belum ada sebulan, pintu freezernya sudah copot. Hihihi. Kalau Anda, apa yang Anda pertimbangkan saat membeli kulkas?

Bicara tentang kulkas atau lemari pendingin, barang elektronik ini merupakan salah satu yang harus ada di rumah. Apalagi untuk saya yang saat ini punya bayi. Kulkas sangat berguna banget untuk menyimpan ASIP ataupun makanan untuk MPASI Kak Ghifa. Selain memiliki banyak fungsi dan kegunaan seperti tempat menyimpan buah dan sayuran, kulkas juga bisa memberikan suasana dapur saya menjadi lebih indah.

Monday, 27 June 2016

7 Hal Ini Bisa Bikin Busui Tetap Tampil Gaya di Hari Lebaran


Pernah dikejar hujan? Bagaimana rasanya? Biasa aja? Iya, lah situ naik mobil, kalau naik motor baru tahu sensasinya. Hihihi. Loncat-loncat mau jatuh gimana gitu dari jok motor. Apalagi tahu-tahu si kecil yang ada dalam dekapan meronta minta nenen pula. Duh! 

Kejadian ini terjadi saat usia Kak Ghifa 3 bulanan. Ceritanya kan pulang dari rumah nenek (mertua saya). Sebenarnya sih sudah nunggu sampai hujan reda. Tapi nggak tahu kenapa pas di jalan malah mau hujan lagi. Mau menginap, paginya saya harus sekolah, suami juga kerja. Yo wis, nekat.

Wednesday, 22 June 2016

2 Perjalanan, 2 Tujuan, dan 4 Kesan yang Sama


Misi melunasi mimpi ibu

Kita semua ingin memberikan yang terbaik untuk kedua orang tua, terutama ibu. Sekalipun apa yang kita lakukan itu tak bisa membalas semua yang telah beliau lakukan selama ini. Awal bulan lalu, alhamdulillah saya bisa melunasi satu mimpi ibu yang kemungkinan bagi orang sepele tapi bagi ibu saya justru sangat berarti. Apa itu? Berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah.


Tuesday, 21 June 2016

Perlu Nggak Sih Beli Baju Baru untuk Lebaran?


Hayo jujur, perlu nggak sih beli baju baru untuk lebaran?

“Perlu lah. Nanti orang-orang bajunya baru-baru aku nggak sendiri. Malu lah.”
“Perlu banget.”
“Baju di almari masih banyak yang bagus.”
“Ah, nggak harus deh. Baju lebaran kemarin juga masih.”
“Lihat budget dulu.”

Perlu Nggak Sih Beli Baju Baru untuk Lebaran?

Thursday, 16 June 2016

Semalam Suntuk Bayi Muntah Lebih dari 10 Kali


Setiap bayi memiliki cerita yang up dan down-nya sendiri. Sama halnya dengan Kak Ghifa. Sore itu Kak Ghifa sedang aktif-aktifnya merangkak dan berlatih berdiri. Makan ini dan itu, main guling-guling di kasur, ketawa-ketiwi, setelah capek akhirnya dia pun tidur. Selang 2 jam, dia terbangun, batuk dan akhirnya muntah. Semua yang ada di dalamnya keluar. Apa yang terjadi?

Selasa lalu, mulai pukul 21.00 sampai pukul 03.00 dini hari, Kak Ghifa muntah terus menerus. Tidur setengah jam, perutnya krucuk-krucuk, guling-guling, kemudian muntah. Saya nenenin, tidur lagi, guling-guling, perutnya krucuk-krucuk, muntah. Minum air putih, lagi, guling-guling, perutnya krucuk-krucuk, muntah lagi. Begitu terus. Pokoknya apapun yang masuk pasti keluar lagi. Untung saya tak sendiri, ada suami yang mau diajak kerja sama.

Monday, 13 June 2016

Sempat Sehari Bolong Berpuasa, Inilah Pengalaman Pertama Saya Berpuasa Sambil Menyusui Kak Ghifa


Aneh, seharian lancar, malah setelah buka puasa di hari pertama bulan ramadan tahun ini saya langsung KO. Badan rasanya lemas, kepala kliyengan (tak kuat jalan), dan persendian terasa sakit semua. Apa yang terjadi? Apakah saya memutuskan untuk tidak berpuasa?

Ramadan ini adalah kali pertama saya berpuasa sambil menyusui. Kak Ghifa saat ini berusia 9 bulan dan tentunya sudah MPASI. Loh sudah MPASI kok masih bermasalah puasanya? Ya, jawabnya singkat, daya tahan tubuh orang berbeda-beda. Selain itu butuh teknik tertentu agar Kak Ghifa bisa diajak kompromi.

www.diyanika.com

Sunday, 12 June 2016

Kebaikan itu Akan Kembali


Berbuatlah baik kepada siapapun, begitulah pesan setiap orang tua kepada anaknya. Tapi dasarnya saya orangnya agak aneh, pesan itu berubah jadi, kamu baik sama saya ya saya baik sama Anda, kalau Anda jahat sama saya, ya sak karepmu (sesukamu). Hihihi. Kalau Anda bagaimana memaknai pesan tersebut?

Kebaikan itu Akan Kembali
sumber gambar: oediku.wordpress.com

Ada maksud tertentu kenapa orang tua selalu mengingatkan pesan tersebut. Mereka percaya bahwa setiap kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Ah nggak selalu? Ya sih, tapi itu pada satu orang, kan ada orang lain lagi yang akan berbuat baik kepada kita? Makanya kita harus selalu berbuat baik. Betul? Betul betul betul.

Saturday, 4 June 2016

Saat Anak Sakit, Ibu Panik? Begini Jadinya


Saat Anak Sakit, Ibu Panik? Begini Jadinya. Menjadi ibu baru itu tantangannya banyak ya? Salah satunya saat anak kita sakit. Hihihi, ngomong-ngomong soal anak sakit, saya pernah lho anak saya tidak sakit malah saya kira sakit. Itu karena saking paniknya.

sumber gambar: www.kristineace.com
Saya ini termasuk ibu yang mudah panik kalau anak saya sakit. Padahal kalau dipikir-pikir, misalnya saya tidak panik, saya akan lebih mudah menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi anak yang sakit. Tapi mau bagaimana lagi, bawaan orok kali ya? Anak sakit ya bawa ke dokter. Halo, apa kabar kantong?

Friday, 27 May 2016

Mogok Menyusu Saat Tumbuh Gigi


Pernah mengalami Si Kecil nggak mau nenen tapi malah gigit nenen kita? Saat pertama kali mengalaminya, apa ekspresi Anda? Menjerit? Langsung refleks menarik diri? Minggu kemarin saya mengalaminya, WOW banget ya rasanya? Apalagi giginya baru tumbuh, makin WOW.

sumber gambar momamore.wordpress.com

Wednesday, 25 May 2016

Bermain adalah Metode Belajar Anak


Bu, adakah yang pernah merasa capek ketika harus menemani segala aktivitas Si Kecil selama seharian? Dari hasil meet up weekend sama teman-teman kemarin, saya simpulkan bahwa sebagian besar ibu muda mengaku pernah merasa lelah saat harus mengurus Si Kecil sendiri. Ada yang ketiduran saat anaknya masih main, ada juga yang malah nonton drama korea di sebelah anaknya yang lagi merangkak-rangkak, dan ada juga yang sibuk chit-chat haha hihi di grup WA bareng teman-teman padahal Si Kecil lagi makan. Anda termasuk yang mana nih? Kalau saya sih sering ninggal Kak Ghifa main sedangkan saya malah asyik baca timeline facebook atau ngecek blog. Hihihi. Pokoknya macam-macam ya cerita soal membesarkan buah hati kita.

Bermain adalah Metode Belajar Anak
Bu, pernah kayak gini juga?

Sunday, 22 May 2016

Sarapan yang Nggak Pakai Ribet dan Penuh Nutrisi


Percayakah Anda, semenjak Kak Ghifa MPASI, saya rela berangkat ke sekolah sering telat? Saya juga rela dimarahi pimpinan asalkan dia sudah sarapan saat saya tinggal ngajar. Kenapa? Karena bagi saya sarapan itu penting.

Sarapan yang Nggak Pakai Ribet dan Penuh Nutrisi

Friday, 20 May 2016

Mengenalkan Buku Kepada Anak Sejak Dini itu Susah-Susah Gampang


“Anak saya itu kalau sudah di toko buku, tak mau pulang. Betah banget. Inginnya semua buku dibeli. Sepanjang perjalanan pulang pun dia langsung melahap buku yang dibelinya.”
Mengenalkan Buku Kepada Anak
Sumber gambar: kamarbayiku.wordpress.com
Membaca cerita tersebut, ibu mana yang tak iri? Saya iri banget. Semenjak hamil Kak Ghifa, saya juga sudah punya impian dia akan suka membaca buku. Sejurus dengan hal itu, saya mencari tahu tata caranya di internet dan tanya langsung kepada beberapa teman yang sudah berpengalaman dalam hal tersebut. Nah, akhir-akhir ini saya sering bertanya perkara ini kepada blogger yang baru saya kenal, yaitu Mbak Ipeh namanya.

Monday, 16 May 2016

Tips Mudah Membeli Ciput Kerudung Berkualitas Terbaik Melalui Internet


Tips Mudah Membeli Ciput Kerudung Berkualitas Terbaik Melalui Internet. Setuju tidak kalau kerudung merupakan salah satu item fashion yang saat ini tengah populer di kalangan pecinta hijaber di seluruh Indonesia? Bagi setiap perempuan yang mengenakan kerudung tentunya tak asing lagi dengan item ciput kerudung (baca disclosure) Item ini memiliki peranan penting dalam berhijab, yaitu ciput kerudung atau inner hijab yang digunakan untuk menutup rambut dari dalam serta menahan kerudung agar tetap diam.

Tips Mudah Membeli Ciput Kerudung Berkualitas Terbaik Melalui Internet
Foto by hijup.com

Saturday, 14 May 2016

Ketahui 11 Hal Berikut Ini Sebelum Ke Green Bay, Banyuwangi-Jawa Timur

Ketahui 11 Hal Berikut Ini Sebelum Ke Green Bay, Banyuwangi-Jawa Timur
sumber foto by banyuwangibagus.com
Ketahui 11 Hal Berikut Ini Sebelum Ke Green Bay, Banyuwangi-Jawa Timur. Kalau melihat Danang D’Academy 2 di televisi, apa yang terlintas dalam benak Anda? Suaranya bagus, punya ciri khas, berpendidikan pula. Selain itu? Berasal dari kota Banyuwangi. Ya, dia adalah kontestan penyanyi dangdut yang berasal dari salah satu kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di bagian paling Timur pulau Jawa yang berbatasan dengan Selat Bali. Karena letaknya di kawasan tapal kuda, Banyuwangi ternyata menyimpan banyak tempat wisata pantai yang tak kalah bagus dengan di Bali. Akan tetapi, karena kalah tenar, banyak sekali wisatawan yang tidak tahu tempat-tempat wisata yang bagus di sana. Salah satunya tempat wisata Green Bay (Teluk Hijau).

Wednesday, 11 May 2016

Dulu dan Sekarang, Cara Saya Mengupdate Berita



Dulu dan Sekarang, Cara Saya Mengupdate Berita. Apa berita nasional hari ini (baca disclosure) yang paling terhangat? Apalagi kalau bukan berita Pak Ahok yang dipanggil KPK sebagai saksi kasus reklamasi itu. Orang nomor 1 di Jakarta itu diperiksa selama 8 jam untuk 3 tersangka. Penasaran deh, ditanya apa ya Pak Ahok? 


Kalau ngomongin soal berita setiap harinya itu tak akan pernah ada habisnya ya. Ada-ada saja yang jadi bahasan para pemburu berita. Tapi hal itu tidak menyurutkan tekad saya untuk selalu mengupdate berita setiap harinya. Menurut saya, dengan saya selalu mengupdate berita banyak sekali keuntungan yang saya dapatkan. Apa saja itu?

Tuesday, 10 May 2016

Jadilah Ibu yang Tegas Saat Anak Sembelit


Jadilah Ibu yang Tegas Saat Anak Sembelit. Lihat si kecil mengejan sampai keluar keringat kemudian menangis tapi tak ada BAB yang keluar dari duburnya. Apa yang Anda rasakan? Apa yang kemudian Anda lakukan? Cari solusi di internet? Tanya teman sana-sini dan makin bingung saran mana yang ingin Anda lakukan? Ah, saya pernah melewati masa itu dan menyebalkan sekali setiap mengingatnya. Bodohnya saya ini.

Kata orang, si kecil yang sedang MPASI wajar-wajar saja kena sembelit karena saluran pencernaannya sedang menyesuaikan makanan yang masuk. Tapi kenapa Kak Ghifa mengalaminya saat dia sudah hampir sebulan MPASI? Lagi pula menu MPASI-nya juga gak beda-beda amat. Mungkinkah pengaruh obat ya?

Saturday, 30 April 2016

Tips Mudah dalam Memilih Mukena yang Memiliki Bahan Nyaman Ketika Dikenakan


Bulan puasa sebentar lagi akan datang, apa kabar mukena Anda? Mukena merupakan salah satu busana yang digunakan oleh setiap perempuan beragama Islam dalam menunaikan ibadah sholat. Nah, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, khususnya dalam dunia tekstil dan fashion, kini, perkembangan mode mukena pun semakin lebih baik.

Saat ini ada banyak jenis mukena dengan baham dan mode yang berbeda-beda. Tentunya hal itu tanpa meninggalkan hukum syar’i atau sesuai aturan busana untuk ibadah kaum perempuan beragama Islam ya. Berbahagialah bagi kita yang suka berbelanja online, karena saat ini telah hadir mukena online shop (link situs online shop-baca disclosure) yang artinya Anda dan saya bisa membeli mukena secara online.

Tips Mudah dalam Memilih Mukena yang Memiliki Bahan Nyaman Ketika Dikenakan
Foto by: Hijup.com

Mau Bersedekah Setiap Hari? Ngeblog Aja!


Mau bersedekah setiap hari? Ngeblog aja! Kok bisa? Sadarkah Anda, blogger, dengan tulisan Anda yang bermanfaat, Anda sudah bersedekah lho. Apalagi di dunia yang serba instan ini banyak sekali urusan manusia dihubungkan dengan internet. Misalnya, ibu-ibu yang mau milih diaper untuk anaknya cari review dulu di internet. Bayinya bisulan, cari cara mengatasinya juga di internet. Nah, pertanyaannya sekarang adalah sudahkah Anda, blogger, menulis postingan yang bermanfaat?


Bunda Niar yang memakai baju merah
Foto by: clovewebstudio.com

Wednesday, 27 April 2016

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil



HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil. Apa sih pentingnya tidur nyenyak bagi si kecil? Ada yang menyebutkan bisa mempengaruhi kesehatan, kemampuan kognitif, dan mood si kecil. Poin terakhir, saya setuju banget. Pasalnya, Kak Ghifa sering rewel kalau tidurnya tak nyenyak. Apa yang bisa saya lakukan agar tidurnya nyenyak? Salah satunya membunuh nyamuk yang nakal.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil
HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil

Saturday, 16 April 2016

Saat Hubungan Suami Istri Mulai Renggang


Siapa coba yang ingin hubungan dengan suami atau istrinya menjadi renggang? Inginnya selalu damai, aman, dan tentram selalu ya. Inginnya pula dipertemukan kembali di surga Allah nanti. Akan tetapi, saya, Anda, dan suami saya adalah manusia. Makhluk paling sempurna-Nya ini memiliki nafsu. Ada kalanya muncul rasa cemburu, kesal, iri, merasa tak diperhatikan, dan lainnya. Apakah itu wajar?

Orang bijak selalu bilang, pernikahan itu harus ada bumbunya. Kalau tidak, akan terasa hambar. Jadi, kalau ada rasa-rasa yang membuat getir di hati tak masalah kan ya? Tergantung kita harus cerdas menyikapinya seperti apa. Tak jarang, banyak juga yang tak lolos memaknai perasaan tersebut sebagai bumbu pernikahan dan berakhir menjadi sebuah perceraian. Astaghfirullah...

Friday, 15 April 2016

Tinggal Klik Tanpa Berisik


Pernah punya pengalaman salah jurusan naik angkot? Naik angkot yang sopirnya kebut-kebutan? Tahu rasanya diturunin angkot di tengah jalan? Ah, saya sudah pernah semua. Meskipun tak semua sopir angkot ‘jahat’ seperti itu, saya trauma kalau mau naik angkot lagi. Pilih naik taksi saja, agak mahal tapi saya selamat sampai tujuan, hati pun rasanya tenang.


Wednesday, 13 April 2016

5 Keuntungan Menikah di Usia Muda Ala Ibu Kecil



Salahkah kalau menikah di usia muda? Benarkah kalau menikah di usia muda akan menghancurkan karir kita? Apakah dengan menikah di usia muda seorang perempuan hanya akan berkutat dengan urusan dapur dan anak? Bukankah dengan menikah muda banyak mendatangkan pahala?

Anda menikah di usia berapa? Termasuk dalam kategori menikah di usia muda-kah? Ibu saya dulu menikah di usia 17 tahun sedangkan saya 22 tahun. Awalnya saya berencana untuk menikah di usia 24 atau 25 tahun, tapi karena jodoh datang dengan cepatnya yaa cus aja. Bismillah.


Tuesday, 12 April 2016

Disclosure


Ika Hardiyan Aksari (www.diyanika.com) adalah blog gado-gado yang saya kelola sendiri. Blog ini berisi cerita keseharian saya sebagai ibu dari Kak Ghifa. Jadi, blog ini lebih mengarah ke blog berniche lifestyle dan parenting. Tapi tidak menutup kemungkinan ada postingan dengan tema lainnya yang saya rasa penting untuk saya bagikan kepada pembaca setia blog ini.

Blog Ika Hardiyan Aksari membuka peluang kerjasama dengan agency, brand atau pun perorangan yang ingin mempromosikan produk/jasanya dalam bentuk job review, article placement, pemasangan iklan, affiliate, kompetisi dan aneka bentuk kerjasama lainnya. Berkaitan dengan imbalan dari kerja sama, besar kecilnya akan mempengaruhi konten yang akan ditayangkan di blog ini.

Saya, selaku pemilik blog ini, setiap kali membuat konten akan selalu berusaha mengutamakan opini yang jujur sesuai dengan pengalaman yang telah saya alami. Selain itu, saya akan memberikan konten yang sesuai dengan hasil pemikiran dan kreativitas saya sendiri. Untuk mengajukan klaim produk, penawaran, pertanyaan dan hal lain yang berkaitan dengan produk/jasa yang direview, harus ditujukan kepada pemilik produk dan jasa tersebut. Blog ini hanya memberikan opini dan review.

Saya dapat dihubungi melalui:
Twitter: @diyanika
IG: @Ikahardiyanaksari
Email: ichaituika@gmail.com
WA: 085727351413

Cerdas Memilih Lemari Baju


Di kamar Anda ada lemari? Atau punya kamar khusus untuk tempat lemari? Lemarinya berjejer gitu. Ada lemari baju, sepatu, tas, piala, dll. Ah, berasa artis deh kalau kayak gitu. Hihihi.

Secara umum, setiap kamar di suatu rumah pasti memiliki lemari baju. Perabot yang satu ini memang berguna banget untuk menyimpan baju atau aksesoris yang kita miliki. Namun, perabot yang satu ini tidak lagi sebagai sebuah kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi, melainkan bisa jadi kebutuhan tersier yang memposisikan lemari sebagai perabot untuk mempercantik dan memperindah rumah kita. Setuju nggak?
sumber gambar: gavinfurniture,com