Monday, 8 February 2016

Cara Tepat Mengajari Anak Menulis Alfabet

Assalamualaikum.

Cara tepat mengajari anak menulis alfabet. Empat siswa saya ada yang belum hafal alfabet lho. Tulisannya pun tidak sempurna. Seringnya kalau menulis huruf a seperti gabungan huruf  c dan i yang terpisah. Berkali-kali saya peringatkan orangtuanya untuk membantu mengajarinya pas di rumah hasilnya masih kurang maksimal. Kalau hanya njagake saya, gurunya di sekolah, kan ya kurang pas. Bukan hanya anak tersebut saja yang harus saya perhatikan, ada puluhan siswa lainnya pula. Bukankah keberhasilan belajar seorang anak itu tidak hanya karena faktor dari guru dan siswa saja? Orangtua juga kan??*sok serius*

Alasan dari orangtuanya simpel, tak punya waktu karena sibuk bekerja sampai-sampai tidak memperhatikan apakah anaknya sudah mengenal dan mampu menulis huruf alfabet dengan baik dan benar. Ini sudah kelas 3 SD lho. Telat banget kan kalau baru mengenal alfabet. Kemudian muncul pertanyaan, kapan sih waktu yang tepat untuk mengenalkan dan mengajari anak untuk menulis alfabet pada anak?

Sebenarnya tak ada waktu yang paling pas untuk mengajarkan alfabet pada anak. Semua tergantung pada kesiapan anak baik secara psikis dan motorik halusnya. Kalau ditanya usia, kira-kira ya kisaran usia 3 tahun, anak bisa dikatakan siap. Hal itu karena pada usia tersebut anak sedang berada pada fase golden age dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dengan menggunakan cara dan pengelolaan rasa penasaran anak dengan baik, maka anak akan senang belajar alfabet.

Tentunya, kita sebagai orangtua ingin memberikan yang terbaik bagi anak kita ya? Salah satunya memberikan pengetahuan di waktu yang tepat sesuai tahapan tumbuh kembangnya. Belajar dari kasus siswa saya di atas, tak ada salahnya kalau Anda memiliki anak usia 3 tahun, monggo ajari mereka menulis alfabet dengan baik dan benar. Satu hal yang penting, saat mengajarinya tentu dalam keadaan yang menyenangkan agar anak-anak tidak tertekan. Mengajari menulis alfabet kan harus secara bertahap dan berkesinambungan ya. Jangan sampai kalau anak merasa tertekan kemudian takut dan ngambek untuk belajar lagi!

Apa itu Aplikasi Boci Menulis Alfabet?
Di era digital macam sekarang ini, kita sebagai orangtua itu patut bersyukur. Karena apa yang kita butuhkan semua telah tersedia. Tinggal klik. Seperti saat kita hendak mengajari anak-anak bagaimana cara menulis huruf alfabet. Sudah ada aplikasi Boci Menulis Alfabet lho.


Aplikasi Boci Menulis Alfabet adalah salah satu aplikasi jenis mini games yang ditujukan ke anak dengan kisaran usia 2 sampai 4 tahun. Aplikasi ini mengajarkan anak Anda untuk belajar menulis alfabet dari A sampai Z dengan baik dan benar. Baik huruf kapital dan huruf kecil. Pun saat memainkannya anak Anda akan diajari secara tidak langsung bagaimana menuliskan suatu huruf yang benar. Dan dijamin aplikasi ini tidak akan membuat anak tertekan. Kok bisa? Baca ulasan selanjutnya ya..

Bagaimana Cara Mendapatkan Aplikasi Boci Menulis Alfabet?


Apa Saja Isinya?

Setelah mendownload aplikasi tersebut, monggo di klik icon-nya. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Kamu mau pilih bahasa apa?



Pas pertama kali membuka aplikasi ini, saya disambut dengan pengisi suara yang terdengar ceria. Let's go! Kita mainkan yuk! Tekan tombol play.

Kamu mau bermain dengan apa? pesawat? kapal? atau kereta? Yuk diklik!
Ada tiga pilihan mainan yang bisa dipilih oleh anak-anak. Yaitu, pesawat, kapal, dan kereta. Icon mainan tersebut bergerak secara atraktif. Seakan menggoda mau main dengan apa?

Sayang banget ya, pilihannya hanya tiga, itu pun dengan tema alat transportasi saja. Misal ditambah lagi dengan tema lain pasti lebih seru dan pengetahuan anak pun akan makin bertambah.

Nggak sabar buat main? Buruan ditap!
Tampilan di atas akan muncul setelah kita memilih salah satu gambar, misal kapal. Setelah ditap?
Tampillah huruf kapital A dengan kapal plus latar air laut lengkap dengan ikan lumba-lumba. Oya, perhatikan warna ungu pada gambar di atas. Garis ungu tersebut menunjukkan jalannya kapal sekaligus dapat mengajarkan ke anak kalau cara awal membuat huruf A adalah seperti itu. Dan kapal tersebut tidak akan memunculkan warna ungu apabila alur membuat hurufnya keliru lho.

Hai, ini tampilan huruf kapital D dengan kereta api.
ini tampilan huruf kecil d
Di setiap tampilan huruf kecil, akan ada anak panah berwarna merah di sebelah kanan. Itu digunakan untuk menuju huruf selanjutnya,

coba tebak ini tampilan untuk alat transportasi apa?
Ya, betul banget! Ini adalah pemandangan langit di senja hari dengan huruf kapital B. Saat pesawat dijalankan, muncullah suara pesawat.

Oya, sekedar info nih. Saat anak bermain sampai di huruf c dengan alat transportasi pesawat kemudian ibu memanggil kita, otomatis berhentilah ya. Nah saat anak hendak main lagi, dengan transportasi pesawat juga, maka anak bisa melanjutkan dan tidak perlu mengulang lagi ke huruf a.

Setiap orang pasti suka sekali ya mendapat reward. Apalagi anak-anak. Saat diberi reward seakan-akan mendapatkan apresiasi atas apa yang telah dilakukan. Nah, saat main Aplikasi Boci Menulis Alfabet ini, tunggu saja akan ada kejutan berupa ucapan selamat atas apa yang telah anak lakukan.

klik panah ke kanan ya untuk melanjutkan ke huruf selanjutnya
Gambar di atas akan muncul disertai dengan suara yang memberikan ucapan selamat karena telah mampu menulis huruf dengan baik mulai K sampai O. Ucapan ini bisa muncul kapan pun dan tidak dapat ditebak kemunculannya.

Bagaimana? Menarik bukan Aplikasi Boci Menulis Alfabet ini? Tapi sayang banget, andai saja dari aplikasi satu dan lainnya itu terintegrasi menjadi satu pasti akan lebih menyenangkan. Iya sih gratis. Akan tetapi, kalau harus download satu per satu akan memakan waktu yang lama. Terlebih lagi akan memakan tempat di memori smartphone.

Semoga makin banyak lagi para kreatif di bidang aplikasi permainan edukasi. Biar anak-anak tak melulu bermain game yang tak sesuai dengan usianya ya^^

18 comments:

  1. kalau mengingat masa kecil dulu.
    justeru saya malah telat mengenal huruf, karena sebelum masuk TK seringnya diajarin belajar berhitung/matematika sama kakak :)

    ReplyDelete
  2. Boci kesukaan dek paksi niih. Smua serinya dah didonlot di hp ibunya.
    Seneng dia blajar sm boci

    ReplyDelete
  3. Lengkap bgt nih info aplikasi nya.. ngebantu bgt buat belajar pemula

    ReplyDelete
  4. Sekarang enak ya ngajari anak mengenal huruf ada aplikasinya. Dulu aku harus buat kartu sendiri, nulis dg spidol warna agar anak2 gampang belajarnya. Kalo aplikasi ini enak, tinggal.install aja ya

    ReplyDelete
  5. Artikelnya keren dan lengkap mbak Ika :)

    Kalau melihat aplikasinya pasti anak-anak akan senang ya belajar sambil bermain, jadi tidak membosankan :)

    ReplyDelete
  6. Wuah keren nih aplikasinya. Bisa buat anakku juga :D

    ReplyDelete
  7. Raisaa juga suka main petualangan Boci, trtus sekarng lagi suka baca buku kartun kakanya tp yg dibaca cuma kata tertentu aja yg menarik seperti suara orang lari, suara orang jatuh, dst misalnya TAP, SWING, BUK, dll :)

    ReplyDelete
  8. Wah, boleh bgt ini aplikasinya. Daripada maen game, mending didonlotin ini ya Mbak. Tar deh kasih tau ponakan. makacih sharingnya ya Mbak Ika ^_^

    ReplyDelete
  9. aplikasinya bagus banget dek..tapi kan gak semua orang tua punya smartphone atau bahkan pinter gunain smartphone.gimana donk ?

    ReplyDelete
  10. aplikasi yang cocok memang mbak buat anak-anak yang baru belajar menulis atau mengenal huruf :)

    ReplyDelete
  11. Ini aku lupaa melulu mau donlot si boci..

    ReplyDelete
  12. anakku udah memainkan ini dia seneng liatinya, masih blum bisa soalnya maininnya jd hanya menyimak emaknya

    ReplyDelete
  13. wah semakin canggih nih jaman, dulu anakku mana ada seperti ini, aku buat sendiri dari karton

    ReplyDelete
  14. Waaah keren aplikasinya, [as banget untuk Faiz nich. Maksih ya

    ReplyDelete
  15. Baru tau ada aplikasi ini.. Memudahkan orang tua dan menyenangkan bagi anak..

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!