Monday, 14 March 2016

Tampil Cantik itu Harus?

Assalamualaikum.

Tampil cantik itu harus? Menururt saya sih iya. Pliss jangan lihat siapa yang ngomong tapi apa yang diomongin ya. Karena jelas sih kalau saya yang ngomong pasti pada nggak percaya. Lha saya kan nggak cantik dan langka banget terlihat cantik. Hihihi.

tampil cantik itu harus, beauty blogger

Banyak yang bilang kalau cantik itu relatif. Makanya kalau suami saya bilang bahwa saya sudah cantik walaupun tanpa make up, saya adem ayem. Padahal dalam hati saya sendiri berkata, “Nih orang pasti bohong tujuh turunan nih! Pliiisss...kutuklah saya jadi perempuan yang cantik tanpa make up! Biar suami saya nggak ngibulin saya mulu.” *nangis di pojokan.

Saya sendiri tipe perempuan yang tidak hobi dandan. Setiap kali hendak mengajar, saya merasa sudah cukup hanya dengan pelembab, bedak tabur, dan lipstik. Ada sih teman guru yang dandan cukup tebal make up-nya. Kelihatan cantik. Mau banget tampil kayak gitu. Tapi saya trauma, pas pertama kali ngajar di tempat ngajar saya yang sekarang, ada anak didik saya yang bertanya, “Kok ibu pakai lipstik?” Pertanyaan itu ibarat teguran bagi saya, kok bu guru terlalu tebal sih make up-nya.

Kalau diingat-ingat, masa itu kan saya masih lajang, suka sekali mengenakan lipstik dengan warna pink yang berkilau. Mungkin karena belum pernah menemui guru yang memakai lipstik demikian anak tersebut jadi penasaran. Akan tetapi semenjak itulah saya jarang sekali mengenakan make up yang terlalu tebal (versi saya).

Jujur, sebagai seorang perempuan saya iri dengan perempuan yang bisa make up. Saya juga selalu mengagumi perempuan lain di luaran sana yang bisa tampil cantik di setiap kesempatan. Oya, saya jadi ingat nih pas menghadiri acara ulang tahun komunitas blogger perempuan Semarang, yaitu Gandjel Rel, saya dari rumah itu bela-belain dandan lho. Kalau biasanya hanya pakai pelembab, bedak tabur, dan lipstik, ini saya tambah maskara dan eye shadow. Karena saya pikir ini kan acara spesial dan ada juga bicang investasi dari Manulife, nggak ada salahnya kalau saya dandan. Karena dengan dandan ibarat saya ngajeni (menghargai) diri saya sendiri di depan orang lain.


Berangkat ke tempat acara saya sudah kepedean nih, wah nanti kalau difoto bakalan bagus nih. Nggak bures. Maklum saya kan kulitnya sawo matang. 

"Update ke instagram ah." batin saya.

Eh eh eh karena saya naik motor dan di luar hawanya puanas banget bisa ditebak deh bedak saya luntur dan wajah saya acakadul banget. Bisa sih ke toilet dulu buat dandan tapi kalau sudah ketemu sama teman-teman blogger hawanya itu nggak mau melewatkan setiap momen. Yo wis, ala kadarnya. Dan setelah cek beberapa foto setelah acara tersebut, ehm...fotonya nggak instagram-able. Tambah sebel deh.

Ngomong-ngomong soal foto yang instagram-able, saya jadi teringat sama salah satu teman blogger, dia seorang beauty blogger yang aktif mempromosikan make up dari brand lokal, sebut saja namanya Mbak Tya. Kalau sudah menyebut kata beauty blogger pasti mindset kita akan terpikirkan kalau beliau ini cantik dan pintar make up. Jelas, blognya pun sudah mewakilinya. Apalagi instagram Mbak Tya.

mbak tya
Cantik kan Mbak Tya?

Hari gini masih ada yang belum punya instagram? Kalau di kalangan blogger instagram sudah jadi lahan untuk membranding diri ya. Salah satunya instagram Mbak Tya dengan akun @atisatyaarifin ini sudah cukup membranding diri Mbak Tya sebagai beauty blogger. Tampak dari beberapa foto make up dan kegiatan Mbak Tya yang berhubungan dengan ‘tampil cantik di setiap momen’. Ya, di sana Mbak Tya menunjukkan bahwa wajib hukumnya tampil cantik di setiap kesempatan.

Ada yang ingin seperti Mbak Tya? Tampil cantik di setiap momen dan mengabadikan momen tersebut lewat instagram? Tenang, setelah saya baca-baca blognya, ada lho tips yang dibagikan Mbak Tya agar tampil cantik di instagram, atau bisa dibilang foto Anda bisa instagram-able. Apa saja tips tampil cantik di instagram? Simak yuk!

1.Pilih tema foto
Sebelum mengambil gambar, tentukan-lah terlebih dahulu tema foto yang mau diambil. Misalnya, tema vintage, black and white, pemandangan sawah, pemandangan laut atau apapun. Hal ini dilakukan agar foto kamu lebih terkonsep. 


2.Kenakan baju terbaik 
Poin kedua ini jelas dong ya, masak iya sih mau foto dengan baju yang compang-camping. ‘Pamerkan-lah’ baju Anda. Karena seluruh dunia ini bisa mengakses akun instagram Anda. Siapa tahu dengan melihat foto Anda yang kece bisa ditawari kerjasama oleh brand baju terkenal. Aamiin.

3.Pakailah make up
Apakah ada yang baru bangun tidur dan masih ada bekas iler di pipi terus *cekrek* dan upload di instagram? Ah, nggak lucu deh. Orang pasti ingin melihat penampilan kita yang terbaik. Meskipun hanya mengenakan make-up minimalis, setidaknya wajah itu lebih eye-catching. Jangan sampai hanya karena 
jigong setetes hilang ratusan follower.


4.Posting hanya foto terbaik
Ahli fotografi selalu menyarankan ambil beberapa foto dalam satu pose. Maka ini pun juga harus Anda lakukan. Dan lakukan itu dengan menggunakan kamera yang cukup memadai. Untuk smartphone dengan kamera utama 5MP ya lumayanlah ya. Jangan lupa edit terlebih dahulu foto Anda sebelum diposting di instagram.

Itulah keempat tips tampil cantik di intagram ala Mbak Tya. Kalau masih ada yang tampil ala kadarnya di instagram *nunjuk hidung* buruan deh ya dipraktikkan tips dari Mbak Tya. Toh, tipsnya juga nggak sulit kan ya? Atau mungkin ada yang punya tips lainnya boleh lho share di kolom komentar.

Sekarang, saya kembali tanya, tampil cantik itu harus?

10 comments:

  1. saya mah juga jarang dandan mbak, palingan hanya pakai lotion ajha dan ga suka neko-neko cz ga pede :)

    ReplyDelete
  2. tampil cantik itu harus doooong.....

    tampil cantik adalah salah satu bentuk penghargaan kepada diri sendiri *sok bijak* *dilempar pakai wajan*

    Aih, Instagram aku masih acak-acakan. Memang nggak mudah mengatur si Instagram ini agar kelihatan presentable dan eye-catching. Aku juga masih harus banyak berguru nih dan belajar menahan diri untuk tidak posting foto secara impulsif. Hohoho....

    ReplyDelete
  3. Cantik mungkin nggak harus tp menarik ya harus. hehe. gimana? :D

    ReplyDelete
  4. mbak tya cantik banget, wajahnya cling banget...uhuhuhu...dandan ayo dandan biar cantik...sepertinya emang harus belajar dandan :)

    ReplyDelete
  5. Hm ... biar foto2 instagram pada oke ya .... sip sip ...:)

    ReplyDelete
  6. Tampil cantik mah tergantung gimana orang liatnya. Yang penting kita sudah merasa percaya diri aja. Otomatis bakalan terpancar kok kecantikannya. *tsaaaahhh* :D

    ReplyDelete
  7. haruuus donk tampil cantik...
    cantik menurutku ga perlu dandan menor karena aku juga cuek ga suka dandan lebay :D
    yang penting cantik dari dalam, artinya dalam hati yang selalu bahagia, ga sulit orangnya pasti memancarkan dengan sendirinya.

    yuk tampil cantiik!!

    ReplyDelete
  8. ngambil foto yang terbaik itu... cekreknya bisa 17 setornya sebiji :D

    ReplyDelete
  9. Sekarang rada rempong kalau mau make up, andalannya bedak sama lipstik. Solusi lain pakai perawatan yang bikin kinclong tanpa make up :D

    ReplyDelete
  10. thank you tipsnya mba Tyaaa :)

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!