Sunday, 25 September 2016

Soal Makan Kak Ghifa

Ibu mana yang tidak galau hatinya melihat buah hati susah makan? Pas awal MPASI kan Kak Ghifa mudah banget makannya, lap lep lap lep. Ku kira itu akan berjalan mulus sampai seterusnya. Eh, ternyata aku merasakan betapa galaunya punya anak yang susah makan.

Sempat aku membaca status teman yang mengalami hal sepertiku. Keluhannya sama, anak kami susah makan saat ketemu dengan nasi.
Di usia 1 tahun ini Kak Ghifa belum rutin makan menu keluarga. Makan nasi sama sayur bening terus lauk tempe sering dilepeh nasinya. Hanya milih bayam dan tempenya saja.

Selama ini makan apa? Makan apa saja. Dia suka sekali ngemil. Roti tawar gitu aja mau, dibuat roti bakar lahap, kerupuk, sosis goreng, bakso, ehm...sayur sop mau juga.

Pas makan nasi gurih ini alhamdulillah habis
Oya, Kak Ghifa itu mau makan nasi kalau nasinya diolah menjadi nasi tim dengan sayur yang dicincang kasar. Kayak menu nasi gurih yang pernah kubuat. Itupun dapat komplen dari teman katanya kok masih makan macam gitu. Ihh...


Ada yang bilang gini juga sih, " Kan sumber karbo tidak hanya nasi. Makan roti kan juga nggak papa. " Iya sih tapi keluarga pada komentar juga kalau makan ya kudu makan nasi. Beberapa resep di internet juga sudah ku coba. Banyak gagalnya dan berakhir dengan dilepeh. Huft.

Di lain sisi aku juga takut kalau misalnya gizi Kak Ghifa nggak terpenuhi. Tapi mosok ya harus makan roti mulu. Apa biar makan nasi tim saja ya?

Aku kadang mikir apa ya yang salah? Padahal menu MPASInya dulu juga sesuai dengan yang disarankan WHO. Memperkenalkan buah dulu. Terus dikombinasi, mulai dari blender encer sampai saring. Ah, sudahlah...namanya anak kan beda-beda ya.

Lebih baik aku cuek aja sama omongan orang. Aku fokus saja sama Kak Ghifa. Ini malah dia lagi hobi makan sosis goreng sama nasi. Ya, porsi nasinya tak seberapa dengan jumlah sosisnya. Sepertinya dia suka makanan yang banyak bumbunya deh.

Ada yang punya postingan menu makanan untuk usia 1 tahun? Boleh lho tulis url nya nanti aku kunjungi. Atau mungkin ada yang punya pengalaman sama denganku? Sharing yuk!

18 comments:

  1. Lah mba kok uda di kasi sosis? Apa gak terlalu dini.. kan sosis mengandung msg dan mayan byk bahan kimia.. coba ganti yg lain deh.. jgn yg itu. Cb makanan bayi ky milna cerelac atau bebiluck kan organik mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan jangan asal doyan aja kan ya mbak. Duh makasih yo mbak diingatkan. Kalau yang becek2 kayak bubur milna gitu dia malah nggak suka mbak. Tapi tak cobane lagi wis.

      Delete
  2. coba liat di cookpad dek...aku kemarin karena kepepet ya kasih sosis sama nugget pas aku ajak ke Jogja.. udah tau sih kan msg nya mesti banyak..cb bikin sosis sendiri ^^
    klo aku sih cuek aja ya yang penting anak makan dan liat2 juga kira2 banyak campuran msg nya apa gak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak aku juga sering nengok cookpad tapi ya lidah anakku banyak nggak cocok e. Kalau bikin sosis sendiri ehm...sempetnya kapan ya. Dasar ibu rempong aku ni.
      Pernah buat galantin sapi eh dia malah alergi.

      Delete
  3. mgkn dia seneng yg gurih2 mbak, coba saja bikin nasi goreng lembek, minyaknya pakai mentega, anakku suka bgt pdhl masih 11 bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak dia suka yang gurih2. Ini tadi tak buatin nasi goreng mbak tapi belum tahu mau apa tidak soalnya tadi nggak sempat nyuapin.

      Delete
  4. aku blum punya pngalamn yg ky gni mbk. semoga kk Ghifanya mau makan lahap lg y mbk :)

    ReplyDelete
  5. anak susah makan bikin ibunya kelimpungan ya mbak. Ini sekedar berbagi Tips menghadapai anak susah makan. http://braveandbehave.blogspot.co.id/2016/08/tips-anak-susah-makan.html
    Psst ntar klo udah gede nafsu makan mereka juga ikutan gede kok hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga makin besar makannya Kak Ghifa makin mudah.

      Delete
  6. anakku malah kebalikan Ghifa mbak, dari 6 bulan susah banget makan,baru mau makan pas 8 bulan tapi ini susah lagi..huhuhu #mulaigalau ^^
    aku menyimak curhatan mbk ika dan komen2 disini dululah hehehe...
    itu yang makan pakai sayur bening nasinya dilepeh,gpp mbak...seng penting sayur dan tempe g dilepeh...sehat2 ya mas Ghifa^^

    ReplyDelete
  7. wah, anakku juga lagi susah makan nih, mau cobain juga ah bikin nasi gurihnya.

    Btw, kalo aku pribadi, meski kadang sebel sama pendapat org lain tapi ya berusaha cuek aja, toh kita yang tau banget situasinya. Anakku malah kalo beneran gak mau makan apa2 dan dia minta makanan yang kadang dilarang, misalnya mie instan, ya aku kasih, paling improvisasi, kurangin bumbu dan tambahin sayur dan protein. Mumpung anaknya minta dan daripada dia kurang makan, toh nggak sering juga :)

    ReplyDelete
  8. Kaya Arya anakku yg pertama. Suka banget makan yg banyak bumbunya. Pas usianya udah setahun dab boleh kasih gulgar plus bumbu2, akhirnya aku banyakin bumbunya.

    ReplyDelete
  9. Mungkin pas kecil ga sering di kasih sayur sama bunda, jadi sampe skrg kurang begitu suka sayur :(


    Budy | Travelling Addict
    BLOGGER ABAL-ABAL
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  10. Enak nih, emaknya boleh minta dong :))

    ReplyDelete
  11. Aku masih bodo soal mpasi. Kalo mbakku asal dia doyan. Kdg sehari cuma ngemil

    ReplyDelete
  12. harus pintar" dalam mengolah makanan untuk anak ya mbak

    ReplyDelete
  13. Anakku 1,4 bulan sudah ikut !enu keluarga, Mbak. Sama sayur doyan banget, cuma dia kurang suka sama menu yang manis.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!