Wednesday, 30 November 2016

Saat Uang Begitu Menggoda


"Maaf, Mbak Ika jadwalnya sudah full."

Setelah itu gantian ada SMS masuk, "Bulik Ika, Ais mau ikut les. Punya waktu kosong hari apa?"

Sampai postingan ini ku publish, SMS itu belum aku balas juga.

Sebelumnya, dua bulan lalu, aku juga menolak seorang murid baru. Bukan bermaksud sombong atau lainnya. Aku sebenarnya juga mau banget kalau dapat pemasukan lebih. Terus kenapa?

sumber gambar: pixabay.com

Wednesday, 23 November 2016

Ibuku, Bagaikan Bola Bekel


Suatu ketika saat tarawih di masjid,
"Ini kakak adik ya?" tanya seorang nenek sambil melipat mukena yang mulai pudar warnanya. Aku tak mengenalnya. Bisa jadi ia hamba Allah yang sedang melakukan safari masjid.

Keheranan seorang teman saat aku memosting foto ibu di sosmed,
"Ini ibumu apa kakakmu? Kok masih muda banget?"

Saat belanja ke pasar, pedagang plastik selalu berkata yang sama ketika bertemu kami, "Kakak sama adik yang akur ya?"


Sunday, 20 November 2016

Serangga Kecil Utusan Allah


"Mi...nggak sholat isya dulu?"

"Bentar, nenennya belum lepas." aku masih asyik dengan HPku.

Pulas.

Aku tersadar saat Kak Ghifa terbangun minta nenen. Tenggorokanku tercekat. Haus banget. Ah, seperti habis ngapain aja.

Sumber gambar: pixabay.com

Thursday, 10 November 2016

Jaga Anakmu Baik-baik



Terdengar lirih kabar duka itu dari toa masjid di pojok Selatan desaku. Anak usia 2,5 tahun meninggal tenggelam di sungai. Hatiku ngilu.

Di grup WA IIDN dan Gandjel Rel, Mbak Dedew melempar kabar kalau ada anak 1 tahun ketinggalan di BRT. Mak-nya sudah turun. Lupa atau apa aku tak tahu pasti. Makin ngilu hatiku.

Piye to?
Ke mana ibunya?

Wednesday, 9 November 2016

Perut Kembung Mengganggu Tidur Malam Anakku, Punya Solusi?


Barusan aku BW ke blog teman dan pilih label parenting. Di artikel temanku itu aku ketemu lagi sama kalimat, "Tidur malam yang nyenyak sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang si kecil." Blaik! Aku jadi ingat soal tidur malam Kak Ghifa.

Seringkali kalau malam, Kak Ghifa rewel banget. Nggak sampai bangun sih, tapi mulutnya ihak-ihik dan kelimpungan ke sana-ke mari. Setiap kali aku cek, eh, ternyata perutnya agak keras dan bunyi mbung mbung mbung, kembung.

Kak Ghifa bobik pules yaaa

Monday, 7 November 2016

Anakku (Langganan) Sakit?


Kata mereka, anakku langganan sakit. Dikit-dikit sakit. 2 minggu sehat 2 minggu kemudian sakit lagi. Siapa sih yang mau punya anak 'pesakitan'? Maunya juga sehat terus.

Anakku mulai langgan sakit itu sejak usia 8 bulanan. Ada orangtua yang bilang, "Biasanya nanti kalau sudah umur 1 tahun juga sudah berkurang kok sakitnya."

Ah, nggak juga. Nyatanya anakku sudah usia hampir 14 bulan masih sering sakit. Seperti sekarang ini nih. Awalnya dia pilek, kemudian demam. Sehari setelahnya batuk disertai demam tinggi. Kalau sudah seperti ini pasti ogah makan. Tapi bagusnya, dia tetap ceria, muterin rumah sampai yang ngintili capek sendiri. Dia mana ada capeknya?

Anakku langganan sakit

Saturday, 5 November 2016

Pembiasaan Oh Pembiasaan


Mengajar di kelas 1 itu tantangan tersendiri bagiku. Pola pikir mereka yang sangat sederhana seringkali membuatku jungkir balik mencari cara piye agar mereka paham apa yang aku sampaikan. Ternyata kuncinya hanya satu, pembiasaan.

"M...kaki 3.....n....kaki 2....."

Atau,

"H..kursi terbalik."

Sejauh ini, mereka terbiasa dengan awal pembelajaran dengan mengingatkan pelajaran yang sudah lalu, kemudian menulis hari dan tanggal, kemudian judul materi yang akan dipelajari. Seperti itu. Kalau aku lupa sedikit saja, mereka pasti berteriak mengingatkan.

Friday, 4 November 2016

Karakter Muridku: Santri-Tukang Telat


Aku heran, bagaimana pola pikir orangtua mereka? Kenapa santri yang masuk di sekolah kami, hampir 90℅ nya bermasalah? Misalnya, anaknya nakal, keluarganya broken home, atau orangtuanya tak sanggup lagi mendidik mereka.

Lah kok?

Aku juga orangtua. Seorang ibu pula. Amit-amit jabang bayi misalnya anakku bermasalah. Tapi apa ya nggak malah salah kaprah misalnya memasukkan anaknya di pondok pesantren karena bermasalah? Terus tanggungjawabnya sama Gusti Allah piye?

Sumber gambar di sini

Thursday, 3 November 2016

Sepatu Sepak Bola dan Cita-Citaku di Waktu Kecil

[Sponsored Post]

Jam dinding sudah menunjukkan pukul 07.00. Kok belum pada baris ya? Mau upacara bendera jam berapa?

Aku keluar kelas. Ku dapati parkir motor masih sepi. Pada telat nih.

"Nggak upacara ya, Bu?" tanya muridku.

"Nunggu guru yang lain dulu ya, bu guru kurang tahu. Siap-siap saja, topinya dipakai."

Akhirnya, upacara pun dimulai ditemani dengan kemanyunan atasan karena banyak guru yang telat. Aku berdiri di belakang kepala sekolah sambil sesekali mengawasi muridku. Saat aku menebarkan pandangan, mataku tertarik dengan sesuatu yang mencolok, hijau ngejreng warnanya.

Wednesday, 2 November 2016

Karakter Muridku: Tendangan Maut Miftah


Baru juga selesai berdoa, lah Miftah kok sudah sibuk sama umbulnya.

"Miftah, masukkan umbulmu di dalam tas!"

Dia tak bergeming.

"Miftah..." mak lampir mengeluarkan suara paling manis sejagad raya.

Tuesday, 1 November 2016

Karakter Muridku: Anti, Si Tak Sabar


Dari 36 muridku, ada satu anak yang menurutku pola pikirnya sudah berbeda dari teman-temannya. Namanya Anti.

Pernah suatu hari saat pulang sekolah, aku selalu membiasakan teknik tebak-tebakan membaca tulisan di papan tulis. Siapa yang bisa membaca, angkat tangan, kalau betul, pulang. Nah, saat itu Anti ini angkat tangan pertama kali, betul pula. Bersalamanlah dia ke arahku sesampainya di depan pintu,