Wednesday, 9 November 2016

Perut Kembung Mengganggu Tidur Malam Anakku, Punya Solusi?


Barusan aku BW ke blog teman dan pilih label parenting. Di artikel temanku itu aku ketemu lagi sama kalimat, "Tidur malam yang nyenyak sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang si kecil." Blaik! Aku jadi ingat soal tidur malam Kak Ghifa.

Seringkali kalau malam, Kak Ghifa rewel banget. Nggak sampai bangun sih, tapi mulutnya ihak-ihik dan kelimpungan ke sana-ke mari. Setiap kali aku cek, eh, ternyata perutnya agak keras dan bunyi mbung mbung mbung, kembung.

Kak Ghifa bobik pules yaaa

Kalau sudah seperti itu aku hanya bisa mengoleskan minyak telon dan memijat perutnya searah jarum jam. Itupun sambil merem-merem, ngantuk puol. Gitu terus sampai aku nggak sadar dan Kak Ghifa tertidur lagi. Nanti rewel lagi. Paling senang kalau habis aku pijat dia kentut, duuuttt...Duh, pasti lega. Soalnya kalau sudah kentut, dia nggak rewel lagi dan pules tidurnya.

Wajar sih ya, kita yang orang dewasa aja kalau pas kembung melanda suka nyedit sana nyedit sini. Cari posisi enak. Hihi. Kalau sudah dikasih balsem atau minyak gosok terus bisa kentut, luar biasa nikmatnya. Lah ini anak kecil euy.

Sebenarnya aku itu terheran-heran, sebenarnya apa sih penyebab kembung yang dialami anakku? Aku browsing di internet menyebutkan soal makanan (brokoli sering emmhuat kembung apabila dikonsumsi berlebihan), kurang gerak dan sufor yang tidak cocok. Berdasarkan analisis ku, itu tak jadi sebab pada anakku deh.

Apa mungkin karena kipas angin yang aku nyalakan sepanjang malam ya? Atau yang lainnya? Sebelum tidur, ada beberapa ritual yang aku lakukan untuk Kak Ghifa.
  1. Mandi dengan air hangat. Anakku itu pecicilan banget. Lari sana-sini, manjat jendela, dkk. Nggak bisa bayangin deh betapa keringatnya sangat meluber. Hahaha. Yo wis, sebelum tidur kudu mandi. Sampai sekarang kalau mau tidur kok nggak mandi, dia malah rewel.
  2. Anakku itu tipenya punya keringat yang melimpah. Gerak dikit berkeringat. Sama halnya pas tidur. Hal itu diperparah lagi dengan kasur busa dan kelambu yang aku pakai. Mungkin hawanya panas ya? Keringatnya sudah banjir di mana-mana. Kalau sudah seperti itu kipas angin harus nyala. Pakai kipas tangan mana tahan dia, kurang mak wuuusss...
  3. Sebelum tidur aku selalu melaburkan minyak telon di beberapa bagian tubuh Kak Ghifa. Misalnya, telapak kaki. Setelah itu aku pakaikan kaos kaki. Lah kok ya masih kembung.
Apa yang salah? Pernah sih aku dan suami sengaja untuk tidak pakai kelambu (gemes sama nyamuk kalau nyium pipi Kak Ghifa yang gembul) pas tidur. Tapi sama saja, perutnya tetap kembung. Padahal kipas angin tidak ku nyalakan lho, cuma pakai kipas tangan.

Sumber gambar di sini
Sampai hari ini aku masih mencari solusi biar Kak Ghifa nggak kembung setiap malam. Karena ya aku ingin tumbuh kembangnya tidak terganggu hanya karena tidurnya tidak nyenyak. Aku kan juga pengen tidur ngorok. Biar fit gitu pas bangun.

Apakah kamu punya solusi lain atau menemukan kebiasaanku yang salah? Tolong beritahu aku ya, agar aku bisa belajar.

30 comments:

  1. semoga bs segera dpt solusi ya mba, maaf saya ga bs ikut bantu

    ReplyDelete
  2. Kipas anginnya diarahkan ke tembok aja mbak, berlawanan dengan kita tidur, jadi gak masuk angin tapi tetep adem, keringat berlimpah itu tandanya dia aktif dan otaknya berkembang terus masa pertumbuhan juga kalau sering kembung cobain kasih rebusan temulawak atau kunyit bisa mengeluarkan gas di perut dan mencegah kembung, biar gak pahit kasih gula aren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temulawak? Lah pahit mbak? Mending kunyitnya dong ya.

      Delete
  3. pernah baca bukunya Dr Hiromi Shinya the miracle of enzym, kalau anak kembung biasanya sebelum tidur kekenyangan susu mba terutama susu formula. ini dari buku ya bukan pengalaman pribadi karena anakku sudah besar sudah smp ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya Mbak.
      Tapi anakku itu minum sufor kalau siang aja pas tak tinggal kerja. Kalau malam nggak pernah.

      Delete
  4. Sama mb ika, anakku kalau malem tiap berapa jam atau malah mendekati pagi tiap berapa menit gelisah diselingi nangis nggak keras si..tapi kalau aku ta nenenin aja, terus langsung diem. Aku blum cek si perutnya. Dan aku juga seringnya kipas anginan, panas je..semarang gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...
      Apalagi Semarang ya, panas banget.
      Iya Kak Ghifa juga gitu Mbak. Diem kalau dinenenin tapi ntar ihik2 lagi. Perute kalau udah dikasih telon agak mending. Plongnya kalau bisa kentut. Hahaha

      Delete
  5. Udah coba pake essential oil di telapak kaki trus pk kaos kaki, Mba?

    ReplyDelete
  6. Kalau resep ibu saya dulu minyak kayu putih (sekarang minyak telon) dicampur parutan bawang merah terus digosok-gosok ke perut mbak. Seingat saya sih gitu saja.

    Semoga Ghifa cepat sembuh ya kembungnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti hampir sama Mbak.
      Aamiin, makasih ya Mbak.

      Delete
  7. Anakku sering kembung tingkat akut Mbak. Segala oobat nggak cocok. Akhirnya kembali ke alam. Pakai daun jarak (segala jenis, lebih mandhi yg jarak pager, bentuk daun menjari). Ambil2 buah daun jarak, siapkan teflon, kasih minyak goreng dikit saja, ratakan di daunnya Mbak. Lalu digarang sebentar sampai daun alum. Dalam keadaan hangat, balurkan di punggung,dada, di perut, taruh daun di pusar (daun nggak usah diremet yo Mbak). Rasakan sensasi terapinya, harusm, hangat (termasuk ibunya yg gendong). Hangat dan harumnya khas, nggak seperti minyak2 yg dijual itu Mbak. Ini alami, jadi beda banget. Insyaallah kembungnya hilang. Bisa dicampur ma minyak telon or kayu putih. Tapi biasanya aku murni daun jarak. aku sampai nanem beberapa jenis jarak di rumah, setelah coba2, yg paling manjur yg jarak menjari warna hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun jarak menjari ya? Perlu dicoba nih. Di depan rumah ada mbak. Ntar tak coba. Makasih ya, Mbak.

      Delete
  8. Hee, beneran pengen ngorok? :))
    Kadang-kadang, orang yg ngorok sering keselek ngoroknya sendiri lho.
    Batal deh dapet tidur berkualitas.
    *bilangin gak ya kalo pengalaman sendiri :P

    Selamat bobok kakak Ghifa, semoga ndak pernah kembung lagi yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk...
      Ngoroknya sampe ngilerrr Mbak.

      Makasih ya Mbak

      Delete
  9. Apa mungkin kebanyakan mikcu nih Ghifa? Biasanya sih kembung model begini memang disebabkan oleh sesuatu yg masuk ke dalam lambung. coba dicek lagi asupan Ghifa yg kira2 bisa dijadikan 'suspect'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikcu ASI apa mungkin Mbak? Soalnya Kak Ghifa nggak pernah minum sufor sebelum tidur.

      Delete
  10. Kenzie jg klo mlm msh sk bangun 2 ato 3 kali. Tp sm aku tak nenenin aja. Gak tak cek perutnya kembung apa gak. Dia jg srkng bs dibilang udah ga pernah tak pakein minyak telon lg..emaknya males hehehe... Sm kayak Ghifa, Kenzie jg klo kringetan berlimpah. Kmrn mlah smpt biang keringat sebadan pe muka segala. Digaruk ampe luka. Sm dokter disuruh hindari panas/keringatan. Soalnya klo kringetan dikit aja bakal rewel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bangun 2 sampai 3 kali itu masih wajar ya Mbak. Kak Ghifa ini lebih dari itu. Useeekk mulu kalau pas kembung.

      Delete
  11. kalo.. anak ku duly suka buang angin... mba.., kemungkinan emang sistem pencernaannya sih.. dari makanan dan suau formula... terus ganti sufor kedelai..eh alhamdulilah gak buang angin terus... kaya kembung gitu..

    ReplyDelete
  12. Perut kembung mmg tdk nyaman mb aplg buat anak2 biasanya aku jg tak ksh m kyu putih

    ReplyDelete
  13. Waa aku belum pernah punya pengalaman besarin anak bayi nih. Mungkin bisa tanya2 sama dokter atau bidan atau perawat pas imunisasi

    ReplyDelete
  14. Aku juga suka kembung, Mbak. Aku coba tipsnya bisa kali ya. Hehe
    Aku tinggal di Sumowono jd yo gt. Banyak anginnya. Hehe

    ReplyDelete
  15. aku juga sering kembung, apalagi ditambah asam lambung yang sring naik...huhu

    ReplyDelete
  16. Waduhh apa ya solusinya, saya lupa kk

    salam kenal ya, kunjungan perdana nih, semoga kita semakin kenal

    ReplyDelete
  17. Mas Ghifa sugehh keringet yoo,sehat...
    Aqla juga kadang gitu mbk,sampe q bangunan dia hehe...baru deh tidur lg

    ReplyDelete
  18. Kalau aku sih sebelum tidur kasih minyak telon ke Hasna Mba.. Perut sama kaki.
    Dia kadang kebangun krn kepanasan, pakai kipas anginnya diarahin ke tembok biar nggak kena tubuh langsung.
    Smg nggak kembung lagi ya Kak Ghifa

    ReplyDelete
  19. AKU dari kecil langganan kembung hehe...coba jahe merah ditumbuk campur lidah buaya dikasih cuka dioles ke perutnya

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!