Thursday, 29 December 2016

Tips Berbagi Hadiah dengan Orang Terkasih


[Sponsored Post]


Tahun baru ada acara apa bareng keluarga? Mumpung bersamaan dengan liburan semester, kumpul keluarga jadi alternatif paling murah untuk mengisi malam pergantian tahun baru ya?

Di keluargaku sendiri ada rencana mau bakar-bakaran gitu. Mau bakar apa? Mau bikin bakso bakar, cakar bakar, tempuran bakar, dan masih banyak lagi. 

Rencana bakaran ini sudah disusun dari jauh hari. Karena kelurga kami jumlahnya banyak, apa-apa yang dibutuhkan dibagi sama rata. Ada yang kebagian beli bakso, cakar ayam, nyiapin bumbu, beli alat panggangnya, dll.

Di luar kegiatan bakaran bareng keluarga besar ku, sebenarnya, aku dan keluarga kecilku punya kebiasaan tersendiri lho di malam tahun. Apa itu? Berbagi hadiah. Kenapa kok berbagi hadiah?

Sebenarnya begini, bagi hadiah ini dilakukan di akhir tahun selain untuk penyemangat di tahun berikutnya juga untuk membayar 'hutang'. Kok bisa? Misalnya nih ya, aku. Biasanya di hari ibu aku itu membelikan sesuatu untuk ibuku. Nah, karena pas hari ibu kemarin dana lagi menipis, ku tunda tuh untuk memberikan hadiahnya. Nah, hadiahnya ku berikan pas akhir tahun gini. Hihi.

Jangan dibayangkan kalau hadiah yang kuberikan itu yang mahal harganya ya. Karena aku lebih mementingkan nilai gunanya untuk penerima hadiah. Pernah nih aku memberi suami hadiah berupa deodoran, karena kebetulan deodorannya mau habis. Atau beliin sandal untuk bapak karena sandalnya baru saja rusak.


Ngomong-ngomong soal hadiah, memang tak mudah untuk memilihnya agar pas untuk orang yang kita beri. Selain karena nilai gunanya, biasanya aku lihat apa kesukaannya, hobinya. Misalnya nih ya.

Penggila olahraga
Sebenarnya yang disebut sebagai penggila olahraga itu ada dua tipe. Ada yang memang rutin berolahraga atau mereka yang lebih suka menikmati olahraga sebagai tontonan saja. Nah, untuk penggila olahraga ini kamu bisa lho memberikannya benda-benda sebagai penunjang dirinya berolahraga. Memang sesederhana itu sih tapi pasti akan memberikan kesan untuknya. Atau untuk yang hanya penikmat olahraga bisa tuh belikan kaos tim sepak bola kesukaannya.

Penggemar musik
Biasanya orang yang gemar akan musik kemanapun dia pergi pasti ada musik. Di mobilnya, pas lari-lari, bahkan saat mau tidur musik tidak akan pernah ketinggalan. Nah, untuk dia yang gemar akan musik, kamu bisa lho memberikannya headphone dengan kualitas suara yang bagus serta model kekinian sebagai hadiah. Selain headphone, kamu juga bisa lho sekali-kali memberikannya tiket konser musik gratis.

Pecinta buku
Di keluargamu ada yang pecinta buku? Kalau sudah cinta banget sama buku pasti ujung-ujungnya sih memberikan hadiah buku untuknya. Sebelum membelikannya sebuah buku, pastikan dulu buku yang hendak kamu beli belum dimilikinya. Jangan sampai kamu membelikan buku yang sudah pernah dia miliki ya! 

Suka masak
Dia yang hendak kamu beri hadiah suka banget masak dan sering keluar masuk dapur? Nah, nggak ada salahnya kalau membelikannya perlengkapan masak alumunium terbaik. Kenapa harus perlengkapan masak berbahan alumunium? Ini dikarenakan bahan alumunium itu tidak lengket dan mudah dibersihkan (dicuci) dan dapat mengurangi pelarutan alumunium pada makanan yang kita masak. Pas hari ibu tahun lalu aku juga memberi hadiah ibuku perlengkapan masak alumunium. Harganya juga nggak mahal banget, ada yang tak lebih dari Rp 30.000.

Bagaimana? Sudah dapat inspirasi mau memberi hadiah apa ke orang terkasih?

20 comments:

  1. Wah boleh juga idenya ni, klo bwt yang suka makan kira kira apa ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  2. sebentar lagi mau eniperseri. jadi pengen kasih sesuatu yg spesial buat suami tercinta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciiieeee...Selamat ya, Mbak.
      Harus dipikirkan dari sekarang nih ya.

      Delete
  3. Tipsnya jitu banget :)
    Tapi sepertina aku mo bikin puisi yg mampu meluluhlantakkan hatinya ajah #emak irits hihihi.

    ReplyDelete
  4. Suami gemar olahraga dan guru olahraga, kalau saya memberi hadiah ultah peralatan olahraga, lantas uang beli garam di dapur berkurang dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliin kaos atau celana olahraga kan nggak sampel nosel uang garam, Mbak.

      Delete
  5. Kebetulan nih, suamiku Suka Musik Dan earphonenya udah mulai error. Bisa jadi ide buat kado,ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kalau yang biasa paling 25 ribu dapet tuh, Mbak.

      Delete
  6. Aku masih bingung ngasih apa buat suami Mba hahahha.. Rasanya udah ngasih semuanya, ada sih yg belum.. laptop tapi masih nabung dulu hahahha

    ReplyDelete
  7. Paling sering jadiin buku sebagai kado, Kak Ika. Buat bos, buat temen, buat orangtua, dll. Tapi yg jelas kasih buku yg sesuai sama minat dan kebutuhan mereka, biar bukunya gak dianggurin hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...Intan mah udah ketebak banget. Penggila buku

      Delete
  8. Saya...saya...saya... selalu milih Buku untuk kasih kado ke dede-dede unyu di sekolah atau teman-teman lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...Mbak Ipeh juga kayak Intan nih. Kutu buku eh penggila buku maksudnya.

      Delete
  9. Paling seneng klo dpt buku aku mak bisa nambah2 koleksi bacaan

    ReplyDelete
  10. Wah kekuargaku rata-rata suka buka dan masak nih ☺

    ReplyDelete
  11. Aku juga prefer ngasih hadiah buku... biar manfaat ;)

    ReplyDelete
  12. Buat aku bolehlah kirimi kartu pos aja Ika ;) Murmer dan selalu mengena di hati hihiii...

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!