Sunday, 25 June 2017

Little Hippo, Clodi Lokal yang Murah dan Berkualitas


Sebagai konsumen, kalau sudah tahu kualitas suatu barang itu bagus, suatu hari kalau ada rezeki dan butuh, pasti balik lagi dan beli. Bukan begitu?

Sama halnya denganku. Pertama kali nyobain clodi Little Hippo, aku langsung jatuh cinta sama motifnya yang lucu-lucu. Terus, karena Kak Ghifa suka dan merasa nyaman, otomatis clodi itu sering ku pakaikan kepadanya.


Thursday, 22 June 2017

Andai Kau Ada Saat Bimtek Kurikulum 2013




"Edan tenan! Mosok kelompokku sepuh-sepuh semua? Wah, pasti nanti aku terus nih yang disuruh kerja. Apalagi tugas dari fasilitator serba pakai IT." gerutuku dalam hati pas hari pertama Bimtek Kurikulum 2013 yang ku ikuti sejak tanggal 12-17 Juni lalu.

Wednesday, 21 June 2017

Hobi Mengkritik Orang


Ku lirik jam dinding.

"Ah, sudah pukul 14.00. Aku belum ini belum itu." Ku pakaikan baju lengan pendek ke Kak Ghifa. Tak lupa topi di kepalanya.

"Kakak turun dulu. Ummi mau ngeluarin motor ya."

Saat motor hendak ku starter, tiba-tiba ada tetanggaku lewat.

Sunday, 18 June 2017

Begini ya Rasanya Patah Hati dengan Anak Sendiri


"Kalau ada yang bertanya, kenapa saya tidak ikut diklat? Saya pertegas "tidak lain, karena anak saya. Saya tidak bisa meninggalkan anak saya terlalu lama. Anak saya masih sangat membutuhkan saya". Monggo jika mau membanding-bandingkan saya dengan "guru+ibu rumah tangga" lain yang sama-sama punya balita. Karena saya dan "guru+ ibu rumah tangga" itu sangat berbeda dan tidak akan pernah bisa disamakan. Ingatlah, bagiku karier terbaik seorang istri dari suami adalah menjadi istri yang sholehah buat suamiku dan menjadi seorang ibu yang baik buat anak-anakku."

Kira-kira begitulah status FB temanku. Nggak tahu apa yang melatar belakanginya menulis status tersebut, tapi aku merasa tak ada yang salah dengan prinsipnya.


5 Daftar Beasiswa Terbaik Untuk Melanjutkan Kuliah Jenjang S1 dan S2


Kalau kamu ngikuti TL di Facebook beberapa hari ini, kamu pasti tahu, kabar apa yang lagi hangat? Yap. Tentang diterimanya anak-anak bangsa di universitas negeri. Selamat ya, sebentar lagi jadi anak kuliahan nih.

Ngomong-ngomong soal dunia perkuliahan, memang berbeda dengan dunia anak SMA. Mulai dari pergaulan, akademik, dan bahkan biaya yang diperlukan. Saat SMA, mungkin jenis biaya yang diperlukan tidak akan sampai membuat kantong bolong namun berbeda dengan biaya untuk kuliah.
Sumber gambar: beasiswa.ristekdikti.go.id

Friday, 16 June 2017

Tips Memilih Sekolah Manajemen Bisnis Terbaik


Saat ini anak-anak yang mulai beranjak dewasa menginginkan dirinya diakui oleh banyak orang dan mulai melakukan semua secara sendiri. Termasuk memilih sekolah. Untuk meyakinkan kedua orangtuanya, maka sangat diperlukan pengetahuan yang lebih agar anak tersebut bisa memilih sekolah yang sesuai dengan keinginannya sendiri. Contohnya seorang anak yang menginginkan sekolah manajemen bisnis. Maka orangtua harus tahu bagaimana bersekolah di manajemen bisnis tersebut, seperti apa dan bagaimana nanti kedepannya.

Sumber gambar: sekolahbisnis.asia

Wednesday, 14 June 2017

Tips Memilih Merk AC Terbaik Sesuai Kebutuhan


sumber gambar: carapemesananopcpluscapsule.wordpress.com

AC atau Air Conditioner adalah sebuah perangkat elektronik yang paling banyak digunakan pada area perkantoran, perumahan, mall, hingga institusi - institusi besar. AC sudah menjadi perangkat umum yang tidak asing di telinga masyarakat. Dengan memasang AC pada suatu ruangan, akan membuat ruangan terasa jauh lebih nyaman karena udara dingin yang dihasilkan AC tersebut.

Monday, 12 June 2017

3 Tempat Wisata Kuliner Khas Di Yogyakarta


Nggak terasa kita sudah di 10 hari terakhir bulan ramadan ya? Sebentar lagi lebaran dan lebaran kali ini dibarengi dengan libur kenaikan sekolah. Liburaaaaaan!

Saat waktu liburan tiba, semua orang akan mempersiapkan diri untuk pergi berlibur ke tempat tertentu. Salah satunya pasti akan memilih untuk liburan ke Jogja. Karena di kota ini ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah hingga satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah wisata kuliner.

sumber gambar: dapurumami.com

Sunday, 11 June 2017

Dia yang Asing Bagiku


Aku paham soal ajaran Islam tentang larangan bermusuhan antar sesama. Apalagi lebih dari 3 hari. Dosa. Tapi, ah, aku tidak bermusuhan dengannya kok. Hanya merasa asing semenjak 7 tahun lalu.

Pas Mbak Tina dan Mbak Nunung melempar tema sahabat untuk arisan blog ke 4 ini, aku langsung teringat dengan seseorang yang beberapa hari lalu me-love postingan lawasku di Instagram.

Saturday, 10 June 2017

Aneh tapi Nyata: Lembar Soal UKK Hilang


"Ayo, baris dulu!" perintahku saat anak-anak hendak memasuki kelas untuk ujian jam kedua, bahasa Jawa.

Mereka sudah duduk di bangkunya. Alat tulis sudah siap diajak tempur.

"Sudah siap mengerjakan soal, Anak-anak?"

"Sudah."

"Kalau sudah, mulut dikunci yang bekerja tangannya."

Friday, 9 June 2017

Kangen jadi Mahasiswa


Aku kangen saat,

Tugas yang bertumpuk-tumpuk.

Kunjungan ke sekolah-sekolah.

Presentasi di depan dosen dan teman-teman.

Pulang malam karena lembur tugas.

Glesotan di perpustakaan.

Ngendog berjamaah di fakultas psikologi demi mendapat Wi-Fi gratis.

Ngejar-ngejar dosen.

Thursday, 1 June 2017

Andai Ku Tahu Dari Awal


"Pasti mau beli ayam?" tebak tetanggaku saat aku hendak pergi ke rumah Budhe Rustipah, penjual ayam potong yang rumahnya masih se-RT denganku.

"Hehehe." aku hanya nyengir. Sudah tahu kok ya nanya gitu lho.

Hari ini ayam goreng, besok bacem ayam, besoknya lagi rica-rica ayam, besok-besoknya lagi ayam goreng krispi. Begitulah menu lauk keluargaku. Hampir setiap hari makan ayam. Tak ada bosan-bosannya. Pas ada kabar flu burung, masih sama, setiap hari lauk ayam. Jadi, nggak heran kalau tetanggaku sampai hapal. Hihihi.

Monday, 29 May 2017

Senin di Mataku


Jangan pikir kalau aku ini guru baik-baik, apalagi lempeng sama aturan. Kalau kamu berpikiran seperti itu, salah. Hahaha.

Aku ini guru yang nakal. Suka kucing-kucingan sama kepsek. Kok bisa?

Dimulai dari hari Senin.

Senin tidak hanya identik dengan macet, jalanan ribut, dan ketakutanku kalau Kak Ghifa rewel. Tapi, tampang kepsek yang manyun kalau lihat sepatuku juga jadi salah satu bumerang untuk hari-hari berikutnya.

Saturday, 27 May 2017

Begini Kalau Si Kecil Main di Luar Rumah


"Ghifa, main teruuusss!" komen salah satu tetanggaku. Aku hanya nyengir sambil megangin baju bagian belakang Kak Ghifa. Lah Kak Ghifa emang ngapain, kok dipegangi? Dia berjalan di atas pondasi pinggir kali. Hihi.

Wajar sih tetanggaku komentar demikian. Karena saat itu matahari sudah terik banget. Tapi, mau bagaimana lagi, dilarang juga nangis. Diajak masuk rumah malah teriak histeris. Terpenting dia senang, aman-aman saja, dan aku pas selo.

Anak-anak main di kali
Anak-anak main di kali
sumber foto: pilkada.tempo.co

Thursday, 25 May 2017

Sudah Tahu Rasanya Bersedekah?



"Dalam Islam, bukan menabung pangkal kaya. Tapi, sedekah pangkal kaya."

Jariku tak jadi memencet tombol SEND. Telingaku kupaksa untuk mendengarkan tausyiah Ustad Khalid secara seksama.

"Makin sering kamu keluarkan hartamu, makin bagus yang kita sedekahkan, maka, rezekimu akan semakin dijamin oleh Allah."

Deg!

Kapan terakhir aku bersedekah?

Sumber gambar: http://diarymuslimahindonesia.blogspot.co.id yang sudah aku edit

Sunday, 21 May 2017

Menjadi Guru Honorer yang Open Minded? Harus Dong!


"Mamaaaah, Bu Guru nakal!"

Pensil di tangannya di lempar ke arahku. Tangannya menggebrak-gebrak meja. Wahyu mengamuk hanya karena aku menegurnya. Bagaimana bisa aku diam saja membiarkannya asyik menggambar sedangkan teman-temannya berebut menjawab pertanyaanku?

"Maaf Mbak, Mas Wahyu tidak bisa 'disenggol' sedikitpun." laporku ke Mama Wahyu yang masuk kelas. Seminggu itu dia memang rewel banget di kelas. Maunya ditunggui Mama.

Aku sempat melanjutkan pelajaran, tapi tangisan Wahyu semakin menjadi saat Mamanya main tangan. Hah! Aku malah naik pitam. Aku keluar kelas, pergi ke kantor guru. Aku takut emosiku makin menjadi kalau terus-terusan di sana.

Friday, 19 May 2017

Pengalamanku Memilih Pospak untuk Bayi Kak Ghifa


Saat acara selapanan Kak Ghifa, dengan pedenya aku memakaikan popok sekali pakai untuknya. Ku pikir kan lebih praktis, kalau pun digendong tamu nggak takut kalau pipis atau pup sembarangan. Tapi, bodohnya diriku. Malam, saat hendak mengganti popok Kak Ghifa dengan popok kain, ku lihat ada merah-merah di selangkangannya. Bagaikan kiamat kecil! Anakku kena ruam!

Selama 40 hari pertama, Kak Ghifa memang belum pernah pakai popok sekali pakai (pospak). Karena alasan kepraktisan, saat itu aku memakaikan pospak ukuran S untuknya. Soal merek, aku ngikut sama saudara dan tetangga yang memakai merek tersebut. Ternyata? Malah ruam. Sedih banget rasanya. Kak Ghifa sih nggak sampai rewel, tapi aku sebagai ibu kok rasanya jahat banget.

Wednesday, 17 May 2017

Si Miskin Dilarang Berprestasi


"Kenapa sekarang aku jadi guru? Padahal semasa kecil, aku beberapa kali dibully oleh oknun mereka dan itu masih membekas sangat dalam."

Orang miskin dilarang berprestasi

Mau kaya, miskin, cantik, berkulit hitam, rambut keriting, laki-laki, perempuan, anaknya dokter, anaknya petani, bahkan anaknya pemulung, bukankah mereka berhak berprestasi?

Saturday, 13 May 2017

Lidahku yang Ndeso VS Menu Baru HokBen?


"Hey, sudah sampai sini?"

"Iya, Mbak, Alhamdulillah. Hehehe. Penuh perjuangan banget. Pakai acara tanya abang Gojek, bapak-bapak di pinggir jalan, penjual sepatu di Pasar Johar. Hahaha. Maklum lah, belum pernah ke sini (Paragon Mall Semarang)."

"Ih, situ wong ndeso ya? Nggak pernah nge-mall."

"Ah, tahu aja deh, Mbak. Hahahaha." aku terkekeh dan kemudian berlalu bersamanya.

Thursday, 11 May 2017

Kurang Komunikasi? Bubar Jalan


"Haduh, lapar. Tadi siang cuma makan mie ayam." Aku segera menidurkan Kak Ghifa di kamar. Untungnya dia tidur, jadi, aku bisa langsung makan malam. Ehm, makan malam yang telat. Gimana nggak telat? Sudah pukul 20.30 WIB.

Thursday, 4 May 2017

Mau Menang Live Tweet? Begini Caranya!


"Ah, kalau ada Mbak Diyanika, aku nyerah deh."

"Mbak Ika itu lho menang mulu kalau live tweet."

"Ih, yang menang itu-itu mulu ya."

Bingung juga sih kalau ada yang bilang kayak gitu. Tapi, aku aamiinkan saja apa kata mereka. Kan didoain. Hihi.
Tips menang live tweet

Hanya saja, aku sering gagal paham misalnya ada yang bermental kepiting. Ada temannya yang 'naik' pasti ditarik ke 'bawah'. Temannya sering menang, malah sirik, cari-cari kesalahan. Bukankah lebih baik belajar dari kemenangan dari teman? Kok dia bisa menang? Rahasianya apa ya? Tanya ah..*yang ini aku suka*

Tuesday, 2 May 2017

Dibuat Bingung di Hari Pendidikan


"Berarti kalian belajar di rumah berapa hari?"

"Tiga hari, Minggu, Senin, dan Selasa." Muridku girang sekali. Merekapun segera memakai tas dan bersiap untuk pulang.

Muridku sudah pulang, kelas pun usai ku sapu. Duduklah aku sambil menikmati semilir kipas angin yang bak oase di tengah gurun pasir.

Saturday, 29 April 2017

4 Jenis Bahan Baju Tidur Wanita yang Bikin Nyaman di Kulit



Ada yang uring-uringan kalau kurang tidur? Aku. Malah tak hanya itu, aku bisa langsung kena masuk angin akut. Makanya, soal kualitas tidur selalu kuperhatikan betul. Aku kan paginya ngajar, berhadapan dengan anak-anak kecil. Nggak etis lah kalau hanya karena kurang tidur, jadi nggak profesional di kelas. Bisa digeruduk orang tua murid. Takuuuttt...

Kurang tidur

Saturday, 22 April 2017

Berubah Menjadi Ibu yang Kejam Saat Anak Terkena Diare, Muntah, dan Perut Sakit


Tak ada ibu yang ingin membuat anaknya sakit. Bukan begitu? Kecuali ia tak waras. Mati rasa.

Selasa, 11 April 2017

Biasanya saat aku pulang sekolah, Kak Ghifa langsung menyambutku. Hari ini tidak. Dia terlihat lemas di pangkuan ibuku.

Wednesday, 5 April 2017

Kau Tahu Sedetik Kemudian Apa yang Terjadi?


[27 Februari 2017]

Rasanya aku ingin terbang saja. Atau kalau bisa malah menghilang dalam sekejap agar segera sampai di rumah sakit. Gemas rasanya melihat suami mengendarai motor nggak was wus was wus (padahal saat itu baru saja kelar adzan dzuhur).

Aku menghela napas.

Selama di perjalanan, otakku tak waras. Pikiranku mengambang ke mana-mana. Mikir A, mikir lagi misal B. Hah! Dalam hatiku, "Ya Allah ijinkan aku merawat anakku lagi."

Sunday, 26 March 2017

Begini Cara Sukses Menyusui untuk Ibu Bekerja


Menjadi ibu bekerja itu nggak ada salahnya. Kalau bisa bantu keuangan keluarga dan suami mendukung, why not? Tapi, jangan sampai karena bekerja justru anak yang jadi korban! Misalnya, anak tak terpenuhi ASI eksklusifnya. Wew! Jangan sampai ya!

Kamu seorang ibu bekerja yang hendak kembali ke kantor setelah cuti melahirkan? Coba deh baca pengalamanku, biar nggak nyesel.

ibu bekerja sukses menyusui
Ummi kerja dulu ya

Friday, 10 March 2017

Setelah Berenang Trauma Mandi? Begini Cara Mengatasinya


Kak Ghifa menangis tersedu-sedu.

Tangannya berpegangan erat di punggungku.

Kedua kakinya mencengkeram tubuhku.

Aku merasa sedikit kesakitan, "Anak lanang tenan. Kuat banget." bisikku.

"Kakak, ayo mandi! Nggak papa. Ini kan nggak di kolam renang. Airnya juga nggak dingin. Nggak usah takut." bujukku.

Kak Ghifa tetap meringsek di badanku. Tapi masak nggak mandi sih? Apa jadinya kalau nggak mandi? Biang keringatnya akan kambuh lagi kayak dulu. Ih, mengerikan.

Saturday, 4 March 2017

Botok Lamtoro Bukan Makanan Orang Miskin




Aku nemu kalimat berikut di internet,

"Botok lamtoro dianggap sebagai makanan orang miskin."

Wew!

Kok bisa?

Keningku mengkerut.

Makanan yang gurih bin lezat, kaya rempah, dan suka ngabisin nasi gini kok dianggap sebagai makanan orang miskin?

Monday, 13 February 2017

Little Hippo: Kesan Pertama yang Mencuri Hati


"Pakai clodi memang berat di awal, tapi selanjutnya kan ringan. Kalau pakai pospak (popok sekali pakai), kantong jebol melulu."

Kira-kira begitu cerita teman SMA ku yang punya bayi lebih dulu dariku. Dulu, aku berpikir, ah, belum ada uangnya. Pakai pospak dulu nggak papa lah. Nanti beli clodinya kalau pas ada uang. Ada juga yang berpikiran sama denganku?

Kenyataan membuktikan apa?

Wednesday, 8 February 2017

Sebelum Membeli Jam Tangan, Para Pria Wajib Memperhatikan Hal Ini

[Artikel Placement yang disesuaikan]


Sumber gambar: pixabay.com

"Pada Perang Dunia I, beberapa perajin jam tangan membuat jam chronograph dengan jarum jam yang bisa terlihat meski di tengah kondisi gelap saat perang. Jam itu dilengkapi protektor untuk menghindari pecahan peluru."

Betapa pentingnya jam tangan, bukan? Orang-orang terdahulu kita ternyata sudah mengenal fungsi jam ya.

Kalau sekarang apakah fungsinya sudah berubah? Kini, selain sebagai penunjuk waktu jam tangan juga sebagai salah satu item fashion yang dapat menyempurnakan penampilan kita. Ini berlaku untuk perempuan maupun pria.

Tuesday, 7 February 2017

Apa Enaknya Belanja di Alfamart dan Indomaret?




"Kemarin aku beli tisu di Indomaret cuma 17.000. Tak pikir sudah paling murah. Eh, di Alfamart dua pack tisu hanya 25.000!" menyesal tiga hari tiga malam. 

Pernah mengalami kejadian tersebut juga?

Masalah harga belanjaan, kalau perempuan, cuma selisih 500 juga dikejar. Benar nggak? Rasanya ada kebanggaan tersendiri kalau bisa dapetin barang dengan harga paling miring. Lumayan, 500 bisa masuk celengan. Coba angkat tangan yang sepakat! Nggak sepakat? Pasti uangnya melimpah ini. Hihihi. Aamiin.

Monday, 6 February 2017

Hampir Saja Ada Pertumpahan Darah di Kelasku



Kalau siswa berantem di kelas, "Gurunya ngapain?"
Kalau siswa bolos sekolah, "Gurunya nggak asyik ya ngajarnya?"
Kalau siswa suka membantah, "Gurumu ngajarin gitu ya di sekolah?"
Kalau siswa nggak berangkat sekolah, "Gurunya pasti galak."

Napasku langsung sesak! Susahnya menjadi guru. Dituntut banyak, tapi jarang yang perhatian. Apalagi pemerintah. Pak, ayo adain CPNS, semoga aku diterima. Jadi lelahku ada harganya.

"Dasar guru matre."

Tuesday, 31 January 2017

Kreatif di Tengah Keterbatasan? Kenapa Tidak?


"Hampir 95,4% pengguna internet di Indonesia membaca konten berita dari smartphone. Sementara itu, 56,5% pengguna internet di Indonesia rata-rata membaca 4-12 artikel per hari."
*** 
Baca hasil survey tersebut masih mau ngeluh malas ngeblog? Kenapa nggak memperbaiki konten blog kita saja agar dilirik pembaca? Hari gini nggak ada alasan buat nggak ngeblog apalagi mempermasalahkan soal keterbatasan media. Kita bisa kok ngeblog dengan media yang kita punya saat ini. Aku sudah buktikan lho, ngeblog tetap jalan walau dengan tablet 7 inchi dan smartphone dengan kamera 5MP. Karena aku yakin,  "Kreatif di tengah keterbatasan? Kenapa tidak?"

Saturday, 28 January 2017

Karma itu Tak Selalu Menyakitkan


Karma itu tak selalu menyakitkan. Sejak awal semester 2 ini, keuangan keluargaku terombang-ambing. Semua karena anak itu. Aku pertahankan dia dan menolak 3 anak lainnya. Tapi ternyata apa?

Sebelumnya aku pernah membuat postingan dengan judul Saat Uang Begitu Menggoda. Ini kelanjutan ceritanya. Akhir yang tak pernah ku duga-duga.

Thursday, 26 January 2017

4 Tips Aman Sewa Rumah dengan Budget Minim


[Sponsored Post]

4 tips aman sewa rumah dengan budget minim. Kalau pas lagi nggak cocok sama pola asuh ibuku ke Kak Ghifa rasanya aku pengen ngajakin suami buat sewa rumah. Tapi sering mikir dananya dari mana? Kalaupun ada pasti minim banget. Cari rumah sewa pun nggak mudah.

Tidak dipungkiri ibuku ikut campur dalam mendidik dan merawat anakku. Karena memang gimana lagi, kami hidup serumah. Itupun sudah jadi kontrak awal sebelum menikah untuk tidak pisah rumah. Aku juga kasihan sama bapak ibu sih karena anaknya ya aku saja. Mau bagaimana lagi?

Monday, 23 January 2017

Hidangan di Kala Flu Melanda dan Cerita di Baliknya



Tak dipungkiri, merawat anak itu sangat melelahkan, bukan? Apalagi saat mereka sakit. Ibu rela begadang setiap malam untuk menjaga sang buah hati agar tertidur lelap. Buntutnya, karena sering begadang ibu jadi masuk angin atau terkena flu.

Layaknya ceritaku beberapa hari yang lalu. Karena Kak Ghifa lagi bapil, aku yang setiap malam begadang malah kena flu. Hidung rasanya gatel, bersin-bersin mulu, dan badan rasanya gregesen. Mumpung belum terlalu serius, aku berusaha untuk mengobatinya. Jangan sampai Kak Ghifa sembuh eh malah gantian aku yang sakit.

Saturday, 14 January 2017

Suka Duka Ngeblog dengan Smartphone dan Tablet


[Sponsored Post]


Suka duka ngeblog dengan smartphone dan tablet. Hari gini nggak ada alasan lagi buat nggak update blog. Jarang update, wassalam deh blogmu. Demi ketenaranmu di dunia blog, maka mau nggak mau update blog harus tetap dilakukan sekalipun nggak ada laptop atau netbook. Banyak lho yang produktif ngeblog walaupun ngeblog hanya dengan smartphone atau tablet.

Aku cukup kaget pas melempar pertanyaan di facebook soal siapa saja yang ngeblog dengan smartphone dan tablet. Ternyata banyak banget. Wah, aku ada temannya. Tapi paling banyak memang perempuan, khususnya ibu-ibu. Hebatnya lagi ada yang mengaku bisa menyelesaikan sebuah buku hanya dengan menulis di smartphone. WOW banget.

Thursday, 12 January 2017

Agar Si Kecil Mau Makan Sayur

Agar si kecil mau makan sayur. Ibu mana yang tak bahagia hatinya melihat si kecil mau makan sayur? Tapi banyak juga ibu di luar sana yang langsung galau segalau-galaunya saat si kecil melepeh sayur yang harusnya dimakan. Sebenarnya nggak harus galau, kan banyak cara agar si kecil mau makan sayur. Bagaimana caranya?

Aku juga sempat galau sih pas Kak Ghifa sudah mulai makan dengan menu keluarga. Dia maunya hanya makan nasi dan kuah. Lah, menu 4 bintangnya (karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur) nggak tercukupi dong. Padahal tubuhnya sangat butuh.

Saturday, 7 January 2017

Rahasiaku Tidak Pernah Sembelit Selama Hamil



Masih berkaitan dengan postingan soal ambeien yang aku derita, kali ini aku ingin berbagi rahasiaku tidak pernah sembelit selama hamil.

Baca Juga:
Punya Ambeien Aku Bisa Melahirkan Normal

Alhamdulillah, selama hamil aku memang tidak pernah sembelit. Kalau sampai ada cerita seminggu sebelum melahirkan muncul ambeien itu bisa jadi karena kebiasaanku terlalu lama duduk (apalagi di atas motor) atau karena hormon saat hamil. Ehm, satu lagi, bisa jadi karena perubahan berat badanku yang sangat drastis.

Monday, 2 January 2017

Tips Agar Bayi Tertidur Nyenyak



Ibu mana yang tak senang anaknya cepat tidur saat malam datang? Tapi ibu mana yang suka kalau anaknya tengah malam bangun dan untuk kembali tidur lagi butuh waktu yang tak sebentar? Padahal esok hari ibu harus bekerja dan suami juga. Ngantuk? Pasti lah.

Lima belas bulan kehadiran Kak Ghifa membuatku belajar apa-apa yang membuatnya tidak bisa tidur nyenyak. Tapi ada kalanya aku lupa, namanya juga manusia ya, sudah tahu kalau diapernya mau penuh karena sudah terlanjur ngantuk ya tidur saja. Tengah malam Kak Ghifa rewel terus begadang deh.