Thursday, 4 May 2017

Mau Menang Live Tweet? Begini Caranya!


"Ah, kalau ada Mbak Diyanika, aku nyerah deh."

"Mbak Ika itu lho menang mulu kalau live tweet."

"Ih, yang menang itu-itu mulu ya."

Bingung juga sih kalau ada yang bilang kayak gitu. Tapi, aku aamiinkan saja apa kata mereka. Kan didoain. Hihi.
Tips menang live tweet

Hanya saja, aku sering gagal paham misalnya ada yang bermental kepiting. Ada temannya yang 'naik' pasti ditarik ke 'bawah'. Temannya sering menang, malah sirik, cari-cari kesalahan. Bukankah lebih baik belajar dari kemenangan dari teman? Kok dia bisa menang? Rahasianya apa ya? Tanya ah..*yang ini aku suka*

Yah, kalau nggak ada kepiting, saus tomatnya mah nggak laku. Namanya hidup ya, siap-siap dinyinyirin saja. Asalkan tahu lah, habis dinyinyirin terus ngapain. *lupakan, apa sih ini?*

Aku juga pernah kok kalah live tweet. Memang sih banyak menangnya. Tapi, aku ikut event bloger juga cuma berapa kali? Jari sepuluh aja belum genap. Pedenya kok selangit ya. Hihihi. Itu artinya kesempatan buat blogger lain untuk menang kan juga lebih banyak.

Bukan sok menggurui atau sok bisa, aku hanya ingin berbagi tips menang live tweet. Ini aku tulis sesuai dengan pengalamanku selama ini.

Sebelum event berlangsung:
  1. Aku selalu mempelajari brand atau produk yang akan melaksanakan event. Ini bisa dilihat dari web-nya atau cari saja di internet. Hal ini ku lakukan untuk memperkaya pengetahuan tentang brand tersebut. Biar pas di acara nggak kelihatan bengong-bengong banget.
  2. Misalnya event blogger yang akan kamu ikuti itu bergilir dari Jakarta, Jogya, dst, coba deh cek TL sosmed teman blogger di sana. Kira-kira isi tweet mereka apa? Bagusnya lagi ikut RT atau balas tweet mereka. Jangan lupa, ambil garis besarnya! Atau copas tweet mereka dan ubah dengan bahasa kita. Ingat, jangan copas PLEK KETEPLEK ya! Urutkan dan rangkai sehingga jadi bahasa tweet yang lebih mudah dipahami. Tentunya tweet itu juga kamu banget. Simpan deh di notepad atau aplikasi yang ada di hape kamu. 
  3. Siapkan beberapa provider yang berbeda. Atau kalau perlu survey dulu sebelum hari H. Kira-kira di tempat event nanti kalau pakai provider ini, bagus apa tidak? Bagaimana cara surveynya? Cara termudah ya dengan tanya sama teman yang rumahnya dekat daerah situ. Ini hanya buat jaga-jaga, misal sinyal provider A jelek, kamu nggak bakal mati kutu. Soalnya aku pernah nih, pas awal-awal ikut event blogger nggak bisa nge-tweet karena sinyalnya jelek banget.
  4. Cas powerbank dan jangan lupa dibawa lho pas event. Hihi. Ini jadi barang wajib banget untuk dibawa. Kan nggak asyik juga misal lagi serius nge-tweet eh baterai habis. ZONK deh. Misal ada teman yang bawa dan nganggur sih OK saja ya. Tapi, masak iya, mau ngrepotin mulu.
  5. Alat rekam. Biasanya aku pakai HP. Doain ya segera ada dana buat beli recorder. Ketika di event, saat kita asyik nge-tweet pasti akan ada informasi yang terlewatkan. Nah, dengan adanya alat rekam ini kita bisa terbantu. Jadi, saat di rumah dan hendak menulis hasil liputan kan jadi terbantu. 
  6. Follow atau add sosial media brand. Jangan sampai saat di tempat event baru tanya-tanya, sosial medianya apa? Akan lebih baik kalau sudah tahu lebih dahulu. Jadi, kesannya lebih siap untuk memperkenalkannya ke khalayak. Biasanya juga di undangan sudah dicantumkan sih ya. Selagi selesai baca, langsung aja follow. Kalau menunda ntar malah jadi lupa. Ini masalah sepele sih, tapi sering diabaikan.
  7. Sebelum event, akan lebih baik kalau kamu share ke teman-teman sosmed kamu tentang kegiatan yang akan kamu lakukan esok harinya. Karena mau tidak mau saat kamu nge-tweet itu akan memenuhi TL mereka juga. Misalnya di awal sudah ada 'ijin' mereka akan tahu, 'Oh, ini eventnya!' Kalau aku biasanya bikin malam sebelumnya, kemudian aku bikin postingan terjadwal dengan aplikasi Hootsuite. Jadi, misal kelupaan kan aman.

Saat event berlangsung:

  1. Perkuatlah niat datang ke event ini untuk bekerja sekaligus membangun networking. Lakukan yang terbaik. Dengan cara apa? Bagikan informasi dengan tepat. Di sinilah gunanya mempelajari brand atau produk tertentu sebelum event. Kita punya gambaran terlebih dahulu. Karena bagiku, saat aku sudah dipercaya untuk ikutan suatu event, maka aku harus mengenalkan brand tersebut dengan sebaik dan sebenar-benarnya. Jangan sampai hanya karena salah nyebut angka malah berakibat yang tidak baik bagi brand yang sudah mengundangku. Jadi, bersungguh-sungguh adalah kuncinya.
  2. Jangan lupa nyalakan recorder.
  3. Perhatikan hestek yang digunakan. Jangan sampai salah. Setiap kali nge-tweet sertakan hestek. Lebih bagus lagi kalau mention atau tag brand yang bersangkutan.
  4. Perhatikan betul apa yang disampaikan oleh narasumber. Ambil intisari yang disampaikan. Tweet dengan bahasamu sendiri yang lebih mudah dipahami. Kalau misalnya kamu sudah menyiapkan tweet dari melihat tweet teman blogger sebelumnya (baca poin 2 sebelum event), tinggal nyocokin saja. Mana yang harus ditweetkan. Ini akan mempermudah kinerjamu dan kamu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk memperhatikan narasumber tanpa harus lihatin gadget mulu.
  5. Usahakan buatlah tweet yang runtut. Misalnya, menerangkan cara menggunakan suatu aplikasi. Tiap tweet berilah tanda step by step. Contoh: (1) Download di....(2) Log in dengan menggunakan email, (3) dst...Jangan sampai narasumber sudah ganti topik, eh step by step nya nggak dilanjutkan. Alias tweetnya loncat-loncat.
  6. Jangan salah menyebut gelar, nama orang atau produk. Lebih baik tanya dulu ke panitia atau teman daripada asal-asalan aja nge-tweetnya.
  7. Buat tweet dengan singkatan yang umum, misalnya, yg, dgn, utk, dll. Tujuannya agar tidak ada pemahaman ganda.
  8. Baca lagi sebelum klik KIRIM.

Perlu diingat, sekalipun saat diundang ke suatu event blogger dan nggak ada ketentuan nge-tweet, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan live tweet. Siapa tahu nanti malah dilirik sama brand tertentu buat diajakin kerjasama.

Soal menang atau kalah saat live tweet, sebenarnya itu adalah rezeki. Percayalah kalau rezeki itu tak melulu soal uang atau barang tertentu. Kamu nggak menang live tweet eh dapat rezeki teman baru, kesehatan atau lainnya.

Kesimpulannya,
Kita tak perlu iri sama rezeki orang lain. Karena setiap orang sudah ada jalan rezekinya sendiri. Bagaimana cara menjemput rezeki? Melakukan segala hal dengan semaksimal mungkin. Kalaupun belum ada hasilnya, itu artinya rezeki kita di tempat yang lain atau dalam bentuk yang lain. Bukan, begitu?

Punya pengalaman juga tentang tips menang live tweet? Boleh lho berbagi. Ini caraku, bagaimana caramu?

36 comments:

  1. Makasih mb Diyanika tipsnya. Keren. Aku coba ikuti akh
    Aku nggak pernah menang lomba tweet e

    ReplyDelete
  2. Ono to sing iri, say?
    Hihihi rezeki wong kan beda2 yaa wia diatur..
    Sok neh nek menang LT, hadiahe go ak yaa hahaha

    ReplyDelete
  3. Wah wajib catet nih tipsnya, mantebz

    ReplyDelete
  4. Walah dalah kibas jilbab ama yang suka nyinyir mah, kalau aku mah seneng ketemu mbak ika diyan soalnya mesti ngekek ketawa happy bareng, menurutku mnak ika ulet, rajin dan detail wajar dan pantes menang, rajin juga, top pokoknya tiap ikut menang pulang bawa hadiah itu sangat positif dan menginspirasi, pan ada yang cuma pengen eksis doang, foto senengnya minta, jarang update blog, tapi pengen jadi blogger mung ikut-ikutan pengen ngehits tok, dan riwil saat acara pengen cepet pulang dan nanyain goodibag ama fee aku paling males ketemu yang kaya gini, dan yang aku salut dari mbak ika setelah dapet rezeki nomplok masih kasih rezekinya ama temen yang lain, chaiyo mbak ika maju terus jangan dengerin sing meri 😉😁

    ReplyDelete
  5. Sukaaa artikelnya. Dtg ke event itu ngga melulu soal materi atau fee, tp juga networking ya, Mba. Aku malah seneng klo pas event dan bs mengenal temen2 lbh deket. Hadiah itu bonus. Dan bener kata Mba Ika, kita dipercaya sama brand dan sbg spoke person sehari itu makanya hrs bisa tune in dan ngasih yg terbaik

    ReplyDelete
  6. Wah tipsnya mantap nih, mbak. Saya belum pernah ikutan lomba live tweet sih. Tapi kalau pas ikutan event live tweet ini berguna banget buat ngerangkum materi event

    ReplyDelete
  7. Rejeki kan cuma Tuhan yg tau yah jd kl sering menang lomba apa aja kudu disyukurin. Nah beda orang beda reejkinya. Aku pernah menang lomba live tweet sekali pas ada Trinity Naked Traveler ke Paragon dan dapet buku. Alhamdulillah pokoknya meski abis itu blm rejeki lagi mpe trakir ikut event

    ReplyDelete
  8. recordernya merek apa mbak? beli dimana? *banyak tanya* :D

    ReplyDelete
  9. Mbk ika si keren pokoe langganan juara livetweet 😃 luar biasa ngetike cepet bgt,gak kelewat pikirku,,,, tyta ini to rahasianya 😃

    ReplyDelete
  10. Makasih tips nya mb..blm pernah si aku ikutan, tp ttp aja ilmunya berguna

    ReplyDelete
  11. Tipsnya keren mb, salut ma mb ika yg sempetin survey ttg brand dll, klo udh dipercaya mmg hrs berbuat yg terbaik y mb

    ReplyDelete
  12. Tipsnya mantep! Kesimpulannya keren bgt.. patut dicoba dan bnr2 diresapi *paan sih? :D


    dhe-ujha.com

    ReplyDelete
  13. Aku kok tetep seneng kalo pun gak menang twitt, bisa ikut kopdar aja udh hepi. Jangan sampai iri dengan rejeki orang, itu prinsipku.

    Etapi aku catet loh tips nya, nambah ilmu ini :)

    ReplyDelete
  14. keren mb, totalitas bgt..perlu di tiru ni :D aku si yakin dibalik kemenangan seseorang ada usaha yg lebih didalam nya, dan ini yg perlu ditiru :)

    ReplyDelete
  15. Mantaabss mbak ika..
    Aku lo pernah udh ngetwet berapa x ternyata salah hashtag... jiian tenan :p

    ReplyDelete
  16. keren mba ika, beberpa tips sebenarnya dua aku terapin malam2 sebelumnya sih. cuman giliran ketemu temannya kok malah lupa ngetwit. maklum masih berasa dilingkungan baru, jd masih pengen banyak kenal dgn yg lain. apalagi GRes seru2 semua sih ya. jd masih so excited ketemu stlh biasanya cuman sapa via w.a. qiqiqi... aku notes yaa tipsnya. emg harus e kek mba okada nih supaya menang... gud job mba ika. batokallahu buat sharing ilmunya... mwah

    ReplyDelete
  17. wahhh ada yang sampe ngiri yang ga menang tweet, kalau saya mah woles aja mbak, ga nafsu2 amat sih ikut live tweet, ya gimana lagi ikutan event aja jarang, haha

    tapi makasih tipsnya, nanti saya bisa praktik kan someday

    ReplyDelete
  18. Lengkap sekali Mbak, aku belum pernah sekalipun. Twitku berlumut huhuhu...

    ReplyDelete
  19. Wooh aku baru tahu kalo ada event live tweet gini. ehehe

    ReplyDelete
  20. waaahhhh cocok banget nih ilmunya ....
    terkadang bingung membahasakan nya dengan Gaya dan Time yang tepat

    ReplyDelete
  21. Keren nih tipsnya, bisa dicoba :)
    Thank ya :)

    ReplyDelete
  22. Pernah sekali doang menang live tweet. Waktu itu dateng sendiri, belum kenal siapapun, dan duduk di belakang. Akhirnya asyik ngetweet aja sampe panjaaaang banget. Eh, menang ehehehehe.

    ReplyDelete
  23. Swear iri positif boleh ya nonsay.tiap mau livetweet bawaannya udah fokus level dewa eh tetep aja gk bisa nyantol*lemes dah hahaha

    ReplyDelete
  24. Tipsnya bagus, nih. BEnar-benar harus persiapan, ya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  25. pernah sekali ikut tweet tapi kalah : baterai abis
    ah bener harus siap2 banget
    terims tipsnya mbak

    ReplyDelete
  26. noted dulu karena aku belum pernah dan belum ada niat ikutan event dan utamanya blm dpt restu misua 🤣😂
    keren mb tipsnya yg nyinyir bknnya bnyk bljr dr mb yah hidup mmg kejam jendral 😂

    ReplyDelete
  27. mbak maksudnya live tweet apa ya? baru denger sekali ini soalnya hehe maklum punya akun twitter tapi gak pernah tak pakai hehee.

    Jadi tahu istilah baru dalam dunia pertwitteran nih mbk hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Live tweet itu kita nyeritain apa yg terjadi atau apa yg disampaikan sama Narsum pas kita ikut event, Mas.

      Delete
  28. Keren tipsnya mba,aku suka cape duluan euy ngejar pembicaraan narsumnya,suka ketinggalan..hhee
    Tp emang seru sih live tweet,bikin adrenalin terpacu.

    ReplyDelete
  29. Kalo live tweet tuh ...
    jujur saya paling belibet kalo banyak hestek dan banyak mention ... hahaha
    akhirnya yang terjadi adalah baru satu tweet ... then stop

    salam saya

    ReplyDelete
  30. Keren nih tipsnya, pas buat aku yang masih awam sama event blogger hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  31. Makasih tipsnya Mba Ika..

    Aku nih, sering salah hestek 🙈🙈

    Menang kalah mah urusan rejeki masing2 juga, dan usaha. Pantas mba Ika sering menang krn usahanya lbh drpd yg lain 👍👍

    ReplyDelete
  32. Noted mbak. Makasih tips nya

    ReplyDelete
  33. Makasih tipsnya mbak.., lauar biasa ;)

    ReplyDelete
  34. makasih tipsnya, aku masih pernah sekali aja menang lomba tweet...



    anggiputri.com

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!