Wednesday, 26 July 2017

Buku Ini yang Membuatku Bertahan Menjadi Guru Hingga Sekarang


Bagiku, buku itu mahal. Tak dapat membelinya, perpustakaan kampus jadi tempat yang setiap hari ku jamah sebelum kembali ke kos. Berbagai macam buku kubaca. Paling favorit adalah buku berbau kisah inspiratif atau motivasi yang memenuhi daftar kartu anggotaku. 

Saat Mbak Vita dan Mbak Anita, member Gandjel Rel, melempar tema tentang buku favorit di arisan blog ke 7 ini, aku langsung teringat dengan satu buku berjudul "Indonesia Mengajar".

Sumber gambar: goodreads.com

Thursday, 20 July 2017

Alasanku ingin Mengajak Suami dan Si Kecil Traveling


Semua orang yang kenal dengan suamiku tak percaya kalau dia tak dekat dengan anaknya, Kak Ghifa.

"Padahal semua keponakannya nempel lho. Masak anaknya enggak?"

Kak Ghifa ogah digendong Abi
Buat apa aku membual? Aku saja sedih banget tahu kenyataan ini. Aku sadar betul ini bukan salah siapa-siapa. Karena semua ini memang disebabkan oleh keadaan yang tidak mendukung. Alhasil, aku sering kelewat garang setiap kali suami ada alasan untuk pergi disaat seharusnya dia ada bersama Kak Ghifa.

Tuesday, 18 July 2017

Resep Masakan untuk Si Kecil yang Susah Makan Saat Sakit


"Oh, berarti lidahnya itu ya hidup. Maunya yang segar-segar dan gurih."

Begitu kira-kira komentar ibuku saat Kak Ghifa akhirnya mau makan. Sehari sebelumnya (pas malam takbiran), dia nggak mau makan sama sekali karena badannya memang sedang demam, pilek, dan batuk.
***

Friday, 14 July 2017

11 Tips Mencuci Pakaian Bayi Agar Tetap Awet


Kamu melakukan dan merasakan ini juga?

Setiap kali hendak tidur malam, kupandangi wajah anakku, Kak Ghifa, lekat-lekat terlebih dahulu. Kalau nggak gitu seperti ada yang kurang.

Ah, waktu berlalu sangat cepat. Rasanya baru kemarin aku mengejan di rumah bidan. Saat adzan subuh berkumandang, mak brojot, Kak Ghifa menghirup udara dunia ini. Tangisnya begitu kencang memekakan telinga kami.

Thursday, 13 July 2017

Tips Gurih Bikin Konten yang Pancasilais tapi Disukai Banyak Orang


Pak Heri sedang memaparkan dasar negara kita, Pancasila

Blaik. Kesindir nggak sama yang diucapkan Pak DR. Heri Santoso, Ketua Pusat Kajian Pancasila Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta? Aku iya banget. Dulu, dulu banget, pernah juga sih bikin konten blog yang nyindir teman sekelas. Ha-ha-ha. Tapi, setelah viral di kelas, langsung ku hapus. Jahat banget ya diriku?

Itulah yang ditakutkan oleh Pak Heri dalam pemaparannya pada acara #temublogger #pancasila Flash Blogging, "Menuju 72 Tahun RI, Kerja Bersama-Bersama Kerja" yang dihadiri oleh awak media dan blogger  Semarang di Hotel Santika Premier, 13 Juli 2017. Banyak sekali lho masyarakat, salah satunya blogger, menulis konten-konten yang kurang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Bahkan yang sedang hangat saat ini banyak sekali Ormas yang berusaha mengubah dasar negara dan bentuk negara. Makanya, pemerintah sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan Perppu No 2 Tahun 2017, tentang Ormas.

Pak Wicaksono aka Ndorokakung, Blogger kondang sekaligus Redaktur Media Indonesia

Pas banget nih, acara yang didukung penuh oleh Kadis Kominfo Provinsi Jawa Tengah Dirjen Informasi dan Komunikasi dan Komunikasi Publik menghadirkan Ndorokakung yang sudah malang melintang di dunia perblogger-an.

Wednesday, 12 July 2017

Liburan Berkesan a la Bu Guru


Liburan bagiku tidak harus pergi ke suatu tempat. Bebas dari rutinitas kerja dan bisa menikmati hari-hari yang tidak seperti biasanya sudah kuanggap sebagai liburan.

Seperti liburan kenaikan kelas tahun ini, ada banyak hal yang membuatnya begitu berkesan bagiku. Apa saja itu?

24 jam Bersama Kak Ghifa

Otomatis lah ya, nggak ngajar di sekolah, nggak berangkat ngajar les privat, waktuku bersama Kak Ghifa makin lama bahkan full 24 jam. Rasanya? Seneeeeng banget. Apa-apa, "Miii...." Rasanya kodratku jadi seorang ibu terasa nyata banget.

Tuesday, 4 July 2017

3 Keluhan Ini Menyiksaku Saat Hamil Tua


"Bu, pipis lagi ya?" tanya Mbak Wanti, tukang kebun sekolahku.

"Iya, Mbak."

"Emang gitu kalau sudah hamil tua (8 bulan). Pengennya pipis mulu tapi keluarnya sedikit-sedikit. Ya kan?"

Begitu kira-kira sepenggal cerita yang ku alami, dulu, saat hamil Kak Ghifa yang kini sudah berusia 22 bulan.

***