Tuesday, 18 July 2017

Resep Masakan untuk Si Kecil yang Susah Makan Saat Sakit


"Oh, berarti lidahnya itu ya hidup. Maunya yang segar-segar dan gurih."

Begitu kira-kira komentar ibuku saat Kak Ghifa akhirnya mau makan. Sehari sebelumnya (pas malam takbiran), dia nggak mau makan sama sekali karena badannya memang sedang demam, pilek, dan batuk.
***
Rasanya badanku remuk redam. Semalaman menunggui Kak Ghifa yang demam. Semakin besar dia sih nggak terlalu rewel kalo lagi panas badannya. Paling sesekali bangun minta minum air putih atau nenen. Tapi, tetap saja aku harus siap siaga mengganti kain kompresan di keningnya.

Sampai akhirnya, pagi hari pas semua orang pada sibuk sholat idulfitri, aku malah sibuk di dapur. Tapi, alhamdulillah demam Kak Ghifa sudah turun dan dia kelaparan. Ha-ha-ha.

"Maem-maem....(makan-makan)." Sambil nunjuk arah dapur dan minta piring.

Blaik. Aku gelagapan. Lupa masak sayur khusus Kak Ghifa. Karena tadi subuh baru sempat bikin Garang Asem saja. Kurang tidur memang bikin orang susah konsentrasi ya.

Alhasil, jurus andalan pun ku keluarkan. Bahan apa yang ada di kulkas, ya itulah yang ku masak.

Bahan untuk membuat Sop Bakso Sayur Pelangi
Sayur sop-sop-an jelas ada, karena aku sengaja nyetok sebelum lebaran. Pas buka freezer pun masih ada So Good Kuah Bakso instant rasa sapi. Ya sudah, ku bikin saja Sop Bakso Sayur Pelangi.

Di dalam kemasan So Good Kuah Bakso instant rasa sapi itu kan ada bumbunya, jadi nggak usah capek-capek nguleg bumbu lagi. Tinggal tambah irisan bawang putih dan bawang merah, ditumis, sreng-sreng, tambah air, kelar deh. Masaknya sambil gendong Kak Ghifa ya nggak masalah. Soalnya kan masak resep Sop Bakso Sayur Pelangi ini nggak sampai 30 menit.


***
Senin kemarin, 17 Juli 2017, dini hari, tahu-tahu Kak Ghifa muntah. Padahal dia sedang pules tidurnya.

Diawali dengan batuk kemudian semua isi yang ada di lambungnya keluar. Dia menangis.

"Duh, Kak, besok ummi sekolah, Kakak malah sakit." keluhku.

Perutnya, "Krucuk..Krucuk..."

Masuk angin. Badannya agak anget. Tidur sejam, bangun lagi, muntah lagi. Krucuk-krucuk lagi. Entah sampai 7 atau 8 kali dia muntah. Untung saja setiap kali setelah muntah dia minta minum. Jadi, nggak sampai dehidrasi.

Sambil menjaganya, aku hanya bisa berdoa, semoga pagi nanti dia sudah nggak demam lagi. Pas kayak gini, rasanya tuh galau banget. Mau ke sekolah anak lagi sakit, eh kalau nggak berangkat apa kabar murid baruku?

Alhamdulillah, saat subuh berkumandang, demamnya sudah agak berkurang. Setelah sholat, aku segera ke dapur. Aku ingin membuat sarapan untuk Kak Ghifa. Takutnya nanti pas bangun dia minta makan. Ternyata, benar.

"Maem...maem." dia kelihatan kelaparan, apalagi semalam habis muntah.

Masakan andalanku ya, seperti pas lebaran kemarin itu, Sop Bakso Sayur Pelangi. Pokoknya cari yang mudah dan cepat terus Kak Ghifa suka. Pengalaman saja sih, orang tua saja kalau pas sakit pengennya makan yang berkuah dan segar. Sama, Kak Ghifa juga seperti itu.

Nah, berikut aku bagikan resep Sop Bakso Sayur Pelangi yang disukai Ka Ghifa (22 bulan). Oiya, aku bikinnya agak banyak sekalian. Misalnya suami suka yang pedas, tinggal ditambahin irisan cabe atau kalau suka yang lebih asin tinggal ditambah garam pas mau makan.



Resep Sop Bakso Sayur Pelangi
Bahan:
  1. So Good Kuah Bakso instant rasa sapi
  2. Kentang potong dadu
  3. Brokoli potong sesuai selera kemudian rendam air garam
  4. Wortel potong bulat
  5. Bawang putih iris tipis
  6. Bawang merah iris tipis
  7. Daun bawang
  8. Air 2 gelas belimbing
  9. Garam
  10. Gula
  11. Margarin

Cara memasak:
  1. Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan kentang dan wortel. Tumis sampai agak layu.
  3. Tambahkan 2 gelas air.
  4. Masukkan So Good Kuah Bakso instant rasa sapi. Campurkan bumbunya sekaligus.
  5. Masukkan brokoli dan daun bawang. Tunggu sampai mendidih dan koreksi rasanya. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  6. Sop Bakso Sayur Pelangi siap untuk dinikmati.

Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Misalnya nggak ditambah bawang merah dan bawang putih juga nggak papa. Rasanya sudah sedap. Akan tetapi, karena Kak Ghifa suka yang gurih dan kaya rasa, makanya aku tambahin bawang merah, bawang putih, dan daun bawang biar makin endes.

Ah, kebahagiaan seorang ibu itu remeh banget ya? Salah satunya yaitu melihat si kecil mau makan dengan lahap apa yang kita masak. Padahal yang kita masak juga gitu aja caranya. Apalagi, statusnya, si kecil baru saja sembuh dari demam, eh, tapi sudah mau makan. Surga banget deh ya.

Kak Ghifa makan Sop Bakso Sayur Pelangi

Intinya, Bu-Ibu di luar sana, anak tak doyan makan itu bukanlah kiamat. Kita cari penyebabnya dulu, apa? Apakah sedang demam? Tumbuh gigi? Bosan dengan makanan yang itu-itu saja?

Nggak ada salahnya kalau kita juga berusaha untuk mengkreasikan bahan makanan agar si kecil tidak bosan. Makan tidak harus ada nasinya. Banyak sekali pengganti nasi yang bisa kita suguhkan kepada si kecil.

Seperti Sop Bakso Sayur Pelangi ini pun sudah banyak kandungan gizinya. Karbohidrat ada, protein hewaninya sudah ada, vitamin C, K, kalsium, dan masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong soal kreasi, Bu-Ibu sudah ikutan Lomba Kreasi Masa a la So Good? Hadiahnya keren-keren lho,
Juara 1 : Mirrorless Camera Canon EOS M3
Juara 2 : Pocket Camera Canon SX620
Juara 3 : Smartphone Samsung Galaxy J5 Prime
Info lebih lanjutnya bisa lihat di 👇👇
http://www.bloggerperempuan.co.id/sogood
Rencanaku, mau ikutan juga. Semoga saja masih keburu, soalnya lomba ini hanya sampai tanggal 23 Juli 2017. Yuk, ikutan juga!





8 comments:

  1. kita sebagai ibu memang harus kreatif dlm mengolah makanan agar anak mau makan dgn lahap ya mba...

    ReplyDelete
  2. Salfok sama dedeknya.. gemesh ikh! :D
    Tapi sop baksonya diliat-liat juga enak, bikin mupeng...

    ReplyDelete
  3. Sop jg andalanku nih klo bingung mau masak apa. Tinggal pasangkan sama tempe goreng, tahu goreng, ataupun perkedel tahu. Jadiiiii deeehg...

    ReplyDelete
  4. Enak memang sup bakso sayur so good mah 😊

    ReplyDelete
  5. ini buat yang dewasa juga enyak nih :D seger apalagi pakai bakso. Hm... *ngiler

    hasna juga lagi batpil kalo malam demam dan kadang muntah (ngeluarin lendir) tapi kalau siang tetap aktif. Sedih juga ngelihat dia malam-malam nggak bisa tidur

    ReplyDelete
  6. Wah ghifa semangat pasti maemnya kalo liat piringnya colorfull gitu ya mbak apa lagi ada baksonya

    ReplyDelete
  7. Praktis ya, Mba. Sepertinya aku harus nyetok bakso so good, deh. Udah ada bumbunya pula. Tinggal tambahin sayur2 atau mie udah joss bgt ya.

    Ghifa skrg udah sehat, kan Mba?

    ReplyDelete
  8. Sop bakso andalan banget biar anak2 mau makan sayur. Kalo masak sop ga ada baksonya pasti mereka ga semangat makan sayurnya 😁😁

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!