Wednesday, 30 August 2017

15 Hal tentang Hoeda Manis

Blaik!

Saat Mbak Dani dan Mbak Irfa melempar tema tentang penulis favorit di arisan ke 10 ini, aku diam sejenak. Siapa ya?

Ku buka daftar bacaan di blogku. Eh, Hoeda Manis, blogger misterius itu publish 3 postingan sekaligus. Tiba-tiba aku ingin menulis tentangnya yang memang setahun belakangan ini sering ku BW blognya.

Kok aku sampai hobi banget mampir ke blog Catatan Hoeda Manis? Jujur, dua bulanan ini, aktivitas ngeblogku agak berkurang karena kerjaan di sekolah. Akan tetapi, sesekali aku tetap BW ke blog teman-teman. Terus, postingan terbaru dari Hoeda Manis ini memang selalu pas datangnya. Pas aku buka daftar bacaan, eh, nangkring paling atas.


Oke, setidaknya ada 11 hal tentang Hoeda Manis yang ingin ku share ke kamu nih. Siapa tahu kamu juga penasaran, siapa sih Hoeda Manis yang kujadikan sebagai penulis favorit itu?

1. Catatan Hoeda Manis ini blog gratisan. Alasannya simpel sih, kalau misalnya nanti dia meninggal, tak perlu memperpanjang domain. Blognya akan aman dan nggak akan hilang kecuali blogspot dibumi hanguskan. Masuk akal banget ya.

2. Catatan Hoeda Manis ini nggak pasang komentar. Kalau mau tanya-tanya atau kasih komentar bisa langsung cus ke email-nya, di Hoedamanis@gmail.com.

3. Hoeda Manis ini ngakunya laki-laki, lajang, suka belajar dan hobi dengan musik klasik.

4. Nama aslinya Muhamad N. Huda.

5. Tulisannya di Catatan Hoeda Manis selalu diawali dengan kutipan-kutipan yang ngena di hatiku. Bahasanya bagus, runtut, tata tulis dan titik koma juga sesuai. Tulisannya selalu panjang tapi nggak membosankan. Pengennya baca terus sampai habis.

6. Isi tulisannya hanya kegiatan harian tapi syarat dengan informasi. Gaya tulisannya sederhana tapi mengena tanpa menggurui.

7. Sekali posting bisa sekaligus 3 postingan. Salam sebulan dia bisa posting lebih dari 10 postingan. Cukup produktif yang.

8. Tak ada postingan berbayar. Semua murni karyanya sendiri. Bukan karya pesanan apalagi placement. Hihihi.

9. Hoeda Manis ini sudah menerbitkan 20-an buku, dan menulis lepas di berbagai media massa. Salah satu bukunya berjudul, Notes from Heart.

Salah satu buku karya Hoeda Manis

10. Ada yang bilang dia orang Pekalongan. Ehm, pas baca postingannya yang menceritakan masa lalunya saat lulus SMA yang bekerja sebagai pembatik, apa ini benar, kalau dia memang orang Pekalongan? Entahlah!

11. Hobi membaca banget. Ini dibuktikan banyak sekali postingan-postingan berbau politik, flora-fauna, dan segala macam ditulisnya. Dari situ kelihatan banget kalau wawasannya sangat luas. Kosa katanya itu lho beragam. Nggak ngebosenin.

12. Aku baru tahu ternyata Hoeda Manis ini juga aktif banget di Twitter. Cek aja di @noffret, followernya juga cukup WOW, 4700an.

Twitter Hoeda Manis terakhir posting kemarin

13. Ternyata dia juga menulis di blog lain, yaitu Belajar Sampai Mati. Bedanya dengan blog Catatan Hoeda Manis, blog tersebut membuka komentar dan berisi tentang pengetahuan yang ada di sekitar kita, baik berhubungan dengan bumi, flora, fauna, dsb. Per postingan nggak panjang. Kalau kamu ada pertanyaan tentang suatu ilmu, bisa lho tanya langsung di kolom komentar atau lewat email di atas.


Ada kolom komentarnya 

14. Hoeda Manis ini seseorang yang mencintai pekerjaan (kita sering menyebutnya gila kerja). Dia bisa menghabiskan waktu seharian penuh untuk bekerja dan istirahat cukup dengan 2-3 jam.

15. Ada yang berujar kalau Hoeda Manis ini sangat depresi dengan 'kegagalan pernikahan'. Entah itu benar atau tidak tapi dia sering sekali menyebutkan soal depresi. Kita doakan saja dia bahagia dengan jalan hidupnya.

Itulah 15 hal tentang Hoeda Manis yang bisa kubagi. Banyak sekali motivasi yang ku dapat setelah membaca tulisan-tulisannya. Sederhana, simpel idenya, tapi value-nya itu lho. Pantas lah ya karena Hoeda Manis ini sudah terjun di dunia penulisan ini hampir 20 tahun. Pokoknya yang baik kita ambil, yang jelek kita tinggalkan. Bukan begitu?

Kalau kamu pernah mampir nggak ke Blog Hoeda Manis ini? Sesekali mampir deh, dan buktikan kalau penulis misterius ini karyanya memang luar biasa.

13 comments:

  1. Wahh ika penggemar berat niii sampai apaal hihi meluncur ahhh penasaran jugaa..

    ReplyDelete
  2. Maaf ya mbak kalau temaku dna mbak irfa agak susah buat beberapa orang hehe tapi akhirnya mbak Ika bisa tuh nulis tentang penulis favorit..dan bener banget ga harus penulis buku, bahkan blogger yang menginspirasi bisa dijadikan bahan tulisan seperti Mas Huda ini. Jadi penasaran tar ikutan kepoin blog and twitter beliau ah :)

    ReplyDelete
  3. saya sempat denger nama huda ini dari teman dan baru tahu kalau dia sudah banyak banget nerbitin buku. Jujur saya belum pernah baca tulisannya tapi dilihat dari blog dan prestasinya sudah diragukan,mas huda orangnya cukup konsisten dan produktif dalam dunia kepenulisan.

    ReplyDelete
  4. Wah tadi aku uda ngetik panjang banget. Hihi
    Tapi pas kupencet publish malah error internetnya
    Huaaaa

    #jadi penasaran dg sang empunya blog yang bernama mas huda ini
    Alasan pake blogspot samaan ni ama alasaanku saat ini
    Paling seneng baca keseharian yang ngalir ya mb ika,
    Eh aku juga suka baca blog random yang bertemakam pengetahuan biasanya aku terdamparnya di blog entah siapa yang ngebahas kebudayaan sama folkore suatu daerah

    Wah semoga kehidupan mas huda nantinya bisa heppy ending ya,

    ReplyDelete
  5. aduh poin nomer 1
    tapi iya sih, sekarang jadi parno sama blog, takut ilang kayak dulu
    takut klo pas aku meninggal tak berbekas, naudzubilaah
    ah asyik lengkap ulasan2nya aku belum pernah BW nanti bakal ke sana
    penasaran sama karya Mas Huda

    ReplyDelete
  6. Wah hbis ni twitter sama blog nya mas hoeda manis bakalan rame nih. Soalnya aku jg jadi malah penasaran nih. Hehe. Tfs mba ika

    ReplyDelete
  7. Aku jd ikutan kepo jg ama blognya mas hoeda ini mba ika :) .. Ntr ah mau baca2 blognya.. Salut, sekali posting bisa 3 :O... Aku pertahanin seminggu sekali aja udah syukur :D

    ReplyDelete
  8. Aku pernah baca blognya dan memang menginspirasi banget. Tulisannya bagus.

    ReplyDelete
  9. Aku udah pernah bbrp kali mampir blog Hoeda Manis ;) Emang asyik2 tulisannya.

    ReplyDelete
  10. Hmm.. Menarik!
    Semoga karya2nya bermanfaat bagi dirinya dan Orang banyak :)

    ReplyDelete
  11. Cus deh ke sana. Makasih rekomennya ya mb Ika

    ReplyDelete
  12. Hemmm orang kalau memang hoby menulis, semua tulisan nya mengalir dengan naluri, & nyaman di bacanya yah? Tulisan blog ini juga lumayan untuk di baca.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!