Tuesday, 26 September 2017

Ingin Jalan-Jalan ke Kota Cirebon? Jangan Lupa 5 Tips Wisata Kuliner yang Wajib Kamu Cicipi ini


"Kalau piknik bisa bikin kita waras, kenapa kamu jarang piknik?" Tiba-tiba ada suara laki-laki terkekeh.

***


Kamu berencana jalan-jalan ke Kota Cirebon dan bermaksud untuk berwisata budaya, mengunjungi berbagai situs bersejarahnya? Kalau iya, jangan lupa untuk sekaligus mengulik kuliner khas Cirebon ya?

Sumber foto: resepdanmasakan.com

Aku punya tips nih untuk memilih menu makanan khas lokal yang wajib kamu cicipi. Apa saja itu? Yaitu, pilihlah 5 makanan Kota Cirebon yang paling populer berikut ini!

1. Nasi Jamblang

Bisa dikatakan, mengunjungi Cirebon tidak lengkap rasanya bila kamu tidak mencicipi kuliner lokal yang satu ini. Nasi Jamblang bisa kamu temui di setiap sudut Kota Cirebon. Menu ini berupa nasi campur yang terdiri dari nasi putih dengan campuran berbagai macam lauk yang melengkapi. 

Lauk-pauk tersebut pilihannya banyak sekali, seperti, aneka sate, paru goreng, empal, tahu tempe bacem, aneka pepes ikan dan kepiting, ikan asin,  ayam goreng, tumis cumi hitam, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, dan masih banyak lagi. Keunikan Nasi Jamblang ini apa sih? Nasi Jamblang ini masih dibungkus dengan daun jati. Porsinya pun dibikin kecil agar tampak khas. Ehm, bayangin menu yang satu ini sudah terasa sedapnya, bukan?

2. Nasi Lengko

Tidak berbeda dengan Nasi Jamblang, Nasi Lengko bisa kamu dapatkan dengan mudah di setiap sudut Kota Cirebon. Selain rasanya enak, campuran bahan-bahan sayurannya sesuai untuk kamu yang vegetarian. 

Nasi lengko ini terdiri dari nasi putih dengan taburan potongan taoge, tempe dan kucai. Lalu disiram kuah kacang, dan ditambahkan kecap manis. Biasanya pelengkap Nasi Lengko ini adalah sate kambing muda yang empuk dan lengkap dengan gajih nan lezat. Sekali santap, kamu bisa menghabiskan 5 sampai 10 tusuk sate kambing muda, tergantung selera dan isi perutmu. Hihihi.

3. Empal Gentong dan Empal Asem

Saatnya untukmu menyantap makanan berkuah Empal Gentong. Makanan yang satu ini memang sangat populer dan bisa dikatakan sebagai sotonya orang Cirebon. Empal Gentong dimasak menggunakan kuah santan kuning yang gurih.

Sementara Empal Asem, kuahnya lebih bening dengan cita rasa segar dari tambahan belimbing wuluhnya. Empal Gentong dan Empal Asem ini, isinya berupa potongan daging dan jeroan sapi yang tentu akan menggoyang lidah kamu.


4. Mie Koclok

Barangkali kamu ingin menikmati rasa makanan lain, selain Empal Gentong dan Nasi Jamblang? Kuliner Mie Koclok ini bisa menjadi alternatif pelengkap wisata kuliner kamu di Kota Cirebon. Tentu Mie Koclok ini rasanya sedikit berbeda dengan Mie Koclok dari daerah lain.

Mie Koclok Cirebon ini berkuah putih dan kental. Makin asyik kalau menyantap mie ini saat malam hari dalam keadaan hangat-hangat. Mantab banget. Dengan isian ayam suwir, potongan telur rebus, irisan kol, taoge, dan daun bawang tentu menambah cita rasa Mie Koclok yang siap menggoyang lidah.

5. Docang

Docang memang kalah pamor dari makanan lain khas Cirebon di atas. Namun, rasanya tidak kalah maknyus kok. Sajian khas Cirebon ini berupa lontong yang dicampur daun singkong, parutan kelapa, taoge, kerupuk, dan tentu saja sambal docang yang sudah dikenal sejak masa Wali.

Campuran makanan ini lalu disiram dengan kuah panas olahan bumbu rempah pilihan, ditambah oncom atau tempe bungkil. Sajian kuah dan bahan makanan ini rasanya pun segar, gurih, ditambah sambal yang pedas, ehm, ini akan menghangatkan tubuh kita yang makan menu ini.

Nah, itulah tips memilih menu kuliner kalau kamu ke Cirebon. Ada satu hal yang jangan sampai kamu lewatkan saat jalan-jalan di Kota Cirebon. Apa itu? Ya, segera booking hotel murah di  Cirebon melalui Airy Rooms lah ya. Jaringan hotel Airy Rooms memiliki 7 fasilitas lengkap mulai dari tempat tidur bersih, kamar ber-AC, Wifi, TV layar datar, air minum gratis, hingga shower air hangat beserta perlengkapan mandinya.


Meski fasilitasnya lengkap, harga yang ditawarkan oleh hotel-hotel dalam jaringan Airy Rooms di seluruh Indonesia ini tidak menguras dompet kamu kok. Cara memesannya juga mudah dan praktis melalui website, aplikasi Android, dan iOS. Pembayaran juga bisa dilakukan menggunakan kartu kredit, transfer, dan di gerai-gerai Indomaret. Jadi, jangan biarkan liburan kamu di Kota Cirebon kurang berkesan ya! Pastikan kamu menginap di hotel Airy Rooms.

8 comments:

  1. Airy emang lebih mudah dan murah. :D Nggak kapok deh pesen kamar pakai airy.

    ReplyDelete
  2. Pengeeen .... :D Kuliner2 itu emang nggak ngebosenin dan bikin kangen

    ReplyDelete
  3. Semuanya asing dan belum pernah cobain.. dari deskripsinya sih bikin mupeng :D

    ReplyDelete
  4. Waaah ujan2 gini bayangin mi koclok. Aah mba ika bikin ngilerrrr

    ReplyDelete
  5. Kota kelahiranku ini mbak. Emang jos tenan kulinernya. Enak smua

    ReplyDelete
  6. Cirebon itu komplet,ya wisata, kuliner, ngga terlalu jauh dari Jakarta..favoriit..

    ReplyDelete
  7. Belum pernah bener2 datang ke Cirebon, beberapa kali cuma numpang lewat doang.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!