Monday, 23 October 2017

Sebulan Bersama, Kau Sangat Berarti Bagiku, SOBATKU


"Bi, uangnya kok kurang?!" Aku sedikit berteriak seakan Abi ada di depanku. Padahal saat itu aku sedang di depan toko besi untuk membayar bahan pembuatan tralis pesanan konsumen Abi.

"Malu ih, Abi. Kenapa tadi nggak dihitung sekalian? Ummi nggak mau ah kalau balik lagi. Kan jauh. Abi yang ke sini ya?"

"Ummi sudah selesai bicaranya?" Suara Abi terdengar melembut di ujung sana.

"Iya, maaf."

"Ummi kan ada aplikasi apa itu yang di HP. Sudah diisi kan?....."

Jreeeettt...

Oh iya, kan ada SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku). Aku langsung pergi ke Alfamart terdekat. Ku tarik tunai sebesar 200 ribu untuk memenuhi kekurangan uang belanja bahan kerjaan Abi.

Ku cek saldoku. Saldoku hanya berkurang 200 ribu tanpa ada biaya administrasi. Enak banget.

***

"Andai saja kalau Ummi masih jualan pulsa. Kan nggak usah keluar rumah. Apalagi baru hujan gini." Abi ogah-ogahan beranjak dari kursi.

"Abi mau beli pulsa?"

"Ho-oh." Wajahnya memelas.

"Sini uangnya, Ummi beliin!" Tanganku segera mengetik di atas keypad HP.

Cling.

Pulsa Abi sudah masuk

Pulsa 50 ribu sudah masuk ke nomor HP Abi. Uang Abi masuk kantongku. Hahahaha. Untung saja ada SOBATKU. Abi untung, aku juga untung.

Kalau mau beli pulsa pilih menu Bayar dan Beli. Kemudian pilih Beli Pulsa HP, nanti ada pilihan beli pulsa atau token listrik. Untuk pulsa, setiap provider beda-beda pilihan nominalnya. Secara umum mulai dari 20 ribu sampai 300 ribuan. 

***
Saat asyik mengikuti event blogger, tiba-tiba ada SMS dari ibu.

"Jamu ibu tinggal sedikit, Nok. Nggak kuat seminggu."

Blaik. Padahal kalau pengiriman dari Kalimantan baru sampai 3 hari, itupun harus pakai paket yang kilat. Kalau yang biasa bisa sampai seminggu.

"Saya baru diklat nih, Mbak Ika. Baru bisa kirim jamunya besok Senin." Balas Mbak Ayu, penjual jamu.

Lah, harus beli sekarang juga nih. Buat jaga-jaga kalau di jalan ada apa-apa, terus paketan jamunya datang telat, bisa-bisa minum jamu ibu jadi tersendat.

Biasanya aku itu panik-an. Saat itu aku nggak sama sekali. Tetap duduk anteng dan jariku saja yang ketak-ketik, selesai. Kemudian aku kirim bukti transfer ke Mbak Ayu (penjual jamu).

Bukti transfer ke Mbak Ayu dan siap menunggu jamu datang.

"Senin langsung aku kirim ya, Mbak Ika. Terima kasih untuk ordernya. Semoga ibu segera diangkat penyakitnya. Aamiin."

Kemudahan ini karena siapa? Aku nggak berlebihan, memang SOBATKU sudah banyak membantuku. Aku tak perlu keluar cari ATM untuk transfer uang demi membayar jamu ibuku. Pun murah biaya transfernya, hanya Rp 4000. Pokoknya saat itu aku tetap hepi mengikuti acara blogger tanpa harus khawatir mikirin transaksi untuk membeli jamu ibu.

Salah satu contoh bukti transfer yang masuk ke email. Pokoknya setiap kali ada transaksi pasti ada email yang masuk. Masih ragu pakai SOBATKU?
***

Setiap Minggu sore, aku rutin mengajak Kak Ghifa ke SPBU dekat rumah untuk mengisi bahan bakar motorku. Sekalian motor-motoran gitu deh. Maksudnya biar hari Senin nggak terlalu hectic juga sih pas mau berangkat. Hihi.

Minggu itu nggak seperti biasa, selesai mengisi bahan bakar, Kak Ghifa malah nunjuk-nunjuk ke arah Timur sambil bilang, "Es kim....es kim.... (es krim)."

Ternyata dia ngajak ke Alfamart untuk beli es krim. Masalahnya saat itu aku tak bawa uang lebih selain untuk beli bahan bakar. Sempat mikir apa beli es krim saja ya. Tapi, motorku sudah terlanjur diisi bahan bakarnya.

Kak Ghifa nangis merengek-rengek. Bahkan, saat aku naikkan ke atas motor, dia berontak. Aku berusaha menerapkan ilmu parenting bahwa, apa yang dia inginkan tak harus selalu dituruti. Tapi, mata orang-orang di SPBU itu semua tertuju ke arahku. Seakan-akan menghakimiku, "Anak nangis kok santai saja."

Saat hendak mengangkat Kak Ghifa yang jongkok di samping motor, ada sesuatu yang jatuh dari saku bajuku. Oalah, kan bawa HP. Hahaha.

Setelah berhasil meyakinkan Kak Ghifa untuk berhenti menangis, langsung deh, kami ke Alfamart sekalian beli diaper, minyak goreng, pewangi. Hahahaha. Emak-emak kalau lihat diskonan kan emang gitu ya. Awalnya mau beli apa, ujungnya dimasukin semua. Tapi, nggak masalah, yang penting Kak Ghifa sudah dapat es krimnya.

"Kak Ghifa siap belanja, Ummi."

Tahukan aku bayar pakai apa? Iya, SOBATKU. Jadi, aku melakukan tarik tunai di Alfamart terlebih dahulu, kemudian bisa belanja. Nggak bawa dompet ke Alfamart? Bisa kok belanja. Kan ada SOBATKU. Tinggal sebutin aja, "Top Up Loket Sahabat, mau tarik tunai, Mas/Mbak."

***

"Eh, Bu, tahu nggak Pak Ulil buat novel lho? Sudah ada di pasaran pula. Aku sudah beli. Duh, bikin nangis dleweran ceritanya."

Aku langsung menghubungi Pak Ulil. Pasalnya Pak Ulil ini hampir saja di-DO dari kampusku. Eh, malah memberikan kabar gebrakan. Keren. Rasanya aku ikutan hepi banget. Langsung deh cus aku pesan dan transfer untuk karya teman kuliahku ini.

Bukti transferku untuk buku Pak Ulil

Sekalipun malam-malam, aku masih bisa transfer uangnya. Tak perlu keluar rumah dan paginya buku itu sudah siap meluncur ke alamatku. Enak, bukan? Seperti punya mesin ATM di genggaman.

***

Malam ini, saat aku merampungkan postingan ini, aku juga baru saja melakukan transaksi.

Sabtu besok, ada salah satu teman SDku yang insyallah akan dipinang oleh laki-laki pilihan Allah. Daripada bingung, aku langsung deh belanja kerudung secara online untuk kado di hari bahagianya.

Tak lama, cukup 1 menit juga sudah selesai transaksinya.


Besok Sabtu, tinggal berangkat deh. Nggak perlu pusing-pusing lagi mau bawa kado apa. Ah, lagi-lagi aku mau bilang kalau aplikasi tabungan online ini sangat bermanfaat banget untukku.

******


Perkenalanku dengan SOBATKU ini tak sengaja. Berawal dari blogwalking ke blog teman blogger Makassar yang menghadiri launching aplikasi ini untuk pertama kalinya, pada 13 juli 2017 lalu, ku baca review singkatnya dan berhasil membuatku penasaran.

Ketertarikanku semakin meningkat saat kubaca bahwa dengan tabungan ini aku bisa melakukan transaksi setor atau tarik tunai di Alfamart. Wah, angin segar nih bagiku yang waktunya terbatas untuk antre di bank.

Aku, sebagai guru, selalu mendapat mandat menerima uang tabungan dari anak-anak. Karena pengalaman tahun pertama ngajar, dulu, dan menghindari kemungkinan yang tidak diingankan, aku pun mau menerima tabungan anak-anak asalkan seminggu hanya menabung tiga kali. Nah, sebelumnya, aku selalu menyimpannya di bank yang tak ada ATMnya. Sayang, letak bank ini melewati rumahku. Letaknya inilah yang membuatku malas untuk ke sana. Apalagi setelah dari sekolah aku masih ada pekerjaan lain. Jadi, inginnya prosesnya yang cepat dan segera bertemu dengan Kak Ghifa sebelum lanjut bekerja lagi.

Kenapa aku simpan uang tabungan anak-anak di bank? Karena takut. Bawa uang orang itu resikonya besar sekali lho. Misalnya saja uang tabungan tak segera aku setorkan, siapa yang tahu kalau aku malah tergoda untuk memakainya. Tahukan ya, sedikit-sedikit pakainya, lama-lama jadi jutaan yang kepakai? Amit-amitlah pokoknya. Makanya, kalau pakai SOBATKU, aku kan melewati 3 Alfamart pas pulang sekolah. Tinggal mampir deh. Nggak perlu jauh-jauh lagi melewati rumah terlebih dahulu. Begitu pikirku sampai akhirnya aku benar-benar memakai aplikasi tabungan online ini.

Kasir Alfamart membantu transaksi setor tunaiku

Sebenarnya, sebelum memakai aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play atau App Store ini, ada banyak pertanyaan yang membuatku sedikit ragu untuk memakainya. Akan tetapi, kalau tidak dicoba lebih dulu, siapa yang tahu aplikasi ini benar-benar bagus atau tidak?

Pertanyaan-pertanyaan apa sajakah yang muncul dalam benakku sebelum dan setelah memakai aplikasi SOBATKU ini? Berikut aku rincikan dan kuberikan jawabannya setelah aku menggunakan aplikasi ini ya.

Memang benar hanya menggunakan nomor HP untuk bisa membuka tabungan online, SOBATKU?

Iya, betul banget. Setelah kita download aplikasi ini secara gratis, kita hanya cukup menyiapkan nomor HP kita, data diri sesuai KTP dan password saja. Data isian yang harus kita isi pun tak banyak seperti di bank-bank konvensional. Nomor HP kitalah yang jadi nomor rekening. Enak bukan? Bagiku yang paling susah menghapal nomor rekening, ini solusi banget. Nomor HP ya nomor rekening. Hihihi.

Kalau yang nggak punya smartphone, apakah bisa memiliki nomor rekening SOBATKU?

Bisa. Asalkan mau pinjam dahulu smartphone saudara atau teman untuk registrasi. Setelah berhasil registrasi, untuk segala transaksi nantinya akan tetap mendapat pemberitahuan lewat SMS. Jadi, kalau kamu mau membuatkan anggota keluargamu yang lain bisa banget ya. Mau transaksi apapun dengan anggota keluarga yang lainnya malah lebih mudah dan murah biayanya.

Bisakah satu orang punya beberapa nomor rekening?

Bisa banget. Pakai SOBATKU, kita dapat memiliki 5 akun dengan nomor HP yang berbeda. Namun, harus dengan data KTP yang sama, meliputi nama lengkap, alamat email, TTL, nomor KTP, dan foto KTP. Terpenting lagi, per akun sama kok untuk maksimum saldonya, yaitu 20 juta.

Ada saldo minimalnya nggak?

Nggak ada.

Ada batas minimal transaksi tarik atau setor nggak per hari?

Kalau kamu transaksi di Alfamart, ada batas minimalnya transaksi, yaitu 50 ribu sedangkan maksimal transaksi adalah 2 juta. Kemudian dalam sehari maksimal transaksi setor sebanyak 10 kali.

Santai, kalau via transfer dari teman, internet banking atau bank lain aturannya mengikuti bank tersebut kok. Mengenai langkah-langkahnya, semua sudah ada penjelasaannya secara detail di SOBATKU.

Langkah-langkahnya lengkap dan jelas. Jadi, mudah dipraktikkan.

Biaya administrasinya per bulan berapa?


Nggak ada. Bank lain berapa? Cek saldo saja bayar. Hihi. Malahan kita dapat bunga 1% per tahun dari saldo kita lho. Lumayan lah ya.

Biaya transfer ke bank lain, berapa? Bank lain ke rekening kita, berapa?

Hanya 4 ribu. Kalau bank lain ke nomor rekening kita berbeda-beda sesuai banknya apa. Biasanya di atas 5 ribu kan ya?

Memang bisa tarik tunai dalam jumlah besar di Alfamart?

Kalau ada yang tanya seperti ini, berarti sama pikirannya denganku. Aku juga sempat bertanya-tanya, bisa nggak ya?

Sejauh ini kalau ambilnya 1 atau 2 juta masih bisa dilakukan di Alfamart. Kalau dalam jumlah lebih bisa janjian dulu sama pihak Alfamart (ini yang kualami sendiri di Alfamart sini). Akan tetapi, kalau dalam jumlah banyak bisa ditransfer ke bank lain atau diambil lewat Bank Sahabat Sampoerna. Sayangnya, bank ini kalau di Jawa, baru ada di Jakarta dan Jawa Timur saja. Ya, kalau aku sih enakan di Alfamart, nggak pakai antre. Misal mau ambil bisa dilakukan di beberapa Alfamart yang sudah menjamur di mana-mana. Misal, Alfamart A ambil 2 juta, di Alfamart B ambil 1 juta, dst. Hihi.

Setiap selesai transaksi akan dapat bukti slip seperti di atas dan juga dapat email pemberitahuan.

Kan ini via HP, kalau HPnya hilang, bagaimana?

Tak ada yang ingin barang bendanya hilang begitu saja ya. Apabila HP kita hilang, berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan.

  1. Santai dan tarik napas dulu. Jangan panik!
  2. Sebenarnya, secara otomatis, setiap kali kita selesai membuka aplikasi SOBATKU di HP selalu diminta untuk memasukkan password kembali setelah beberapa saat tidak digunakan. Kalau orang tak tahu password kita akan lebih aman.
  3. Segera telepon call center di 1500218 untuk mengabarkan HP kita yang hilang agar nomor kita diblokir untuk sementara.
  4. Kalau HP kita nggak ditemukan, kita bisa mengganti nomor rekening kita dengan nomor yang baru. Setelah download lagi aplikasi SOBATKU di HP yang baru, log in pakai nomor lama dan ganti nomor di bagian Settings kemudian Ubah Nomor Handphone. Nantinya saldo kita akan berpindah ke nomor yang baru.


Dengan segala iming-imingnya itu, nggak takut kalau itu ternyata penipuan saja?


Hahaha. Sama nih sama kasir yang di Alfamart, karena aku sering setor tunai di sana, ada yang bertanya, "Nggak takut kalau ini penipuan, Mbak?"

Wajar sih ya kalau ada yang bertanya seperti itu. Hanya saja, aku ada alasannya kok, kenapa aku memilih SOBATKU untuk menyimpan uang atau transaksi lainnya? Berikut alasannya:

  1. SOBATKU merupakan produk simpanan yang dikelola oleh Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati yang biasa disebut Sahabat UKM (S-UKM) dan berkantor pusat di Gedung Sampoerna Strategic Square, North Tower, lantai 17, Jl Jenderal Sudirman Kav 45 Jakarta Selatan.
  2. KSP Sahabat Mitra Sejati dikelola oleh orang-orang profesional dan didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna dan Sampoerna Strategic Group.
  3. KSP Sahabat Mitra Sejati mulai berdiri tahun 2009 dan kini memiliki 120 cabang di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
  4. KSP Sahabat Mitra juga jadi koperasi pertama yang memperoleh izin Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia.
  5. KSP Sahabat Mitra Sejati meraih penghargaan dari OJK sebagai satu-satunya koperasi yang berperan sebagai kontributor pelaporan pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Bagaimana, masih ragu dengan SOBATKU? Nggak kan?

Adakah keuntungan lainnya dari SOBATKU?

Ada. Bagi yang ada di Jakarta sana, kalau makan ke Sam's Wok aja. Dengan SOBATKU kamu bisa dapat diskon 30% plus gratis minum lho. Ini hanya berlaku sampai 21 November nanti. Lumayan banget kan? Makan enak dapat diskon pula.


Terus, yang nggak kalah penting buat kamu tahu ya, dengan memiliki tabungan online SOBATKU, kamu juga bisa ikutan Undian Milyaran Rupiah.

Syaratnya mudah, sering-seringlah menabung dan melakukan transaksi dengan SOBATKU. Karena dari transaksi itu kita akan dapat poin yang akan diundi setiap 1 bulan sekali dan 3 bulan sekali.

Untuk pengundian yang 1 bulan, hadiahnya berupa, ratusan undian bulanan sebesar 10jt, 5jt, 1jt, 500rb, dan 100rb, sedangkan yang 3 bulan ditambah grand prize senilai 100 juta.

Untuk penghitungan poin ada ketentuannya sebagai berikut.

  • Saldo rata-rata sebulan < 500 ribu, poin setiap 50 ribunya = 10 poin
  • Saldo rata-rata sebulan 500 ribu - < 10 juta, poin setiap 50 ribunya = 30 poin
  • Saldo rata-rata sebulan di atas 10 juta, poin setiap 50 ribunya= 40 poin
Akumulasi poin akan dilakukan setiap awal bulan. Misalnya poin kamu sudah diikutkan undian akan tetapi belum menang, di pengundian berikutnya bisa diikutkan kembali.

Sayang, tanggal 12 Oktober lalu saat ada pengundian 3 bulanan namaku belum keluar sebagai pemenang. Tapi, nggak papa, siapa tahu bulan depan ada namaku. Aamiin Ya Allah.

Kesimpulan,
Sejauh ini aku sangat terbantu dengan adanya aplikasi tabungan online, SOBATKU ini. Aku lebih mudah menabungkan uang anak-anak, mengurangi resiko terpakainya uang tersebut untuk keperluan yang tak semestinya, memudahkanku membeli pulsa dan belanja online.

Sayangnya, pernah sekali saat aku mau tarik tunai di Alfamart, ternyata sistemnya baru offline. Jadi, harus milih nunggu, datang lagi nanti, atau cari Alfamart lain. Tapi, aku yakin, semakin ke sini layanan internet kan makin bagus ya. Semoga nggak ada lagi kata offline-offline lagi. Anggap saja saat itu aku lagi apes. Hihi.

Kamu, sudah punya aplikasi ini? Bagaimana komentarmu? Untuk kamu yang nggak suka ribet dan nggak punya banyak waktu buat antre, rugi kalau nggak buka rekening di SOBATKU.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

31 comments:

  1. Waaah ada aplikasi baru lagi ya

    ReplyDelete
  2. Wah praktis ya sobatku, jadi pengen nyoba juga nih 😀

    ReplyDelete
  3. Komplet betul, jadi makin ngeh tentang SOBATKU. Bakal banyak yg tertarik nih utk pakai SOBATKU ini

    ReplyDelete
  4. Enak banget pake Sobatku buat trf biaya murah, buat beli pulsa juga cepet

    ReplyDelete
  5. Beneran gampang banger ya mbaa

    ReplyDelete
  6. Wah, kapan pun, di mana pun, kondisi apa pun bisa bertransaksi ya mbak

    ReplyDelete
  7. Waah...enak banget ya kalo punya Sobatku, ga pake ribet wira wiri ke bank konvensional. Mau transaksi kapan aja bisa

    ReplyDelete
  8. Wah sering-sering transaksi makin banyak nih Mbak poinnya 😉

    ReplyDelete
  9. Kemarin sempat ragu waktu mau pakai aplikasi sobatku ini. Eh alhamdulillah di sini diulas lengkap. Mantap deh sekarang, apalagi alfamart ga jauh dari rumah.

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya penasaran tapi belum download... Aku download ah

    ReplyDelete
  11. Wuiiiih mantap banget aplikasi SOBATKU, multifungsi juga.Jadi pingin puNya kayak gini,apa2 serba mudah

    ReplyDelete
  12. Waah biaya administrasinya murah meriah...bisa nih dijadikan list apps yang harus dipake :D makasih sharingnya mbak Ika..

    ReplyDelete
  13. Wah, baru tahu aku. Sip. Makasih infonya

    ReplyDelete
  14. Wah keren y mb aplikasinya..bisa dicoba nih kapan2

    ReplyDelete
  15. Kyaaaaa... tau begini dr kmren aku pake jg aplikasinya y mba ika. Untung uda baca review mba ika yg komplit plit plit plit ini...jd lebih tau ttg sobatku ini nih. makasih yaa...

    ReplyDelete
  16. Enak banget ini, Sobatku. Segala jadi semakin mudah ya, termasuk menabung.

    ReplyDelete
  17. Nggak usah bawa dompet lagi kLo belanja pakai sobatku aja

    ReplyDelete
  18. Semua sudah diantisipasi sama Sobatku ya, sampai misal hape hilang juga ada solusinya. Jadi penasaran pengen juga buka Sobatku, Ka

    ReplyDelete
  19. Sobatku emang top banget ya mbak, untungnya banyak.. ^^

    ReplyDelete
  20. Wah dengan app sobatku bisa dapat diskon di resto juga yaa.. Mudah-mudahan di Makassar juga akan ada promo diskon kayak gini untuk pengguna sobatku. Saya juga pakai sobatku mba. Gak perlu khawatir gak bawa uang cash. Kemudahan tarik tunai di alfamart/alfamidi, bermanfaat banget untuk saya dan keluarga :)

    ReplyDelete
  21. Waaah udah sering transaksi pakai SOBATKU. Saya juga suka mbak...mudah dan cepat

    ReplyDelete
  22. Wah enak ya, gak ada minimum saldo, gak ada admin, bisa jadi e-wallet. Zaman serba digital seperti ini tabungan kyk gini emang dibutuhkan :D

    ReplyDelete
  23. Wah sudah transaksi banyak ya? Keren... Saya baru aja download dan belum tahu terus ngapain lagi. Hahaha

    ReplyDelete
  24. Aseek judul postingan ini menarik banget, semoga menang

    ReplyDelete
  25. lengkaap banget penjelasannya. Enak nih ga ada biaya admin ini itu.
    Good luck ya mbak!

    ReplyDelete
  26. Ini cocok banget buat kami yang tinggal di kampung, Mbak. Ga perlu ribet ATM atau antre setor di bank. Banyak manfaat dan mudah banget nih. Nabung jadi untung

    ReplyDelete
  27. Makin penasaran aja sama aplikasi yang satu ini. Fiturnya boleh juga nih.

    ReplyDelete
  28. Udah pakai SOBATKU, terbantu banget lah, gak usah bolak balik ke bank :D

    ReplyDelete
  29. Berasa punya tabungan berjalan ya mbak. Eh kasir alfamartnya safar kamera. Hihi

    ReplyDelete
  30. Pakai Sobatku banyak banget keuntungannyaaa

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!