Resep Nugget Penyet Kemangi - Diyanika Journal

Tuesday, 12 June 2018

Resep Nugget Penyet Kemangi


Bismillah, selamat makan

Ramadan kali ini banyak sekali yang berbeda dengan ramadan tahun lalu. Salah satunya kegiatan di sekolah. Karena tahun ini kelasku memakai kurikulum 2013, alhamdulillah sepanjang ramadan selalu kerja ekstra sampai urusan mengerjakan rapot pun butuh kerja yang sangat luar biasa. Hampir setiap hari aku hanya tidur 2-3 jam saja. Aku beruntung sekali memiliki suami yang selalu mendukung kegiatanku. Sebagai bentuk terima kasih, aku selalu berusaha tetap melaksanakan tugas utamaku, yaitu memasak untuknya sekalipun pekerjaan selalu melambai-lambai.


Masak praktis yang penting ada sayur dan sambal. Itulah kesukaan suamiku. Nah, selama ramadan ini aku punya menu andalan. Sampai tulisan ini aku publish, aku sudah masak makanan ini sebanyak empat kali. Apa itu?

Yap, Nugget Penyet Kemangi.

Bahan utama makanan ini adalah So Good Chicken Nugget Original kesukaan Kak Ghifa. Tinggal kugoreng di minyak yang panas, setelah keemasan, angkat. Baru kemudian membuat sambal penyetnya.

Adapun untuk sambalnya, aku selalu memakai resep andalan dari ibuku. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  1. 10 buah cabai rawit
  2. 5 cabai merah
  3. 3 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih 
  5. Setengah sendok terasi bakar
  6. Garam secukupnya
  7. Gula pasir secukupnya
  8. Parutan kelapa muda
  9. Daun kemangi
  10. Minyak goreng secukupnya

 Cara membuat :

  1. Goreng cabai rawit dan merah, bawang merah, serta bawang putih.
  2. Siapkan terasi bakar, garam, dan gula pasir di cobek. Haluskan. Koreksi rasa.
  3. Masukkan parutan kelapa, kemudian penyet sampai rata. Jangan lupa sertakan pula daun kemangi agar makin mantab.
  4. Terakhir, masukkan nugget yang sudah digoreng, penyet, dan hidangkan.

Nugget penyet kemangi ini pun sudah bisa dinikmati dengan nasi hangat. Akan tetapi, kalau untuk suamiku harus tetap memakai sayur, yaitu sayur bening. Kalau kata suami, “Biar bisa srutup-srutup, Mi.”

Penampakan nugget penyet

Memang iya sih, apalagi kalau nugget penyet kemangi ini sambalnya pedas level tinggi, makin menggugah selera. Sensasi kriuk-kriuk dari nugget dan dipadu dengan sambal penyet kelapa plus cita rasa daun kemangi jadi unik saat dikunyah. Duh, menulis ini sambil meneguk air liur sendiri.

Urusan perutku dan suami sudah teratasi, bagaimana dengan Kak Ghifa? Kak Ghifa makan dengan So Good Chicken Nugget Original yang kugoreng saja sudah lahap banget. Karena nugget ini pun rasa ayamnya sudah terasa banget. Dalamnya lembut, tapi luarnya krispi. Sekali makan Kakak bisa habis lima potong nugget, tiga dimakan dengan nasi, yang dua dimakan gitu saja.

Kalau boleh jujur, aku sangat terbantu dengan adanya produk So Good di minimarket dekat rumah. Karena So Good selalu jadi menu andalanku saat Kak Ghifa sedang ogah makan. Alhamdulillah, sejak lidah Kakak mencicipi produk So Good, urusan makannya tidak membuatku pusing. Dan ini sangat membantuku yang sibuk bekerja di luar rumah hampir seharian. Ya gimana nggak ngebantu, tanpa mikir bumbu lagi, tinggal goreng saja sudah kelar? Dipadu sama nasi hangat saja sudah enak.


Ah, pokoknya bisa makan bareng bertiga rasanya aku senang sekali. Seharian kerja, ngumpul bareng seperti itu bisa jadi obat capek yang tak ternilai bagiku. Tak masalah lauknya mahal atau tidak, yang penting pas di lidah kami dan bisa duduk bersama itulah yang utama.

Yuk, masak untuk keluarga kita! Nggak ada alasan rempong memasak untuk keluarga.

4 comments:

  1. Wah kreatif nih, hihi. Bolehlah saya raktik juga nanti bikin nugget penyet kemangi.

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen coba. Belum pernah bikin soalnya ... Hehehehe

    ReplyDelete
  3. Pengen coba juga nih mi... Makasih inspirasi resepnya ya.... Sayangnya serumah yg doyan oedes cuma aku thok nihh..

    ReplyDelete
  4. Rasa2nya bakal aku masukin ke menu sebulanan ku ini :p. Gampang, dan cepat pula.. Mba asisten pasti seneng kalo ga ush terlalu lama ngoprek2 di dapur :)

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!