Senin, 11 Februari 2019

Pengalaman Kurang Menyenangkan Saat Cetak Kaos Muridku


Pengalaman Kurang Menyenangkan Saat Cetak Kaos Muridku – Salah satu tugas yang dimiliki oleh guru kelas 1 SD adalah mengurus seragam baru untuk anak didik. Ada seragam batik dan kaos olahraga. Kalau untuk seragam merah putih, anak-anak sudah membeli sendiri di pasaran. Nah, kali ini aku akan menceritakan pengalaman kurang menyenangkan saat cetak kaos olahraga anak-anak. Harapanku, kamu bisa mengambil pelajaran dari apa yang aku alami.


Sewajarnya, seragam batik dan kaos olahraga untuk anak didik sudah dibagikan kepada anak-anak saat minggu pertama di sekolah. Kalau di sekolahku tidak. Kemarin sudah satu semester mereka baru dapat seragam baru. Wajar saja kalau wali muridku banyak yang bertanya, “Bu, seragamnya kok belum jadi-jadi ya?”

Kujawab saja sekenanya, “Pesannya kan di Arab, Bu. Mohon dimaklumi ya. Hehehe.”

Tidak hanya satu atau dua wali murid saja yang bertanya demikian lho. Hampir semua. Sekolah sebelah juga sudah pada pakai seragam baru semua. Lihat anak-anaknya masih pakai seragam dari TK kan ya pasti merasa sungkan sendiri.

Kok bisa sampai lama sekali seragamnya baru jadi, kenapa? Ini menurutku pemilik jasa yang dipilih sekolahku yang kurap sip. Awalnya, di akhir semester 1, seragam sudah jadi. Akan tetapi, barang yang dipesan tidak sesuai. Harusnya atasannya lengan panjang, eh, yang datang malah pendek semua. Kemudian ukurannya juga tidak sesuai dengan yang kami pesan. Kedua seragam, yaitu kotak-kotak dan kaos olahraga semua salah. Ya sudah seragam ditarik lagi. Anak-anak gigit jari deh.
Sebenarnya aku sudah pernah mengusulkan untuk memakai jasa konveksi dekat sekolah sini, pun aku kenal dengan pemiliknya. Tapi, usulku tidak pernah digunakan. Akhirnya, saat kaos olahraga yang sudah dibenahi sampai di sekolah, eh, ukurannya masih salah lagi. Terpaksa, Naja, Sofa, Zaky, Fabiyan dan beberapa temannya yang mendapat ukuran tidak sesuai hanya bisa memakai seragamnya yang lama. Kasian.


Nah, untuk kamu yang hendak mencari jasa cetak kaos yang terpercaya  (khususnya) dalam jumlah besar maupun kecil, pikirkanlah dengan matang pemilik jasa mana yang akan digunakan. Agar tidak menyesal karena merasa dirugikan berkali-kali. Apalagi kalau ini perkara anak-anak. Kasian lho, temannya memakai seragam baru sedangkan dia tidak.

Oleh karena itu, akan aku share beberapa hal yang perlu diperhatikan dan pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk cetak kaos!

Muridku masih pakai seragam warna-warni karena seragamnya belum jadi
1.Ketahui Bahan yang Digunakan
Bahan merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting. Pastikan bahan kaos yang akan digunakan mempunyai kualitas sesuai dengan keinginan kita. Beberapa kali pesan kaos olahraga muridku, aku sering kecewa dengan bahan yang digunakan.Namanya kaos olahraga kan bahannya harus yang nyaman dan menyerap keringat ya. Nah, ini kaosnya baru dicuci dua kali langsung jebrut-jebrut. Kalau aku sih lebih milih mahal dikit tapi bahan nyaman dipakai daripada murah tapi ya gitu deh kualitasnya. Yang ada aku bakalan dikomplain sama wali murid. Padahal kutak tahu apa-apa. Hihihi.

2.Tanyakan Perihal Metode, Teknik dan Teknologi yang Digunakan
Untuk mendapatkan hasil cetak kaos yang sesuai, berkualitas, bermutu, awet dan tahan lama tentu saja diperlukan penanganan khusus. Metode, teknik dan teknologi yang digunakan merupakan komponen yang sangat mendukung terciptanya hasil cetak kaos dengan kualitas tertentu. Ada lho konveksi yang masih menggunakan tenaga manual. Mereka sangat memperhatikan kualitas jahitan produknya. Sebaliknya, ada yang manual, tapi hasil jahitannya ada yang terlewatkan.

3.Kerapian Lokasi Produksi Cetak Kaos
Pernah nggak sih datang ke rumah konveksi/tukang jahit dan melihat lokasinya berantakan banget? Kain, gunting, meteran, dan kapur jahit berserakan di mana-mana. Apa yang kemudian kamu pikirkan? Errr....Lokasi yang berantakan dan tidak tertata dengan baik, pasti akan sangat mengganggu kegiatan operasionalnya.

Lokasi produksi cetak kaos juga penting untuk diperhatikan. Karena aku penganut kualitas kerja bisa ditentukan dari penampakan lokasi produksinya. Kerapian lokasi mencerminkan baik tidaknya sebuah usaha. Kalau kamu, gimana, sepakatkah?

4.Prosedur Kerja yang Diterapkan
Keteraturan prosedur kerja juga bisa menjadi poin penentu bagaimana gambaran pemilik usaha yang bersangkutan. Jika prosedur kerja yang dilakukan terstruktur dengan baik, berarti perusahaan tersebut sudah matang untuk serius dalam memberikan pelayanan kepada para konsumennya. Poin ini mungkin jarang sekali yang memperhatikan, padahal sedikit banyak hal ini ikut andil dalam menentukan kualitas produk yang dihasilkan.

Nah, kalau pakai kaos olahraga kayak gini kan lebih indah dipandang mata


Bisa belajar deh ya dari apa yang aku alami. Jangan sampai saat ukuran kaos yang dipesan sudah diterima, eh, pas sampai lokasi ukurannya amburadul semua! Apa kabar dengan prosedur kerja mereka?

5.Kedisiplinan dalam Penyelesaian Pekerjaan
Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh – sungguh dan disiplin pasti akan berbuah manis. Betul, bukan? Nah pada poin ini juga bisa dijadikan sebagai patokan seberapa profesional sebuah usaha dijalankan. Jika janji – janji manis saja yang ditawarkan oleh pelaku usaha tanpa adanya bukti, maka anda perlu mempertimbangkannya berulang kali. Contohnya saja pada ketepatan waktu pengerjaan yang dijanjikan. Jika pada tahap awal saja sudah mengecewakan karena tidak tepat waktu, besok lagi masih mau pakai?

6.Lihatlah Testimoni yang Ada Pada Website atau Media Sosial
Keberadaan testimoni bisa dijadikan sebagai acuan untuk memberikan penilaian terhadap seberapa baik dan berkualitasnya produk cetak kaos yang dihasilkan. Gampangnya saja begini, saat kita sedang mencari tempat makan baru, pasti yang kita perhatikan paling utama adalah tempatnya banyak dikunjungi atau tidak. Jika banyak konsumen yang berkunjung, bisa diambil kesimpulan kemungkinan makanannya enak. Sama seperti halnya dalam menentukan jasa cetak kaos, jika terstimoninya banyak dan sebagian besar positif, maka tidak diragukan lagi kemungkinan besar kualitas yang ditawarkan pun juga baik.

Lantas? Langsung cus, pesan deh! Hari gini kita harus bisa jadi konsumen yang cerdas, bukan? gJadikan penhalamanku ini sebagai batu pijakan agar tidak kena tipu-tipu mereka yang hanya ingin meraup untung sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kepuasan pelanggan. Kamu pernah punya pengalaman serupa denganku?

28 komentar:

  1. Betul banget tuh Bun kalau mau pesan kaos apalagi dalam jumlah banyak sebaiknya dilihat dulu sampai detail

    BalasHapus
  2. Mengetahui bahan apa yang digunakan untuk mencetak kaos memang penting sekali tuh Bun

    BalasHapus
  3. Wah bener banget tuh, terima kasih informasinya bun

    BalasHapus
  4. Hmm sabar ya Bun eh bu guru. Memang jadi guru nggak semudah itu yah

    BalasHapus
  5. Kedisplinan pekerjaan memang harus ditegaskan nih, agar kalau mau pesan kaos lagi nggak menyesal

    BalasHapus
  6. Sekolah negeri masih model gini ya Mbak Ika? Pesan sesuai jumlah anak yang mendaftar. Aku dulu juga ngerasain sama sih, hehe. Semoga tahun ajaran baru nanti lebih baik lagi ya sistemnya.

    BalasHapus
  7. Wah barusan kejadian dg pesanan kami. Ukuran tidak sesuai pesanan, begitu juga modelnya. Semua lengan panjang model perempuan! Haha..pa kabar Bpak2 nya?.. Memang harus teliti sebelum memesan deh..

    BalasHapus
  8. Aku mengalaminya ketika anakku TK Mbak, sampai hampir setahun seragamnya baru jadi. Si ibu guru sampai nggak enak sendiri ketika ditanya wali murid. Sedihnya lagi, saat jadi sudah banyak yang kekecilan. Anak2 kan cepet gedha mbak. Nyesek banget kan? Memang kudu pilih2 yang benar-benar terpercaya

    BalasHapus
  9. Seragam olahragaku yang dulu SMP/SMA bahannya kurang bagus. Entah tuh cetak di mana. Nyrawang banget coba. Padahal punya Kakak kelas pada bagus dan nyaman. Waktu itu gak protes wong kesemua angkatanku kaya gitu

    BalasHapus
  10. Bahan kaos itu yang pertama ya mesti di lihat kualitasnya dengan benar.
    kaos baguspun bisa nggak nyaman jika bahannya nggak berkualitas.
    Pandai-pandai milih aja deh

    BalasHapus
  11. Jadi ingat sama pengalaman di sekolah anakku 2 tahun lalu. Tiap tahun bikin seragam baru, jadi mau gak mau ya tetep beli ngikutin biar sama semua.

    Udah gitu failed banget dan tetap dijual. Huhuhu.. Ya nasib

    BalasHapus
  12. Karena sering berurusan kaos aku jd tau bahan jenis combed 20 atau yg combed 30 yg mana. Tp memang sih harus jeli kalau order partai banyak jgn smpe jd masalah

    BalasHapus
  13. Kami punya distro, kalo pengalamanku sih bahan kaos itu ada gradenya jadi meskipun nama bahannya sama bisa aja tetap beda kualitasnya. Makanya biasanya yg bantuin beli kain selalu ta suruh ngafalin tekstur bahannya

    BalasHapus
  14. Sebel amat ih sama konveksinya. Gimana sih ya, udah tau pesanan seragam buat anak2 sekolah, malah salah2 gitu? Setahuku mba, kalau untuk urusan sekolah gini biasanya pakai tender gitu. Jadi mungkin konveksi yg dipilih sekolah ini yang paling murah kali secara keseluruhan biaya produksi, tapi jadinya gitu deh, ketahuan kan kalo ga profesional.

    BalasHapus
  15. Iihh pasti gemeess banget ya Mbak klo nunggu berkelamaan gini, mana udah ditanyain ama para wali murid pula. Lagian kan anak-anak juga butuh bajunya utk pelajaran olahraga, masa pakai baju seragam biasa aja. Harusnya pihak sekolah lebih jeli dengan hal seperti ini dan mau dengar saran yah.
    Hmm, jadi ingat baju olahragaku zaman SMA masih awet lho hingga kini, masih kupakai jadi baju tidur ini malah hihihih. Usianya udah belasan tahun padahal, heheh

    BalasHapus
  16. Wah penting bgt ya tau tempat cetak kaos yg profesional. Karena kalau produk masal begini jadi mengecewakan banyak pihak kalau salah ya

    BalasHapus
  17. Kalau sudah tidak sesuai pesanan, memang sebaiknya tidak melakukan kerja sama dengam konveksi itu lagi ya, Mbak.
    Dari pada nanti dikecewakan lagi.

    BalasHapus
  18. Memang perlu rajin cari informasi banget, sih. Kualitas kaos harus bikin nyaman. Kualitas cetakan juga yang bagus. Cetak di tempat yang terpercaya.

    BalasHapus
  19. Kalau pesan barang seperti ini memang susah susah gampang ya mba.. vendor harus oke dan terpercaya ya mba

    BalasHapus
  20. Pas banget baca artikel ini. Aku lagi pengen pesen kaos olahraga untuk tim sekolah anak nih

    BalasHapus
  21. Duh minta di jitak tuh konveksi hehe.. tapi tenang ya bu guru.. tentu belajar dari kesalahan yess.. salah satunya menggunakan jasa konvenksi yang terpercaya dan ada perjanjian tertulisnya.. jadi jika ada kesalahan dari pihak mereka ya mereka ganti rugi.. semoga ngga kejadian lagi ya bu guru.. semangat

    BalasHapus
  22. Aku juga termasuk orangtua yang gampang protes.
    Huhuu...malu.

    Tapi kalau hasilnya memuaskan, gak apa-apa lama sedikit.
    Daripada cepat, tapi tidak sesuai.

    BalasHapus
  23. Hmmm, keseel nih sama penyedia jasa apapun itu yang enggak konsisten dalam mmeproduksi pesenan kita. Tapi terima kasih ya Mba sharing pengalamnannya

    BalasHapus
  24. Klo soal seragam sekolah kok sama ya yang kualami. Dulu anakku ya nunggu seragam olah raga atau seragam batik gitu, lamanyaaaa oiiyyy.... Mbokya sekolah tuh kerja sama dengan pihak yang kredibel gitu ya.

    BalasHapus
  25. wah itu dia mengapa sebelum mencetak kaos perlu reserfasi atau cari referensi dulu ke tempat penydia kaos serta melihat testimoninya, biar gak kecewa nantinya

    BalasHapus
  26. Bener tuh pengalaman bisa menjadi guru berharga kelak tidak akan terulang kejadian yg sama

    BalasHapus
  27. Ih ngeselin bgt ya mba klo bkin baju jadinya lama, apalagi ini untuk seragam anak skolah. Tahun depan ganti yg sip mba

    BalasHapus
  28. Pernah juga kejadian di sekolahku, ukuran baju sama semua. kegedean, padahal sudah diukur. Udah gitu, ga bisa dikembalikan lagi Hfft

    BalasHapus

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!