Sabtu, 20 November 2021

Mengenal Tentang Ghost Kitchen dan Awal Kemunculannya


Produk berupa makanan dan minuman menjadi kebutuhan utama sehingga bisnis di bidang tersebut akan selalu berkembang. Sebagai salah satu metode terbaru, ghost kitchen hadir untuk memberikan solusi bisnis kuliner dalam rangka menjangkau pasar lebih luas. Dapur bayangan ini memungkinkan pelaku usaha menerima dan mengirimkan pesanan tanpa perlu restoran secara utuh.

Ghost Kitchen atau yang sering disebut sebagai Dark Kitchen merupakan konsep membangun restoran lebih dari satu dengan bentuk dapur tanpa layanan makan di tempat. Ini memudahkan dalam menjangkau area berpotensi sehingga tidak perlu melakukan buka cabang, cukup bergabung dengan aplikasi pesan antar. Hal yang membuat ide ini muncul antara lain:

1. Perubahan Perilaku Konsumen

Di era modern seperti sekarang ini, jika diperhatikan konsumen mempunyai kebiasaan yang berbeda dari zaman dulu. Saat ini, kebanyakan masyarakat lebih suka hal-hal yang praktis, salah satunya adalah dengan memesan makanan untuk di kirim ke rumahnya alias secara online. Itulah kemudian mendorong munculnya membuat ide 'Dapur Bayangan' tersebut.

Penggunaan gadget canggih tidak hanya memudahkan komunikasi saja, tetapi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia juga lebih cepat. Pemesanan dan pengiriman secara online terus mengalami perkembangan sehingga banyak restoran membuka layanan tersebut. Sebagai pebisnis, tentu tidak dapat menghindarinya melainkan mencari solusi terbaik.

2. Munculnya Tren Pekerja Lepas

Faktor lain yang membuat hadirnya ide Ghost Kitchen ini adalah munculnya tren mempekerjakan pekerja lepas. Pekerjaan dengan cara tradisional semakin ditinggalkan. Sekarang, lebih banyak perusahaan, termasuk rumah makan/restoran memilih merekrut para milenial/freelance.

Fenomena tersebut dapat dilihat dengan munculnya perusahaan pengemudi yang kemudian mempunyai berbagai layanan lengkap membantu kebutuhan masyarakat di bidang lainnya. Hal tersebut mendorong munculnya konsep memaksimalkan penggunaan teknologi hingga sumber daya manusia potensial pada ranah ini.

3. Membuka Restoran Membutuhkan Biaya Besar

Dengan memilih konsep Dark Kitchen, maka Anda tidak perlu membangun sebuah restoran dengan fasilitas lengkap secara nyata. Hal itu membutuhkan perhitungan biaya detail yang angkanya tidaklah sedikit. Ada banyak sekali yang harus diperhatikan bukan hanya tentang bangunan dan fasilitas saja, tetapi juga tentang gaji para karyawan.

Harga real estate selalu meningkat setiap tahunnya, membuat para pengusaha restoran pemula kesulitan. Oleh sebab itu, ide ini menjadi solusi cerdas dimana Anda tetap dapat berjualan secara digital dimana target pasarnya juga semakin luas. Selain itu, tidak perlu pusing menggaji karyawan jumlahnya banyak.

4. Pandemi Covid-19

Asal muasal yang menyebabkan ide Ghost Kitchen semakin populer adalah munculnya pandemi Covid-19. Tidak hanya Indonesia saja, seluruh negara mengalami kesulitan ekonomi akibat jangkitan virus tersebut. Keadaan itu mengubah perilaku masyarakat dimana lebih memilih untuk membeli makanan dan dimakan dirumah/takeaway demi menghindari kerumunan.

Angka pesanan online selama masa pandemi sangat tinggi sehingga banyak restoran yang sepi pengunjung dine-in. Untuk tetap menumbuhkan keuntungan di masa sulit ini, maka memakai metode 'Dapur Hantu' sangat membantu. Sektor kuliner merupakan salah satu bagian ekonomi yang akan selalu ada dan berkembang.

Gunakan Jasa Ghost Kitchen Everplate

Everplate merupakan layanan Ghost Kitchen yang menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk membantu Anda mengembangkan bisnis kuliner. Di tengah persaingan yang ketat, disediakan analysis data, lokasi strategis, strategi pemasaran terbaik, dan hal penting lainnya. Cek informasi selengkapnya melalui situs everplate.co.id.

Demikian informasi tentang bagaimana awal mula munculnya ide ghost kitchen ini. Mengusung konsep yang lebih segar, dapatkan keuntungan lebih untuk usaha restoran Anda di everplate.co.id

1 komentar:

  1. Yang kayak gini banyak banget gak, sih? Tapi lebih enak memang kalau bisa grabfood pokoknya yang diantar ke rumah langsung.

    BalasHapus