Selasa, 12 Juli 2022

Kelas Karyawan Program Akuntansi, Seperti Apa Prospeknya Saat Ini?

 

Zaman sekarang ini, kita semua harus cerdas menyusun strategi agar bisa mendapatkan prospek karier yang menjanjikan di masa depan. Salah satunya bisa diwujudkan dengan mengambil program kuliah kelas karyawan. Seperti kelas karyawan program akuntansi yang ditawarkan oleh BINUS. Memangnya, seperti apa prospek jurusan akuntansi ini di masa depan?

Tentang Jurusan Akuntansi

Program jurusan akuntansi ini akan mempelajari metode pencatatan dan penyusunan sebuah laporan keuangan. Fungsinya untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang bisa menguntungkan. Akuntansi ini sebenarnya bukan jurusan yang baru dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan jurusan ini menjadi favorit bagi para pelajar, khususnya yang mengambil jurusan IPS. 

Bisa dikatakan bahwa jurusan ini selalu dekat dengan angka dan data. Oleh sebab itu, mahasiswa yang ingin mengambil jurusan akuntansi harus benar-benar teliti dan siap menghadapi banyak data. Prospek lulusan program akuntansi sampai sekarang masih sangat bagus dan menjanjikan. 

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

Lulusan program akuntansi punya banyak peluang kerja. Ada banyak jenis profesi yang bisa digeluti oleh lulusan akuntansi tersebut. dan tampaknya ini juga berlaku untuk beberapa tahun ke depan. Berikut ini beberapa prospek pekerjaan yang terbuka bagi lulusan akuntansi: 

1. Akuntan

Pertama ada profesi akuntan yang sudah pasti akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan. Akuntan bertugas melakukan analisis keuangan dan menyusun laporan keuangan dengan baik untuk kepentingan perusahaan. Akuntan bisa bekerja secara independen maupun bergabung dengan perusahaan. Profesi ini punya prospek yang menjanjikan dan akan selalu dibutuhkan. 

2. Akademisi

Lulusan jurusan akuntansi juga bisa menjadi akuntan pendidik atau akademisi. Profesi ini cocok bagi lulusan akuntansi yang punya bakat mengajar. Bisa di jenjang sekolah karena jurusan akuntansi pun tersedia di SMK. Bisa juga di jenjang universitas, apalagi sekarang jurusan akuntansi ini cukup banyak diminati oleh para pelajar. Profesi ini juga pasti akan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu. 

3. Internal Auditor

Perusahaan juga pasti akan membutuhkan internal auditor. Tugasnya adalah melakukan pemeriksaan hasil laporan keuangan perusahaan dalam periode waktu tertentu. Auditor akan memastikan apakah laporan keuangan sudah sesuai atau belum. Selain itu pihak auditor juga akan memastikan bahwa manajemen perusahaan sudah menjalankan fungsi dengan baik. 

4. Akuntan Publik

Selain bekerja untuk perusahaan, lulusan akuntansi juga bisa bekerja sebagai akuntan publik. Profesi ini cukup populer dan memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan. Seorang akuntan publik akan menjadi pihak independen yang bisa membantu siapapun kliennya untuk mengurusi masalah akuntansi. 

5. Konsultan Akuntansi

Jenis profesi ini juga punya prospek yang sangat menguntungkan di masa depan. Konsultan akuntansi banyak dibutuhkan, khususnya oleh perusahaan-perusahaan besar. Biasanya konsultan akuntansi ini akan dibutuhkan sebelum perusahaan menjalani audit. Profesi ini terbagi menjadi dua kategori yaitu penasihat terbatas yang hanya menangani masalah tertentu dan penasihat keuangan independen. 

6. Akuntan Pajak

Lulusan akuntansi bisa juga bekerja sebagai akuntan pajak. Ini merupakan jenis profesi yang juga punya peran penting di Indonesia. Tugasnya adalah melakukan analisis dan memberi saran kepada pihak manajemen perusahaan terkait urusan pajak. Profesi ini secara tidak langsung akan membantu negara mendapatkan pemasukan pajak sesuai dengan aturan yang seharusnya. 

7. Pengusaha

Banyak mahasiswa yang memilih untuk masuk ke jurusan akuntansi karena ingin mendapat bekal memadai menjadi pengusaha. Jenis profesi ini memang butuh pengelolaan keuangan yang matang sehingga ilmu akuntansi sudah pasti sangat relevan. Tentu saja jenis profesi ini sudah pasti punya prospek tersendiri yang sangat menjanjikan baik di masa kini maupun masa depan. 

Kemampuan Dasar Berkuliah di Jurusan Akuntansi

Sebelum masuk berkuliah di jurusan ini, pastikan bahwa sudah ada kemampuan dasar yang bisa dijadikan modal. Ini akan mempermudah proses belajar sehingga bisa menjadi lulusan akuntansi yang kompeten dan berkualitas. Berikut adalah beberapa kemampuan dasar yang perlu dimiliki dan dikembangkan lebih lanjut:

1. Pengelolaan Keuangan

Jurusan akuntansi ini memang mempelajari tentang pengelolaan keuangan. Jadi secara otomatis mahasiswanya harus punya kemampuan dasar dalam mengelola uang. Kemampuan ini bisa dimulai dari kapasitas yang kecil dulu, misalnya dari uang pribadi. Setelah masuk jurusan akuntansi, maka ilmu pengelolaan uang ini bisa dikembangkan dan diasah lebih jauh lagi. 

2. Penyusunan Laporan Keuangan

Masuk ke jurusan akuntansi, mahasiswa harus siap mempelajari teknik menyusun laporan keuangan yang efektif dan rapi. Kemampuan menyusun laporan keuangan ini sebaiknya sudah dimiliki sebelum mulai masuk kuliah. Paling tidak sudah tahu seperti apa dasar-dasar dalam penyusunan laporan keuangan. Tentu saja kemampuan ini akan dikembangkan lebih jauh lagi jika program kuliah sudah dimulai. 

3. Analisis Laporan Keuangan

Akuntan juga harus bisa melakukan analisis laporan keuangan. Jadi hal ini dianggap sebagai modal penting untuk dimiliki jika ingin masuk jurusan akuntansi. Mahasiswa harus paham bagaimana caranya menganalisis sebuah laporan keuangan sehingga bisa menarik kesimpulan dari hasil analisis tersebut. 

4. Penyusunan Rekomendasi Finansial

Jika sudah melakukan analisis dan mengambil kesimpulan maka mahasiswa akuntansi juga harus paham cara menyusun rekomendasi finansial yang tepat. Perusahaan memakai jasa akuntan untuk mendapatkan rekomendasi finansial yang bisa menguntungkan dan menjaga stabilitas. Tentu saja rekomendasi ini harus didasari kondisi finansial perusahaan dan target yang ingin dicapai di masa depan. 

Ikuti Kelas Karyawan Program Akuntansi di BINUS

Jelas sekali bahwa program akuntansi ini bisa membuka peluang karier yang menjanjikan di masa yang akan datang. Tidak hanya bagi pelajar lulusan SMA, program ini juga bisa diambil oleh  para karyawan. BINUS menawarkan program kelas karyawan program akuntansi yang berkualitas. Program ini akan membantu para karyawan memiliki bekal ilmu akuntansi yang jauh lebih matang. 

Menariknya lagi, program kelas karyawan ini akan dijalankan secara online. Jadi, mahasiswa bisa mengikuti program belajar jarak jauh karena berjalan online melalui 2 jenis tahap. Pertama ada perkuliahan online via LMS (Learning Management System) sebanyak 62,5% dan perkuliahan tatap muka dengan menggunakan video conference sebanyak 37,5%. 

Program online ini sangat cocok dengan kebutuhan para karyawan. Pengaturan jadwal dan lokasi belajar bisa lebih fleksibel sehingga mudah untuk disesuaikan dengan jam kerja. Program ini dihadirkan BINUS sebagai bentuk solusi terbaik bagi karyawan yang ingin berkuliah lagi dan mendapatkan gelar yang relevan dengan profesinya. 

Meskipun dijalankan secara online, namun program kuliah ini tetap mengedepankan kualitas. Selain itu sistem pembelajarannya juga berjalan secara global dan tidak mengenal batasan tempat maupun waktu. Sistem LMS yang digunakan sudah terintegrasi dan dilengkapi dengan tenaga pengajar yang kompeten. 

Kelas karyawan program akuntansi dari BINUS ini bisa menjadi sebuah pilihan tepat demi masa depan. Gelar yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk meraih jenjang karier yang jauh lebih tinggi. Tentu saja kemampuan yang dimiliki juga bisa lebih meningkat berkat adanya bekal ilmu memadai dari program kuliah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar