Friday, 14 June 2013

PENGERTIAN PRESTASI



Kata prestasi berasal dari bahasa Belanda yaitu ”Presesatie” yang kemudian dalam bahasa Indonesia menjadi ”Prestasi” yang berarti hasil usaha. Sedangkan menurut Mas’ud Hasan Abdul Qohar (1983:56) berpendapat prestasi adalah apa yang telah diciptakan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja.

sumber gambar di sini

Sementara itu Widodo (2000: 594) dalam Kamus Ilmiah Populer berpendapat, bahwa prestasi adalah hasil yang telah dicapai. Pada umumnya prestasi ini digunakan untuk menunjukkan suatu pencapaian tingkat keberhasilan tentang suatu tujuan atau bukti suatu keberhasilan.
Sedangkan belajar menurut Slamet (1992: 2) prestasi adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Dari pendapat di atas, penulis dapat simpulkan bahwa prestasi adalah suatu hasil yang telah diraih seseorang, bagaimanapun keadaannya dan didapatkan dengan adanya usaha terlebih dahulu.

Referensi:
Mas’ud Hasan Abdul Qohar. 1983. Kamus Ilmu Populer. Jakarta: Bintang Pelajar
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widodo. 2000. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Absolut.




2 comments:

  1. Kadang ortu suka membandingkan anak2 mrk, padahal masing2 pasti punya prestasi terbaik di bidangnya. Belajar jadi ortu bijak, meski anakku baru 1 :)

    ReplyDelete
  2. Luar biasa Mak, tidak banyak orangtua yang memiliki pemikiran seperti Mak.
    Semoga dimudahkan niat Mak. Dan say abisa belajar juga seperti itu.
    Terimakasih atas kunjungannya :)

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!