Tuesday, 12 November 2013

[Hanya] Nyamuk Betina yang Menghisap Darah Manusia


Gara-gara musim hujan, jadi hobi banget posting artikel yang berbau dengan nyamuk. Tidak apalah ya? Oya, dari judul postingan ini, aku mau tanya, sudah tahu kan kalau yang selama ini menghisap darah kita itu hanya nyamuk betina? Terus yang jantan kalau tidak menghisap darah makan apa dong?

Nyamuk betina memiliki alat penghisap yang panjang, runcing untuk menembus kulit dan menghisap darah, seringkali dikenal dengan nama probosis. Sedangkan untuk nyamuk jantan tidak memiliki alat penghisap seperti yang dimiliki oleh nyamuk betina. Nyamuk jantan hanya memiliki bentuk mulut yang panjang dan berbulu. Oleh karena itu, hanya nyamuk betina yang menghisap darah manusia.

Nyamuk betina menghisap darah manusia karena membutuhkan protein darah untuk perkembangan benih nyamuk. Sedangkan nyamuk jantan makan apa? Biasanya nyamuk jantan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan makan sari bunga, buah, atau cairan lain yang mengandung gula dan nutrisi. Dari sini dapat disimpulkan bahwa yang selama ini menyebarkan penyakit seperti DBD, cikunguya, dan malaria adalah nyamuk betina.

4 comments:

  1. saya sebenarnya udah tau kalau nyamuk betina saja yg ngisap darah. namun pertanyaan tentang"nyamuk jantan makan apa? itu benar benar diluar pemikiran saya selama ini.. hehe...

    hehehe.. dan dapet jawabannya sekaligus disini... nice inpoh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...syukurlah kalo dapat pertanyaan dan jawabannya di sini.
      Terima kasih :)

      Delete
  2. pertanyaannya. kok saya tidak pernah lihat nyamuk di nektar y? ditambah lagi, kalau kapasitas perut nyamuk sudah penuh dengan darah, dimana dia menempatkan nektar untuk energinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yang bagus nih, nanti bisa jadi ide postingan selanjutnya. Terimakasih :)

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!