Thursday, 3 April 2014

[Ada] Beasiswa Presiden Republik Indonesia

Membaca atau mendengar kata “Beasiswa”, siapa sih yang nggak ngiler. Apalagi buat saya yang dari dulu bermimpi bisa dapat beasiswa selama kuliah. Saya tidak akan bercerita seberapa ngenesnya saya yang berjuang mencari beasiswa, hanya ingin berbagi informasi apa itu Beasiswa Presiden Republik Indonesia.

Tepatnya kemarin, Rabu, 2 April 2014, Pak SBY telah meluncurkan Beasiswa Presiden Republik Indonesia bagi 100 orang yang ingin melanjutkan S2 dan S3-nya di universitas terbaik di dunia. Beasiswa ini diluncurkan dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi emas 100 tahun pada tahun 2045 tepat saat bangsa Indonesia memiliki populasi usia muda yang besar. Beasiswa ini meliputi tunjangan pendidikan, biaya hidup, biaya transportasi, asuransi dan biaya pelatihan hingga biaya komunikasi.


Beasiswa Presiden Republik Indonesia khusus untuk fokus studi: Pertanian, Pangan, Energi, IT, Teknik, Sains, Telekomunikasi, Ekonomi, Keuangan, Bisnis, Ekonomi Kreatif, Hukum, Pertahanan, Agama, Kedokteran/Kesehatan, Ilmu Politik, Sosial, dan Budaya.

Ada beberapa tahap seleksi yang harus diikuti agar bisa mendapatkan beasiswa ini. Diantaranya.
  1. Seleksi dokumen
  2. Seleksi wawancara dengan akademisi di berbagai bidang, dan 
  3. Seleksi program kepemimpinan.
Mau tahu syarat-syratnya secara lebih rinci?
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Telah diterima (memiliki Letter of Acceptance - LoA) di 50 perguruan tinggi terbaik dunia.
  3. Bagi yang belum memperoleh Loa: IPK minimal 3,5 (skala 1-4), kemampuan Bahasa Inggris minimal TOEFL-iBT = 94 / TOEFL-ITP = 587 / IELTS = 7
  4. Usia saat mendaftar maksimal 35 tahun (magister) dan 40 tahun (doktor).
  5. Memperoleh rekomendasi dari tokoh di bidangnya/pimpinan di unit kerjanya
  6. Memiliki riwayat kepemimpinan atau riwayat riset pada bidangnya masing-masing
  7. Membuat essay rencana karier dan pengabdian pasca studi
Apakah Anda memenuhi syarat-syarat tersebut? Info lebih lanjut klik saja http://www.lpdp.depkeu.go.id/

No comments:

Post a Comment

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!