Tuesday, 8 April 2014

Saya di Koran Radar Kudus

Ingin Sebagai Sumber Referensi

TIDAK banyak anak muda yang suka menuangkan ide dan tulisannya di media sosial, seperti blog. Bagi Ika Hardiyan Aksari hal itu tidak berlaku. Perempuan yang masih aktif kuliah di Universitas Muria Kudus ini merupakan salah satu penulis blog. Perempuan yang lahir di Pati, 20 April 1992 ini mengungkapkan, mulai tertarik dalam dunia blog pada 2009 lalu. Saat itu dia masih duduk di kelas XII
SMA. Karena banyaknya tugas sekolah yang mengharuskan mengambil referensi dari internet, akhirnya dia mempunyai keinginan suatu saat namanya tercantum sebagai sumber referensi.

“Biar namaku nanti ada di daftar pustaka,” ungkapnya sambil tersenyum.

Dari ketertarikannya itu, dia mulai bergabung dengan komunitas blogger di dunia maya. Ternyata dari situ ketertarikannya semakin kuat. Komunitas blogger ini merupakan tempat berkumpulnya para penulis blog, tempat sharing dan belajar bagi para blogger-sebutan penulis blog. Dalam komunitas blog ini, dia menjelaskan, banyak mendapatkan teman dari berbagai kalangan. “Di sini saya kenal banyak orang dari mahasiswa hingga mantan jenderal,” ungkapnya kemarin.

Bahkan setelah mengikuti komunitas tersebut, Ika dapat ikut dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan oleh komunitas blogger dan perusahan pemilik brand terkenal.

“Kalau buku dan kaus sudah tidak terhitung, yang baru kemarin dapat gadget,” ungkapnya yang mendapatkan barang-barang tersebut dari kompetisi. Selain itu, dia sering dilibatkan dalam penulisan antologi. Dari keahlian menulisnya itu, dia
sampai diminta tolong temannya untuk mengedit artikel. Dan artikel tersebut dipakai sebagai bahan referensi skripsi temannya.

Perempuan yang berada di semester akhir ini mempunyai cita-cita menyelesaikan buku yang ditulisnya. Nantinya buku itu akan dipersembahkan untuk almamaternya. Selain itu, mahasisiwi yang mempunyai cita cita sebagai guru dan tetap aktif menulis ini mengungkapkan menulis itu mudah jika dibiasakan. Dia menganjurkan bagi anak muda sekarang untuk aktif menulis. “Dunia menulis itu menyenangkan,” paparnya.

Itulah tulisan tentang saya oleh Mas Ilham Jabbar Prabowo, seorang wartawan koran Radar Kudus (koran regional Jawa Pos) edisi Kamis 3 April 2014.

***

Dua hari sebelumnya saya mendapat SMS dari nomor yang tidak saya kenal. Ternyata SMS dari seorang wartawan koran lokal di Kudus. Beliau mendapat nomor saya dari teman saya, Mbak Nungky, dan kemudian menghubungi saya untuk menanyakan keaktifan nulis di blog.

Setelah saya menyetujui untuk diwawancara, maka beliau segera menelepon saya dengan nomor kantor. Karena kebetulan saya sedang di hutan, daerah Salatiga. Wawancara hampir selama 30 menit pun berjalan. Berbagai pertanyaan lancar saya jawab dan diselingi dengan obrolan ringan. Telepon beliau akhiri dengan ucapan terimakasih.

Ini adalah pengalaman kedua saya diwawancarai oleh suatu media massa. Pertama, dulu saat masih SMA menjadi sosok di rubrik “Siswa Berprestasi” majalah milik SMA, dan kedua, masuk di koran Radar Kudus pada rubrik “Inspirasi She”, ini.

Kalau ditanya apakah saya bahagia? Dengan lantang saya akan menjawab, SANGAT! Tapi saya juga introspeksi diri, apakah saya berhak atas semua ini? Apakah saya berhak dijadikan sebagai contoh? Ini juga belm seberapa jika dibandingkan dengan teman-teman yang lainnya. Apalagi saya juga belum bisa membuktikan ke ibu kalau saya memang benar-benar bisa menulis, apalagi menulis sebuah buku.

Ah, bismillah. Tahun ini saya ingin menulis sebuah buku sesuai dengan isi artikel di atas. Semoga saja ada penerbit yang melirik saya. Aamiin. Buat teman-teman blogger, terimakasih atas dukungannya. Ini semua karena Anda yang sangat menginspirasi saya.

18 comments:

  1. uwah,kerenn,,,selamat ya mbk...

    ReplyDelete
  2. keren, gmn caranya biar bisa diwawancara seperti mak Ika ya hehe. selamat ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mak :)
      Terimakasih :)
      Yang merekomendasi teman saya Mbak, jadi kebetulan wartawannya mencari sosok yang bergelut di bidan blog, Mbak. Terus nomor saya dihub wartawan tersebut,.

      Delete
  3. Wow keren Mbak Ika bisa masukkoran
    Semoga kedepanya lebih sukses lagi amin :)

    ReplyDelete
  4. Wuah, dijadikan inspirasi. keren, mbak Ika :), selamat yah, terus berkarya dan mudah-mudahan segera melahirkan buku yang ditargetkan tersebut :))

    ReplyDelete
  5. wah, selamat ya, aku belum pernah nih masuk koran

    ReplyDelete
  6. selamat mbak, keren sangat! :D

    ReplyDelete
  7. selamat mba Ika. semoga bukunya segera terbit ya

    ReplyDelete
  8. Selamat ya Mbak Ika, semoga bisa semakin menginspirasi :)

    ReplyDelete
  9. Ihiiiir keren keren banget :) selamat ya non :)

    ReplyDelete
  10. ciye masuk koran..hihihi..selaamat yaaa

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!