Saturday, 14 February 2015

Mie Instan di Kala Hujan

Imlek masih 5 hari lagi. Tapi hujan sepanjang hari sudah mulai sejak kini. Kalau sudah hujan gini, duh, rasanya ingin yang anget-anget dan segar. Apa ya?

Mie instan. Makanan murah meriah inilah yang terpikirkan oleh saya semenjak di sekolah kemarin. Ah, nanti sampai rumah buat ah. Tiba-tiba ada BBM masuk dari teman guru yang tempat ngajarnya di atas gunung sana.

Maria: “Hujan terus nih. Jadi, pengen pulang.”
Saya:” Sama, sini juga.”
Maria: “Penge buat mie.”
Saya: “Tambah telur josss!”
Maria: “Hahaha”

Lah kok ya sama? Bisa jadi ini karena cuaca yang lagi tak mendukung.

Sampai rumah saya langsung mengecek persediaan mie instan, eh ada, plus telur dan sawi malah. Oke sekarang lanjut eksekusi. Dan taraaaa.....! Mie instan ala Ika siap disantap. Selamat datang (lagi) hujan, saya makan mie instan dulu ya.



***

Eits, rasa was-was sempat muncul juga nih dalam hati saya. Boleh nggak ya ibu hamil makan mie instan? Kemarin sih tidak disebutkan oleh bu bidan. Tapi selama ini kan mie instan jadi bahan perbincangan yang cukup heboh.

“Kalau pengen ya dimakan. Kan tidak setiap hari. Lagian juga baru kali ini. Bismillah sambil kebuk perutnya.” nasihat ibu.

Tidak puas dengan nasihat ibu, saya searching saja di tipsbidan.com.

“Bila ibu hamil ingin sesekali menyantap mie instan, sebaiknya menyajikan dengan cara yang lebih aman.”

Oke. Berarti boleh nih ya. Cara yang lebih amannya saya tidak lupa memasukkan telur dan sayuran sawi ke dalam mie yang saya buat. Kalau ingin lebih aman lagi, saat merebus air yang digunakan merebus harus dibuang dan saat penyajiaannya diganti dengan air mendidih lainnya. Atau mengurangi vetsin yang ada pada bumbu mie intan tersebut.

“Kandungan MSG atau vetsin bisa memicu beragam keluhan, seperti mual, ganguan tidur dan gangguan lambung, bila dikonsumsi melebihi 12 gram per harinya”.

Ih, serem ya. Mau makan nikmat malah muncul keluhan. Alhamdulillah, saya tak ada keluhan.  Oiya. Meskipun tidak hamil, jangan keseringan makan mie instan ya. Selamat menikmati hujan dan mie instannya.

17 comments:

  1. Selama hamil, saya menghindari sekali makan mie instan. Kalau pun kepengen banget, biasanya Cuma makan 1-2 sendok, itupun icip dari org rumah yg lagi makan mie. Eh tapi saya makan mie Ayam lho, hehe.

    Kalo sesekali gapapa sih, Bumil. Cuma ya mie instan kan baru hancur setelah 4 Hari di perut CMIIW.

    Salam Kenal ya, Bumil.
    Moga persalinan nya nanti lancar

    ReplyDelete
  2. masak mie disaat hujan dan dingin memang paling nikmat mbak :) hihi oh ya,nambahin saja. dlu saya pernah bc artikel kalau mi instan jg mengandung zat lilin,dan sayuran yg bisa membantu mengurai zat lilin ini adalah tomat. jd selain sawi mngkin bs ditambah tomat. :)

    terimakasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  3. Mak ika udah hamil y? Wah cepet bgt selamat y

    ReplyDelete
  4. Sekali-sekali ngga apa-apa kok Bu :)

    ReplyDelete
  5. Gpp kok. Asal ga kebanyakan, masih aman mak. Hihihi....

    ReplyDelete
  6. Daki dulu mak, waktu hamil, apa aja dah daku makan, mie instan pun mau, bgd malah. Pokoknya nggragas.com lah..hehe..selamat ya mak :)

    ReplyDelete
  7. Kalo sesekali sih gpp ya, berlaku juga buat semua kalangan dan gak hanya bumil <3 Duuh bahasakuuu

    ReplyDelete
  8. Enaaaaakkkk...tp jangan keseringan ya bumil :)

    ReplyDelete
  9. Hujan hujan makan mie instan memangmantap ya mak. Pas banget :-)

    ReplyDelete
  10. Cuaca dingin dikala hujan turun memang enaknya makan mie yg ngepul panas2... mantap tenan...

    ReplyDelete
  11. Biasanya kalo gak bakso , mie ayam, yaa mie instan plus telur, aku ga pernah pake air rebusan mie instan, karena pasti aky tiriskan mie ku. Kemudian aku bilas mienya, utk kuahnya aku pake air panas dispenser, hehe

    ReplyDelete
  12. biar sehat memang harus diberi sayuran, protein (daging ayam, sosis, bakso dlll) dan buah (tomat) mantap minumnya susu hangat jadilah 4 sehat 5 sempurna

    ReplyDelete
  13. Waduh Mbak.. gambare menggoda. Wenak pol iki...

    Wah.. saya baru tau sekarang Mbak Icha sudah berstatus bumil. Wiih, semangat banget buat dapet momongan. :D Selamat ya Mbak ^^

    ReplyDelete
  14. Mie instant mang pas banget ya dinikmati pas ujan2 gini.... banyakin sayurnya mbak biar sehat :)

    ReplyDelete
  15. Ujan emang pas banget makan mi instan ya mbak... apalagi kalau ditambahin cabe rawit. Tapi kalau lagi hamil, cari aman mending jangan makan dulu mi instan deh mbak. Kalau gak pake mi tanpa bumbu alias bumbunya bikin sendiri. Hehe

    ReplyDelete
  16. Jadi inget jaman msih berstatus bumil dulu mb....pengen mie tapi was-was ma vetsinnya. Diganti garam-sedikit gula-bawanggoreng ma sedikit bumbu asli mie plus minyaknya dah lmyn kok mb rasanya

    ReplyDelete
  17. Aku udah insyaf dari makan Mie Instant mbak, sejak sakit lambung..

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!