Tuesday, 2 June 2015

Mau Kredit Motor? Cek Dulu Ke Cermati.com

Assalamualaikum.

Ada yang memiliki keinginan membeli motor baru? Saya, saya, dan saya. Jujur, semenjak kuliah semester tua, saya sudah memiliki keinginan menaiki motor baru. Terutama motor matic.

Keinginan itu muncul karena saya sebagai mahasiswa PP (pulang pergi) sering kuwalahan tiap kali membawa tas saya yang gedenya sekarung ditambah lagi tugas-tugas yang harus saya bawa ke kampus. Karena perjalanan rumah sampai kampus memakan waktu 1 jam tentu kalau menggunakan motor bebek akan sangat kerepotan. Parahnya lagi, peraturan kampus mengharuskan mahasiswa pendidikan di kampus saya pakai rok. Nah, makin ribet kan? Oya, kalau pas cuaca tidak mendukung alias hujan, saya juga harus bela-belain pakai sandal dulu agar sepatu pantopel saya tidak belepotan kena air yang menggenang di jalanan. Kalau naik motor matic kan enak, barang bawaan dan kaki bisa nyaman dan terlindungi. *maunya*

Karena faktor a sampai z, saya pun mengurungkan niat saya untuk merengek ke orang tua untuk dibelikan motor matic. Ah, nanti sajalah kalau sudah kerja dan menikah beli sendiri. Mau sampai kapan merengek ke orang tua? Kalau bisa beli sendiri kan lebih gimana gitu ya. Betul kan?

Nah, sekarang, setelah sudah bekerja sendiri, sudah menikah pula, kapan mau beli motor matic? Ternyata teori itu tak semudah praktiknya ya? Namanya juga baru merangkaki kehidupan rumah tangga. Ekonomi keluarga kecil saya pun belum terlalu kokoh. Saat ini juga saya sedang hamil 6 bulan. Tentu biaya untuk persalinan dan kebutuhan bayi menjadi fokus utama ya. Makanya, keinginan untuk membeli motor matic pun agak sedikit kendor. Akan tetapi, karena suami tahu banget saya ingin punya motor matic, suami pun mengusulkan bagaimana kalau mengambil langkah untuk kredit motor saja.

Langkah kredit motor kami pilih karena beberapa pertimbangan. Diantaranya, kebutuhan pokok saat ini adalah tabungan untuk persalinan dan kebutuhan bayi kami nanti. Kemudian, suami juga ingin menambah modal untuk usahanya. Oleh karena itu, agar semua bisa berjalan dan seimbang, tabungan ada, usaha suami maju, dan saya bahagia, kredit motor pun menjadi pilihan kami.

Berbicara tentang kredit motor, langkah apa yang harus saya lakukan agar keinginan memiliki motor matic bisa terlaksana? Tentu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi motor matic yang saya inginkan, mengetahui harganya, angsurannya, dan harus kemana kreditnya?

Bagaimana saya mengetahui hal-hal tersebut kalau saya orangnya sok sibuk dan tidak punya waktu untuk datang ke dealer? Suami pulang saat matahari sudah kembali keperaduan. Jalan satu-satunya ya memanfaatkan kemajuan teknologi, cari informasi di internet.

Ini nih enaknya kemajuan teknologi di Indonesia, kita mau apa tinggal klik. Saya mau kredit motor tinggal klik saja cermati.com. Loh kok cermati.com? Kenapa?

cermati.com adalah situs web milik perusahaan Cermati yang berkantor di Grand Slipi Tower, Lantai 42G-42H, Jl. S Parman Kav. 22-24, Jakarta Barat 11480, Indonesia. Web tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk memperoleh berbagai informasi finansial (tanpa harus datang ke kantornya), salah satunya seperti saya nih yang butuh informasi untuk kredit motor.

tampilan depan web cermati.com
Nah, berikut saya ceritakan bagaimana langkah-langkah mencari informasi kredit motor di cermati.com.
  1. Buka web cermati.com (tampilannya seperti di atas).
  2. Di halaman depan ada beberapa pilihan/menu. Karena saya ingin tahu tentang kredit motor, maka saya arahkan kursor ke menu PINJAMAN -> Kredit Motor
  3. Muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Saya pilih MATIC.
    tampilan kredit motor matic
  4. Akan muncul banyak pilihan motor matic yang cermati.com tawarkan. Untuk memperkecil pencarian motor yang diinginkan, bisa klik merek motor (Honda Suzuki, Yamaha) atau menggeser kursor harga motor yang ada di sebelah kiri. Misalnya, saya memilih motor merek Honda dengan harga motor sekitar kurang dari 20 juta. klik CARI. Maka yang muncul adalah sebagai berikut.
    tampilan kredit motor dengan harga 10-20 juta dengan merek Honda ada 63 pilihan
  5. Pilih motor yang sesuai kriteria, kemudian klik DETAIL ANGSURAN
    Motor Honda New Scoopy F1 incaran saya
  6. Muncul berbagai informasi detail tentang motor yang diinginkan.
  7. Senangnya lagi, di bawah informasi tersebut juga dilengkapi simulasi kredit lho. Pertama, pilih dulu Multifinance yang kita inginkan. Ada ADIRA FINANCE dan OTO FINANCE (saya pilih ADIRA). Kedua, ketikkan UANG MUKA yang akan kita bayarkan (saya masukkan 5 juta). Klik SIMULASI KREDIT. Muncul tampilan simulasi kredit.
    simulasi kredit yang ditawarkan
Setelah tahu informasi tersebut saya semakin yakin ingin segera kredit motor nih. Apalagi yang mau dicari? Semua serba mudah dengan adanya cermati.com. Tak perlu panas-panasan untuk cari informasi. Tinggak klik, klik, dan klik! Ingat, kesuksesan finansial bermula dari keputusan yang cermat!

5 comments:

  1. Bisa kredit rumah juga ga ya? hihi *pengen rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiiiirrrr yuk yak yuk kredit rumah. *loh

      Delete
  2. hidup zaman sekarang serba dimudahkan oleh teknologi
    salam silaturahmi, Ika. Maaf baru sempat mampir.
    Sekarang sudah gak kewalahan lagi kalo harus bawa barang/tas geudee, yaa hehe

    ReplyDelete
  3. iya kalau motor tuh sekarang uda hampir setiap rumah pasti punya...jadi bukan suatu hal yang mewah

    ReplyDelete
  4. wah..ide bagus mak.. butuh motor lagi nih buat antar Amay sekolah, hehe

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!